Menu

Mode Gelap

Mom · 8 Oct 2023 19:31 WIB ·

Testpack Positif tapi Belum Ada Kantung Janin saat USG, Hamil atau Tidak?


 Testpack Positif tapi Belum Ada Kantung Janin saat USG, Hamil atau Tidak? Perbesar

Ketika merasakan tanda-tanda kehamilan seperti mual, muntah, dan terlambat haid biasanya Bunda akan melakukan pemeriksaan dengan bantuan testpack. Kemudahan untuk didapatkan dan harga yang terjangkau membuat tespack menjadi pilihan pertama bagi para wanita jika penasaran dirinya hamil atau tidak.

Namun, tak sedikit Bunda yang mengalami perbedaan hasil saat memeriksakan diri ke dokter dan melakukan USG. Kebanyakan mengeluhkan hasil tespack positif, tapi kantung janin belum ada saat USG.

Banyak wanita yang mengalami hal tersebut kemudian menjadi bingung, jika hasil testpack positif tapi belum ada janin saat USG apakah bisa disebut sedang hamil atau tidak?


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Testpack bisa jadi kurang akurat

Melansir dari Medical News Today, tingkat akurasi kebanyakan testpack yang beredar di pasaran telah mencapai 99 persen. Namun, tingkat akurasi yang tinggi tak membuat testpack menjadi selalu akurat untuk mendeteksi seorang wanita hamil atau tidak.

Bukan tak mungkin jika wanita yang mendapat hasil testpack positif ternyata tidak hamil saat dilakukan pemeriksaan melalui USG. Hal ini karena testpack bekerja dengan cara mendeteksi hormon hCG yang ada pada urine. 

Sayangnya, hormon tersebut bisa saja meningkat karena berbagai faktor lain selain kehamilan. Beberapa hal yang menyebabkan hormon hCG meningkat bisa jadi karena konsumsi obat-obatan atau masalah kesehatan seperti tumor.

“Beberapa obat dapat mengubah kadar HCG dalam darah. Ini termasuk benzodiazepin yang dikonsumsi untuk kecemasan (diazepam, alprazolam), diuretik yang dikonsumsi untuk retensi air berlebih (furosemide), bahkan antihistamin seperti prometazin,” kata dr. Preethi Daniel, direktur medis di London Doctors Clinic, dikutip dari Cosmopolitan

Janin bisa jadi belum terlihat

Jika hasil testpack positif Bunda memang disarankan untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Dokter biasanya akan melakukan USG baik abdomen atau transvagina untuk memastikan kondisi kehamilan.

Apabila hasil USG tidak menunjukkan adanya janin hal tersebut bisa jadi karena usia kehamilan yang masih terlalu dini. Jika hal ini terjadi umumnya dokter akan menyarankan Bunda untuk menjadwalkan pemeriksaan ulang beberapa minggu ke depan. 

Dalam beberapa kasus terdapat kemungkinan janin dalam kandungan tidak berkembang jika terus menerus tak terlihat dalam USG meski hasil testpack positif. Maka dari itu sebaiknya jangan terlalu buru-buru untuk menyimpulkan kehamilan sebelum melakukan pemeriksaan secara menyeluruh dengan dokter.

Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan hasil di testpack menjadi keliru. Kira-kira apa saja ya penyebabnya, Bunda? Simak halaman selanjutnya untuk mengetahui lebih lengkap.

Bagi Bunda yang mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join komunitas HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Kontributor

Baca Lainnya

5 Potret Kehidupan Rachel Amanda Kuliah S2 di Belanda & Mesra Bareng Suami

10 December 2023 - 07:59 WIB

Janin Sering Cegukan, Kenali Penyebab, Cara Mengatasi & Bedaya dengan Tendangan Bayi

10 December 2023 - 03:52 WIB

7 Potret Kimberly Ryder & Edward Akbar 5 Th Menikah, Awalnya Kepincut Gara-gara Salat Subuh

9 December 2023 - 23:49 WIB

10 Tanda Tubuh Kelebihan Gula yang Perlu Diwaspadai, Mudah Lapar dan Brain Fog

9 December 2023 - 19:42 WIB

Cerita Bunda Vanessa Bisnis Bekal Anak Sekolah, Omzet Capai Rp30 Juta per Bulan

9 December 2023 - 15:40 WIB

7 Potret Abbey Putri Artika Sari Devi yang Sudah Remaja, Mulai Ngeband Seperti Ayahnya

9 December 2023 - 11:37 WIB

Trending di Mom