Menu

Mode Gelap

Otomotif · 8 Oct 2023 15:24 WIB ·

Moto Mobi | TLC Kemahalan? Nantikan Toyota Land Hopper


 Moto Mobi | TLC Kemahalan? Nantikan Toyota Land Hopper Perbesar

Dugaan kuat berhembus bahwa nantinya akan hadir Toyota Land Cruiser ketiga, setelah diperkenalkannya Land Cruiser 300 dan 250. Awalnya banyak yang menjuluki mobil ini dengan nama Land Cruiser Mini, namun ternyata Toyota telah ‘mengamankan’ nama Land Hopper. Jadi kami menduga kalau nama tersebut bakal disematkan pada Sport Utility Vehicle (SUV) baru nanti.

Saat sesi presentasi Toyota Land Cruiser 250 pada bulan Agustus 2023 silam, sempat terlihat video presentasi yang menunjukkan arah karakter Toyota Land Cruiser di masa depan. Ketika Simon Humphries, General Manager of Design Toyota, terlihat siluet sebuah Compact SUV di layar. Bentuknya mirip sekali dengan mobil konsep Compact Cruiser EV.

Bodi dengan garis tegas

Probabilitas lain mengenai SUV ini, dimensi bodinya bisa jadi serupa dengan Toyota Corolla Cross. Namun dengan sosoknya sebagai SUV bergaris tegas pada bodinya, maka tentu akan ada penyesuaian, terutama pada lebar bodi dan ketinggiannya. Semoga saja nanti tampilan fisiknya seperti Toyota Land Cruiser 250 yang macho itu.

Sebagi sumber tenaga, sepertinya Toyota tidak mengalami kesulitan untuk memilih unit yang akan mengisi ruang mesin. Ada mesin bensin 4 silinder 1.8 liter milik Corolla Cross, maupun mesin bensin 4 silinder 2.5 liter dengan sistem hybrid milik RAV4. Sebagai alternatif lain, ada mesin bensin 3 silinder 1.5 liter dengan sistem hybrid milik Sienta Hybrid.

Ubahan pada TNGA-F platform

Jika Toyota tetap ingin menggunakan konfirgurasi body-on-frame, maka struktur TNGA-F platform harus mendapat oprekan, setidaknya harus dipendekkan untuk mengakomodir bodi yang lebih ringkas.

Sepertinya SUV ringkas ini memang dikembangkan dari Toyota Compact Cruiser EV, yang kemungkinan besar tak lama lagi menguak sosok aslinya. Bisa jadi tampil di gelaran Japan Mobility Show 2023 di akhir bulan Oktober ini atau dalam acara Battery EV Strategy Briefing di bulan Desember 2023 nanti.

Soal harga, Toyota Land Hopper pasti akan jauh lebih ‘murah’ ketimbang Toyota Land Cruiser 250 maupun 300. Tapi itu di Jepang, bisa jadi ketika dibawa ke Tanah Air langsung meroket. Semoga saja tidak menjadi ‘gorengan’ super-crispy di masa depan…


Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Kontributor

Baca Lainnya

Moto Mobi | All New Honda Accord RS e:HEV Sarat Konektivitas Mutakhir

7 December 2023 - 15:11 WIB

McLaren Pakai Livery Baru Di GrandPrix Abu Dhabi 2023

25 November 2023 - 18:46 WIB

Moto Mobi | Satmori NMAX Diramaikan Para Public Figure Penyuka Skutik

21 November 2023 - 18:45 WIB

4 Hal yang Jadi Penyebab Ban Motor Cepat Kempes

17 November 2023 - 18:43 WIB

Wah! Drag Race Harley-Davidson Akan Hadir di PIK 2 Akhir Pekan Ini

13 November 2023 - 18:24 WIB

Moto Mobi | Lambretta Elettra, Dialog Elemen Klasik dan Futuristis

9 November 2023 - 18:17 WIB

Trending di Otomotif