Menu

Mode Gelap

Mom · 12 Oct 2023 09:17 WIB ·

Kisah WNI Keliling Eropa dengan Campervan, Begini Caranya Atur Keuangan


 Kisah WNI Keliling Eropa dengan Campervan, Begini Caranya Atur Keuangan Perbesar

Jakarta

Seperti apa rasanya menikmati pemandangan Eropa dengan berkeliling menggunakan campervan ya, Bunda? Pengalaman seru ini ternyata dialami seorang WNI yang tinggal di Prancis bernama Nadya.

Nadya adalah seorang penjual roti yang sudah bekerja di Prancis sejak tahun 2021. Ia bersama pasangannya memutuskan untuk membeli sebuah campervan dan tinggal di dalamnya selama 6 bulan sekaligus keliling Eropa.

Hal ini diceritakan langsung oleh Nadya pada kanal YouTube-nya. Sebelumnya, HaiBunda sudah menghubungi Nadya dan diperbolehkan untuk membagikan kisahnya.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Biaya untuk campervan dan traveling keliling Eropa

Nadya bercerita bahwa rencana untuk keliling Eropa dengan campervan sudah ia rencanakan sejak Januari 2023. Ia dan pasangan pun memutuskan untuk berhenti dari pekerjaannya pada bulan Mei 2023.

“Aku sudah tidak bekerja dari bulan Mei 2023. Jadi mulai bulan Mei 2023, kita memutuskan untuk resign. Pasanganku itu adalah baker pekerjaannya atau yang bikin kue dan roti di bakery dan aku adalah penjualnya di bakery, aku adalah seller-nya. Tapi kita bekerja di bakery yang berbeda,” ucapnya dikutip kanal YouTube Nadya Keliling Eropa, Rabu (11/10/2023).

Nadya menyebut, sebelumnya ia dan pasangan tinggal di Pegunungan Alpen yang tidak memiliki terlalu banyak hiburan. Oleh karena itu, ia tidak banyak mengeluarkan uang selain untuk kebutuhan sehari-hari.

“Kita menabung dan dahulu itu kita tinggal di Pegunungan Alpen. Kalian tahu sendiri di sana enggak ada apa-apa, adanya alam saja. Jadi kita enggak buang uang atau bayar terlalu banyak hal karena di sana memang enggak ada hiburannya,” ungkapnya.

“Jadi uang yang kita terima, gaji kita hanya kita gunakan untuk bayar apartemen, bayar kebutuhan sehari-hari, makanan, grocery shopping dan semacamnya. Sekali-sekali kita makan di restoran tapi pada akhir bulan itu kita masih punya uang yang cukup untuk kita tabung,” tambah Nadya.

Menabung dari 50 persen dari gaji

Perjalanan berkeliling Eropa dengan campervan ini dilakukan Nadya mulai dari bulan Mei hingga Desember 2023, Bunda. Selama perjalanan, ia dan pasangan sama sekali tidak bekerja dan hanya mengandalkan uang tabungan.

Dalam video yang sama, Nadya menjelaskan bahwa ia dan pasangan bisa menyisihkan sekitar 50 persen gaji untuk menabung. Tabungan ini yang digunakan untuk hidup selama enam bulan di campervan.

“Waktu kita dahulu bekerja itu, kita bisa saving atau menabung sekitar 50 persen dari pendapatan kita berdua. Jadi pendapatan kita berdua digabung, 50 persennya itu bisa untuk ditabung. Nah makanya cukup tabungan kita untuk menghidupi kita selama enam bulan tinggal di campervan ini,” imbuhnya.

Meski memiliki tabungan, Nadya tetap membatasi pengeluarannya setiap bulan selama hidup di campervan dan berkeliling Eropa, Bunda. Simak kisah lengkapnya pada laman berikutnya, yuk.

Bagi Bunda yang mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join komunitas HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Kontributor

Baca Lainnya

5 Potret Kehidupan Rachel Amanda Kuliah S2 di Belanda & Mesra Bareng Suami

10 December 2023 - 07:59 WIB

Janin Sering Cegukan, Kenali Penyebab, Cara Mengatasi & Bedaya dengan Tendangan Bayi

10 December 2023 - 03:52 WIB

7 Potret Kimberly Ryder & Edward Akbar 5 Th Menikah, Awalnya Kepincut Gara-gara Salat Subuh

9 December 2023 - 23:49 WIB

10 Tanda Tubuh Kelebihan Gula yang Perlu Diwaspadai, Mudah Lapar dan Brain Fog

9 December 2023 - 19:42 WIB

Cerita Bunda Vanessa Bisnis Bekal Anak Sekolah, Omzet Capai Rp30 Juta per Bulan

9 December 2023 - 15:40 WIB

7 Potret Abbey Putri Artika Sari Devi yang Sudah Remaja, Mulai Ngeband Seperti Ayahnya

9 December 2023 - 11:37 WIB

Trending di Mom