Menu

Mode Gelap

Mom · 17 Oct 2023 10:06 WIB ·

Kisah Bunda Nantikan Kehamilan 10 Th, Kini Ikhlas Jalani Pengangkatan Rahim & Serviks


 Kisah Bunda Nantikan Kehamilan 10 Th, Kini Ikhlas Jalani Pengangkatan Rahim & Serviks Perbesar

Mendapatkan kehamilan bisa menjadi sesuatu yang sulit bagi sebagian perempuan. Tak sedikit Bunda yang harus berusaha lebih keras untuk mendapatkan kehamilan karena berbagai faktor, seperti adanya masalah kesehatan.

Bila masalah kesehatan yang dialami masih ringan, Bunda mungkin masih memiliki peluang untuk mendapatkan kehamilan. Tapi pada beberapa kasus yang parah, seorang perempuan terpaksa merelakan rahimnya untuk diangkat hingga peluang hamilnya pun hilang.

Seperti yang dialami oleh seorang Bunda pemilik akun TikTok @novyyandiii yang sudah 10 tahun nantikan kehamilan. Bunda Novy terpaksa harus menjalani pengangkatan rahim dan serviks. 


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Terpaksa jalani pengangkatan rahim dan serviks

Dalam beberapa video di akun TikTok pribadinya, Bunda Novy membagikan perjuangannya dan sang suami untuk menantikan kehamilan selama 10 tahun. Penantian ini pun tak berbuah manis karena Novy harus menjalani pengangkatan rahim.

Prosedur pengangkatan rahim dilakukan karena ia mengidap beberapa penyakit di organ reproduksi, yaitu adenomiosis, miom, endometriaosis, dan juga kadar hormon AMH yang rendah. Pemeriksaan ke berbagai dokter pun telah ia lakukan bahkan hingga keluar negeri. Tapi semua dokter memberikan solusi yang sama, yakni tindakan pengangkatan rahim.

Hal tersebut tentu tak mudah bagi Novy, apalagi ia telah menanti selama 10 tahun untuk punya momongan. Namun, akhirnya ia mengalah dan merelakan rahim dan serviksnya untuk diangkat saat usianya 35 tahun.

“Post op angkat rahim dan serviks di usia 35 tahun, 10 tahun pernikahan dalam penantian buah hati. Hancur sekaligus semangat untuk bangkit lagi. Harus bersyukur dalam setiap keadaan,” tulis Novy dalam unggahan yang ia bagikan beberapa waktu lalu. HaiBunda sudah mendapatkan izin dari pemilik akun untuk membagikan kisah ini.

Sempat melakukan promil hingga ke luar negeri

Sebelum melakukan operasi pengangkatan rahim, berbagai upaya telah dilakukan oleh Novy dan suami untuk mendapatkan anak. Mulai dari program bayi tabung di dalam negeri, hingga pergi ke luar negeri.

Salah satu promil yang ia lakukan di tahun kesembilan pernikahan adalah genesis IVF di Penang, Malaysia. Namun, lagi-lagi Novy dan suami harus menelan pil pahit karena dokter yang ia temui di Penang pun tak bisa membantunya untuk melakukan genesis IVF. 

Bukan tanpa sebab. Menurut dokter, cadangan sel telur yang dimiliki Novy sangat minim untuk distimulasi di dalam rahim. Selain itu, genesis IVF juga tak bisa dilakukan karena kondisi rahim Novy yang telah dipenuhi oleh adenomiosis.

Kondisi adenomiosis memang bisa memengaruhi peluang hamil, Bunda. Kondisi ini perlu diwaspadai dan dikenali cirinya, terutama bila Bunda sedang program hamil.

Lalu apa sebenarnya adenomiosis itu? Apakah adenomiosis berbahaya untuk Bunda yang ingin hamil? Yuk simak lebih lengkap pada halaman selanjutnya.

Bagi Bunda yang mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join komunitas HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Kontributor

Baca Lainnya

5 Potret Kehidupan Rachel Amanda Kuliah S2 di Belanda & Mesra Bareng Suami

10 December 2023 - 07:59 WIB

Janin Sering Cegukan, Kenali Penyebab, Cara Mengatasi & Bedaya dengan Tendangan Bayi

10 December 2023 - 03:52 WIB

7 Potret Kimberly Ryder & Edward Akbar 5 Th Menikah, Awalnya Kepincut Gara-gara Salat Subuh

9 December 2023 - 23:49 WIB

10 Tanda Tubuh Kelebihan Gula yang Perlu Diwaspadai, Mudah Lapar dan Brain Fog

9 December 2023 - 19:42 WIB

Cerita Bunda Vanessa Bisnis Bekal Anak Sekolah, Omzet Capai Rp30 Juta per Bulan

9 December 2023 - 15:40 WIB

7 Potret Abbey Putri Artika Sari Devi yang Sudah Remaja, Mulai Ngeband Seperti Ayahnya

9 December 2023 - 11:37 WIB

Trending di Mom