Menu

Mode Gelap

Mom · 1 Nov 2023 06:47 WIB ·

Marshanda Pergi ke Amerika untuk Jalani ‘Retret’ Kesehatan Mental, Apa itu?


 Marshanda Pergi ke Amerika untuk Jalani ‘Retret’ Kesehatan Mental, Apa itu? Perbesar

Jakarta

Belum lama ini, aktris Marshanda sedang menjalani retret kesehatan mental di Amerika. Hal itu diungkapnya langsung melalui Instagram pribadinya.

Enjoying Cali while waiting for my Transcendence Mental Health Retrat in Utah and more!!!” tulisnya dalam potret yang dia unggah, dikutip dari laman instagram@marshanda99, Selasa (31/10/2023).

Seperti yang diketahui, Marshanda adalah salah satu figur publik yang mengidap gangguan bipolar dengan gejala perubahan mood yang cukup ekstrem. Meski begitu, semangatnya untuk sembuh sangat tinggi.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Bahkan, perempuan 34 tahun ini sampai terbang ke Amerika tepatnya di Los Angeles untuk menjalani pengobatan kesehatan mental. Perawatan tersebut adalah retret kesehatan mental. Lantas, apa yang dimaksud dengan retret kesehatan mental? Simak selengkapnya berikut ini.




Banner Artis Terapkan Parenting Islami

Mengenal Retret Kesehatan Mental

Retret kesehatan mental memberikan Bunda kesempatan untuk beristirahat sejenak dari kehidupan agar bisa fokus pada kesehatan secara keseluruhan. Bahkan, di saat-saat terbaik sekalipun, mengatasi stresor kehidupan sehari-hari sangatlah menantang.

Rasanya hampir mustahil untuk mengatasi masalah kesehatan mental, masalah hubungan, kecanduan yang aktif, atau masa-masa sulit lainnya sambil juga menangani stres sehari-hari.

Tujuan dari retret kesehatan mental adalah untuk mendetoksifikasi pikiran dan tubuh dari stres dan ketegangan. Ini terdiri dari beberapa elemen yang berpengaruh secara signifikan pada kesehatan mental yang baik.

7 Elemen Retret Kesehatan Mental

Melansir dari laman health and fitness travel, berikut adalah beberapa elemen retret kesehatan mental yang bisa Bunda jalani untuk mengendalikan masalah mental.

1. Mindfulness

Mindfulness mengacu pada tindakan dan seni untuk terhubung dengan lingkungan sekitar, mampu memblokir pikiran negatif atau mengganggu, dan merangkul kedamaian dengan waspada pada saat ini.

Retret mindfulness seringkali mencakup meditasi dan elemen alam. Mempraktikkan mindfulness dalam retret seringkali dapat menghasilkan pembelajaran dan penerapan teknik yang sama dalam kehidupan sehari-hari atau setelah liburan.

Perhatian penuh penting untuk kesehatan mental karena memungkinkan Bunda untuk lebih hadir dan fokus pada hal-hal dalam hidup yang membuat Bunda benar-benar bahagia.

2. Spiritualitas

Unsur spiritualitas dari retret kesehatan mental mengacu pada pemulihan energi. Dengan kata lain, ini adalah keseimbangan dan kombinasi pikiran, jiwa, dan tubuh, serta memastikan ketiganya hidup berdampingan secara harmonis.

Ayurveda berfokus pada pengobatan herbal, pernapasan, meditasi, dan banyak lagi cara untuk meningkatkan spiritualitas batin. Berhubungan dengan alam adalah cara yang teruji dan benar untuk meningkatkan spiritualitas seseorang.

3. Pembinaan Kehidupan

Pembinaan kehidupan adalah komponen yang luar biasa dari retret kesehatan mental karena sifatnya yang langsung dan individiual. Pembinaan kehidupan menawarkan kejelasan dan panduan bagi mereka dalam berbagai bidang, baik karier, hubungan, atau kehidupan secara umum.

Fitur umum dari retret pembinaan kehidupan selain pembinaan itu sendiri adalah meditasi, sehingga dapat merefleksikan secara interal percakapan yang dilakukan dengan pelatih kehidupan masing-masing.

4. Kebugaran

Cara hebat lainnya untuk meningkatkan kesehatan mental adalah melalui olahraga. Retret kebugaran sangat baik untuk melepaskan endorfin, yang meningkatkan suasana hati secara keseluruhan serta menurunkan tingkat ketidaknyamanan dan rasa sakit.

Selain itu, retret kebugaran meningkatkan laju metabolisme dan membuat Bunda merasa dalam kondisi terbaik.

5. Nutrisi

Percaya atau tidak, pola makan berdampak langsung pada kesehatan mental. Pola makan yang sehat terbukti memberikan efek positif pada kualitas tidur, konsentrasi, dan pengelolaan stres.

Retret ramah nutrisi memberikan mereka kesempatan untuk fokus pada tujuan tertentu, baik itu penurunan berat badan, detoksifikasi, atau metabolisme. Ada banyak cara berbeda untuk melakukan retret ini seperti minum jus, diet mentah, atau bahkan diet Ayurveda.

6. Relaksasi

Retret relaksasi berkontribusi positif terhadap kesehatan mental karena selain mengurangi stres, juga terbukti menurunkan ketegangan otot dan kecemasan. Sebaiknya, manjakan diri dengan beberapa bentuk relaksasi secara berkala untuk menghindari penumpukan stres, yang berdampak pada tidur dan suasana hati.

7. Penyembuhan Emosional

Retret penyembuhan emosional dapat menjadi langkah penting bagi mereka yang ingin memulihkan diri dari tantangan hidup. Ambil langkah-langkah menuju pemulihan dari peristiwa kehidupan yang berpotensi menimbulkan trauma atau stres dengan terapis dan spesialis berlisensi untuk memandu Bunda agar dapat merasakan diri sendiri kembali.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa Bunda ketahui terkait retret kesehatan mental yang tengah dijalani Marshanda. Semoga bermanfaat, ya, Bunda.

Bagi Bunda yang mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join komunitas HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

Saksikan juga video empat manfaat meditasi untuk kesehatan mental yang ada di bawah ini, ya, Bunda.

(asa/fia)

Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Kontributor

Baca Lainnya

5 Potret Kehidupan Rachel Amanda Kuliah S2 di Belanda & Mesra Bareng Suami

10 December 2023 - 07:59 WIB

Janin Sering Cegukan, Kenali Penyebab, Cara Mengatasi & Bedaya dengan Tendangan Bayi

10 December 2023 - 03:52 WIB

7 Potret Kimberly Ryder & Edward Akbar 5 Th Menikah, Awalnya Kepincut Gara-gara Salat Subuh

9 December 2023 - 23:49 WIB

10 Tanda Tubuh Kelebihan Gula yang Perlu Diwaspadai, Mudah Lapar dan Brain Fog

9 December 2023 - 19:42 WIB

Cerita Bunda Vanessa Bisnis Bekal Anak Sekolah, Omzet Capai Rp30 Juta per Bulan

9 December 2023 - 15:40 WIB

7 Potret Abbey Putri Artika Sari Devi yang Sudah Remaja, Mulai Ngeband Seperti Ayahnya

9 December 2023 - 11:37 WIB

Trending di Mom