Menu

Mode Gelap

Otomotif · 17 Nov 2023 18:43 WIB ·

4 Hal yang Jadi Penyebab Ban Motor Cepat Kempes


 4 Hal yang Jadi Penyebab Ban Motor Cepat Kempes Perbesar


momotor.id – Bila ban motor cepat kempes, kemungkinan ada masalah pada komponen tersebut. Penyebab tekanan angin ban motor cepat berkurang sendiri cukup beragam.

Pemilik motor mungkin baru menyadari ada yang tak beres dengan ban ketika mendapati kondisinya sudah kembali kempes meski baru kemarin atau beberapa hari lalu diisi ulang.

Ban motor yang kurang tekanan angin atau kempes, akan membuat kenyamanan berkendara berkurang drastis. Selain itu, kondisi ini juga bisa merusak komponen lainnya bila motor dipaksakan terus berjalan.

Misalnya seperti velg, yang bisa bengkok bila motor terus dipaksa jalan sambil menopang bobot motor dan pengendara.

Penyebab ban motor cepat kempes setidaknya ada empat hal. Berikut penjelasan selengkapnya.

Pentil rusak

Pentil menjadi salah satu penahan angin dari dalam ban agar tidak bisa keluar dengan mudah. Normalnya, udara dalam ban memang keluar dari pentil meski jumlahnya sangat kecil.

Namun bila sudah rusak, misalnya seperti karatan, tingkat kebocorannya akan lebih besar jika dibandingkan dengan pentil yang masih baru. Tak heran jika angin dalam ban menjadi cepat berkurang bila komponen ini sudah mulai rusak.

Tak ada tutup pentil

Kelihatan sepele, namun tutup pentil berfungsi untuk mencegah bagian dalam pentil lebih cepat rusak. Bila pentil dibiarkan terbuka begitu saja, maka cipratan lumpur, debu, dan kotoran lainnya akan dengan mudah menumpuk di bagian pentil.

Kotoran-kotoran ini yang membuat kondisi pentil pada bagian dalam menjadi cepat rusak. Ujungnya, pentil yang rusak akan membuat ban lebih cepat kempes. Itu sebabnya, setiap ban sangat dianjurkan menggunakan tutup pentil.

Baca juga: Ciri-ciri Velg Motor Perlu Mendapat Balancing, Bawa ke Bengkel Kalo Muncul Gejala Berikut

Velg peyang

Kondisi velg yang sudah peyang akan menghadirkan lubang atau celah kecil yang membuat tekanan angin pada ban lebih cepat berkurang.

Velg peyang, atau mungkin ada keretakan di salah satu bagiannya, bisa menyebabkan ban cepat kempes. Solusi yang direkomendasikan adalah mengganti velg dengan yang baru.

Ban sudah botak

Ban yang sudah botak bisa menyebabkan bocor halus. Tak heran bila ban yang kondisinya sudah seperti ini seringkali cepat kempes. Sama seperti velg, solusi ban yang sudah botak adalah menggantinya dengan yang baru agar tidak cepat kempes.

Ban Botak ban motor kempes pentil ban Velg Motor
Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Kontributor

Baca Lainnya

Moto Mobi | All New Honda Accord RS e:HEV Sarat Konektivitas Mutakhir

7 December 2023 - 15:11 WIB

McLaren Pakai Livery Baru Di GrandPrix Abu Dhabi 2023

25 November 2023 - 18:46 WIB

Moto Mobi | Satmori NMAX Diramaikan Para Public Figure Penyuka Skutik

21 November 2023 - 18:45 WIB

Wah! Drag Race Harley-Davidson Akan Hadir di PIK 2 Akhir Pekan Ini

13 November 2023 - 18:24 WIB

Moto Mobi | Lambretta Elettra, Dialog Elemen Klasik dan Futuristis

9 November 2023 - 18:17 WIB

Kebiasaan yang Bikin Motor Gak Lulus Uji Emisi

5 November 2023 - 17:37 WIB

Trending di Otomotif