Menu

Mode Gelap

Mom · 21 Oct 2023 10:45 WIB ·

Nonton Konser Bisa Kurangi Hormon Stres, Ini Faktanya Menurut Psikolog


 Nonton Konser Bisa Kurangi Hormon Stres, Ini Faktanya Menurut Psikolog Perbesar

Jakarta

Dalam beberapa tahun terakhir, penelitian demi penelitian menunjukkan bahwa konser berdampak besar pada kesehatan fisik dan mental. Manfaat nonton konser bagi seseorang termasuk mengurangi stres, melepaskan hormon bahagia seperti oksitosin dan dopamin, hingga meningkatkan fungsi otak.

Seseorang menceritakan pengalamannya yang rela membeli tiket konser Beyoncé seharga 2.580 dollar atau setara dengan Rp40 juta. Konser musik tersebut berlangsung selama 2 jam 30 menit.

Setelah menonton konser itu, orang tersebut mengaku termotivasi untuk menjadi yang terbaik dalam pekerjaannya dan melaksanakan tujuan hidup dengan kemampuan terbaiknya. Bahkan, banyak orang lain juga merasakan hal yang sama dengannya.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT




Banner Jessica Mila Alami Mata Berdarah

“Pertunjukkan Beyoncé membuat saya merasa merasa terinspirasi dan termotivasi untuk berbuat lebih banyak sesuai minat saya,” tulis seseorang di Twitter, dikutip dari laman cnbc, Selasa (17/10/2023).

Kata Pakar terkait Nonton Konser Bisa Kurangi Stres

Ternyata, fenomena tersebut memiliki penjelasan ilmiah. Menurut seorang Psikolog klinis dan komunitas, Tierra T. Ellis, orang yang ingin mengubah dirinya menjadi lebih baik setelah melihat artis favoritnya dalam konser adalah hal yang lumrah.

“Neurotransmitter atau hormon seperti serotonin dan dopamin, meningkatkan secara signifikan saat kamu menghadiri konser atau melakukan aktivitas lain yang disukai, yang dapat membuat kamu merasa lebih terinspirasi atau kagum,” jelas Ellis.

Tidak hanya itu, seorang dosen Piskolog Unesa, Riza Noviana juga memberikan tanggapan yang sama terkait hal tersebut.

Menurutnya, keinginan orang-orang untuk menonton konser merupakan bentuk kebahagiaan dan pemuas diri sebagian orang. Riza mengatakan ada penonton konser yang memiliki fanatisme yang tinggi dan tidak.

Melansir dari laman detik.com, fanatisme tersebut merupakan bentuk pengabdian yang luar biasa untuk segala sesuatu. Pengabdian pun terdiri dari gairah, kemitraan, dan dedikasi yang luar biasa.

Manfaat Nonton Konser untuk Kesehatan

Musik bermanfaat bagi otak dan emosi setiap orang dalam banyak hal. Berikut adalah beberapa manfaat nonton konser secara langsung yang bisa Bunda dapatkan:

1. Lebih bahagia

Bernyanyi melepaskan hormon endorfin, hormon yang membantu melepaskan rasa sakit, mengurangi stres, meningkatkan mood, dan membuat Bunda merasa lebih bahagia.

2. Meningkatkan kesehatan fisik

Penelitian menunjukkan bahwa mereka juga bisa membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Bernyanyi dapat membuat seseorang melatih pengendalian napas, postur tubuh yang baik, dan menggunakan berbagai otot, yang dapat meningkatkan kesehatan fisik seiring berjalannya waktu.

3. Mengurangi stres

Melansir dari laman insider, menonton konser dapat menurunkan tingkat hormon stres kortisol, dan menunjukkan bahwa hal itu membuat mereka jauh lebih rileks.

Studi lain menemukan bahwa musik tampaknya meningkatkan kadar hormon dopamin yang merasa nyaman dalam tubuh, membuat para peneliti dari Kanada berpendapat bahwa pergi ke acara konser dapat mengurangi stres seiring berjalannya waktu.

4. Menjalin hubungan dengan orang sekitar

Jika bernyanyi sendirian baik untuk Bunda, bernyanyi bersama-sama juga bisa menjadi lebih baik lagi. Menurut penelitian, bernyanyi dapat membantu Bunda mengurangi stres dan lebih terhubung dengan orang-orang di sekitar.

Ada kekompakan orang-orang, semua mengalami sesuatu pada saat yang sama, memiliki emosi yang sama, yang tidak Bunda dapatkan dalam konteks lain.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa Bunda ketahui terkait fakta nonton konser bisa mengurangi stres. Semoga bermanfaat, ya, Bunda.

Bagi Bunda yang mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join komunitas HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

Saksikan juga video manfaat meditasi untuk kesehatan mental yang ada di bawah ini, ya, Bunda.

(asa)

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Kontributor

Baca Lainnya

5 Potret Kehidupan Rachel Amanda Kuliah S2 di Belanda & Mesra Bareng Suami

10 December 2023 - 07:59 WIB

Janin Sering Cegukan, Kenali Penyebab, Cara Mengatasi & Bedaya dengan Tendangan Bayi

10 December 2023 - 03:52 WIB

7 Potret Kimberly Ryder & Edward Akbar 5 Th Menikah, Awalnya Kepincut Gara-gara Salat Subuh

9 December 2023 - 23:49 WIB

10 Tanda Tubuh Kelebihan Gula yang Perlu Diwaspadai, Mudah Lapar dan Brain Fog

9 December 2023 - 19:42 WIB

Cerita Bunda Vanessa Bisnis Bekal Anak Sekolah, Omzet Capai Rp30 Juta per Bulan

9 December 2023 - 15:40 WIB

7 Potret Abbey Putri Artika Sari Devi yang Sudah Remaja, Mulai Ngeband Seperti Ayahnya

9 December 2023 - 11:37 WIB

Trending di Mom