Menu

Mode Gelap

Otomotif · 16 Oct 2023 16:03 WIB ·

Moto Mobi | Mazda CX-60, Berkenalan Dengan Mobil Anti-mainstream Modern


 Moto Mobi | Mazda CX-60, Berkenalan Dengan Mobil Anti-mainstream Modern Perbesar

Eurokars Motor Indonesia (EMI) mengajak kami berjalan-jalan menguji produk terbaru mereka hari ini (16-18 Oktober 2023), Mazda CX-60. Tujuannya, apalagi kalau bukan membuktikan keunggulan SUV baru ini. Rute Jakarta-Semarang-Magelang-Semarang pun dipilih untuk kepentingan tersebut.

Seperti yang pernah kami ulas, Mazda percaya diri dengan mobil ini. Kami juga penasaran karena aoa yang dibawa oleh CX-60 ini unik. Saat pabrikan lain berlomba membuat mobil compact dengan mesin seminimalis mungkin, berpenggerak roda depan, pabrikan Hiroshima, Jepang ini terbalik. Mereka membuat mobil besar, mesin enam silinder turbo 3,3 liter (plus mild hybrid). Berdiri di atas Large Platform, yang didesain untuk mobil penggerak roda belakang. Yang memungkinkan pemasangan sistem All Wheel Drive.

Jalur sepanjang 490 km kami tempuh hari ini, yang mayoritas jalan tol, jadi lahan untuk kami mencoba kekuatan mesin SKYACTIV-G terbaru berkapasitas 3,3 liter dengan enam ruang bakar. Turbocharger, mild hybrid 48 volt dan transmisi 8-speed melakukan orkestrasi yang memuaskan kami dalam mendapatkan kecepatan.

Pembuktian Awal

Mazda CX-60 ready to go

Jujur, kami merindukan mesin besar yang rasanya sudah cukup lama hilang dari sebuah mobil. Mazda CX-60 mengingatkan kembali bagaimana rasanya sebuah mesin enam silinder dengan kompresi tinggi bisa memuaskan adrenalin kapanpun, dimanapun. Kecepatan tinggi yang kurang pantas kami sebutkan dengan mudah diraih. Sulit rasanya mengingat kapan terakhir kali mengendari mobil yang energik seperti ini.

Masalahnya, untuk mengimbangi lontaran tenaga, chassis, utamanya bagian kaki, dibuat kaku. Akibatnya, mobil terasa keras terutama untuk bagian belakang. Jalan tol Trans Jawa yang terkenal ‘bumpy’ menegaskan hal itu. Meskipun sebetulnya masih dalam batas toleransi. Dari hal ini, kami simpulkan kalau CX-60, bisa Anda gunakan untuk kepentingan keluarga. Tapi kami lebih menyarankan mobil ini dikendalikan sendiri oleh Anda.

Masih terlalu dini untuk menarik kesimpulan karena perjalanan masih panjang. Selasa (17/10) besok, kami akan bawa mobil ini menuju Magelang, tanpa melewati tol. Jalanan berliku harusnya bisa jadi pembuktian soal stabilitas Mazda CX-60 dengan kakinya yang kokoh itu. Plus mencoba sebaik apa kinerjanya di jalanan padat.  Tunggu laporan kami selanjutnya.


Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Kontributor

Baca Lainnya

Moto Mobi | All New Honda Accord RS e:HEV Sarat Konektivitas Mutakhir

7 December 2023 - 15:11 WIB

McLaren Pakai Livery Baru Di GrandPrix Abu Dhabi 2023

25 November 2023 - 18:46 WIB

Moto Mobi | Satmori NMAX Diramaikan Para Public Figure Penyuka Skutik

21 November 2023 - 18:45 WIB

4 Hal yang Jadi Penyebab Ban Motor Cepat Kempes

17 November 2023 - 18:43 WIB

Wah! Drag Race Harley-Davidson Akan Hadir di PIK 2 Akhir Pekan Ini

13 November 2023 - 18:24 WIB

Moto Mobi | Lambretta Elettra, Dialog Elemen Klasik dan Futuristis

9 November 2023 - 18:17 WIB

Trending di Otomotif