Menu

Mode Gelap

Mom · 24 Nov 2023 14:14 WIB ·

BLACKPINK Dapat Gelar MBE dari Raja Inggris, Ini Keistimewaan yang Hanya Dimiliki Rose


 BLACKPINK Dapat Gelar MBE dari Raja Inggris, Ini Keistimewaan yang Hanya Dimiliki Rose Perbesar

Bunda, sebuah penghargaan kehormatan telah menghiasi perjalanan gemilang girl group asal Korea terkenal, BLACKPINK. Pada tanggal 22 November 2023, Raja Charles III secara resmi menganugerahkan gelar Most Excellent Order of the British Empire (MBE) kepada Jennie, Lisa, Jisoo, dan Rose, mengukuhkan posisi mereka sebagai duta perubahan iklim.

Dibentuk oleh YG Entertainment pada tahun 2016, BLACKPINK menjadi girl group Korea Selatan yang paling sukses secara internasional. Mereka mencapai ketenaran dengan debut Square One pada Agustus 2016 dan telah memecahkan berbagai rekor.

Melalui album Born Pink (2022), BLACKPINK mencetak sejumlah rekor, termasuk sebagai girl group pertama yang menduduki Billboard 200, dan menyelesaikan Born Pink World Tour sebagai tur konser terlaris oleh girl group.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sebagai girl group pertama yang juga meraih gelar Most Excellent Order of the British Empire (MBE) di Britania Raya, BLACKPINK bukan hanya menjadi kebanggaan Korea Selatan, namun juga mengukuhkan posisi mereka dalam panggung global. Prestasi ini menandai puncak dari perjalanan luar biasa BLACKPINK, membuka pintu untuk perubahan signifikan dalam industri hiburan Korea Selatan.

Apa itu MBE (Most Excellent Order of the British Empire)?

Merupakan kepanjangan dari Most Excellent Order of the British Empire, MBE adalah salah satu sistem penghargaan kehormatan di Britania Raya yang didirikan pada tahun 1917 oleh Raja George V. Penghargaan ini diberikan sebagai pengakuan atas jasa-jasa luar biasa dan kontribusi positif seseorang dalam berbagai bidang, termasuk seni, musik, pelayanan masyarakat, dan sektor lainnya.

MBE menjadi salah satu bentuk pengakuan terhormat dari pemerintah Britania Raya terhadap mereka yang telah memberikan sumbangsih berarti dalam berbagai aspek kehidupan. MBE sendiri memiliki tiga tingkatan, Bunda, yaitu Knight/Dame Grand Cross, Knight/Dame Commander, dan Member. Penerima MBE diberikan gelar “Sir” atau “Dame” untuk tingkatan tertinggi, “Commander” untuk tingkatan kedua, dan “Member” untuk tingkatan terendah.

Proses pemberian MBE melibatkan seleksi dan peninjauan yang ketat oleh Central Chancery of the Orders of Knighthood. Penerima MBE dipilih berdasarkan prestasi-prestasi mereka dan dampak positif yang telah mereka buat dalam masyarakat. Penghargaan ini dapat diberikan kepada warga negara Britania Raya dan anggota Persemakmuran lainnya, serta kepada orang asing yang telah memberikan kontribusi luar biasa terhadap kepentingan Britania Raya.

Sebagai salah satu ikon K-pop terkemuka, BLACKPINK telah mencapai pencapaian yang luar biasa dengan menjadi grup musik non-British pertama yang menerima penghargaan MBE. Bagi gelombang Hallyu, penghargaan ini merupakan tonggak sejarah karena mencerminkan pengakuan internasional terhadap kontribusi Korea Selatan dalam industri musik dan budaya pop.

BLACKPINK telah membuka pintu bagi artis-artis K-pop lainnya untuk diakui di tingkat global, memperluas jangkauan dan pengaruh Hallyu ke penjuru dunia.

BLACKPINK terima penghargaan MBE dari Raja Charles

Raja Charles III memberikan penghargaan ini sebagai pengakuan atas peran luar biasa BLACKPINK dalam mendukung advokasi perubahan iklim, terutama sebagai Conference of the Parties 26 (COP26) Advocates dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Perubahan Iklim Perserikatan Bangsa-Bangsa di Glasgow pada tahun 2021. Upacara penghargaan yang berlangsung di Istana Buckingham ini juga dihadiri oleh Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol dan Ibu Negara Kim Keon-hee.

Penghargaan ini bukan hanya mengangkat BLACKPINK sebagai ikon musik, Bunda, namun juga mengapresiasi kontribusi mereka dalam menyuarakan keberlanjutan lingkungan. Raja Charles sendiri memberikan penghormatan khusus kepada BLACKPINK dalam pidato resmi.

Dalam pidato resmi Raja Charles, beliau memuji BLACKPINK sebagai Duta Kepresidenan Inggris pada COP26, terutama karena peran mereka sebagai pendukung Sustainable Development Goals PBB. Penghargaan MBE sendiri tidak hanya diberikan sebagai bentuk penghormatan terhadap prestasi BLACKPINK dalam dunia musik, namun juga untuk menghargai peran mereka dalam menyuarakan isu-isu kritis yang memengaruhi keberlanjutan bumi.

Sebagai bagian dari upacara kenegaraan, band militer Batalyon Pertama Welsh Guards memainkan sebuah rendisi dari lagu hit BLACKPINK, DDU-DU DDU-DU. Video singkat dari penampilan orkestra tersebut menjadi viral, menyiratkan apresiasi besar terhadap BLACKPINK, baik dari hadirin maupun pengguna internet. Tidak hanya sebagai pengakuan akan dedikasi mereka dalam mendukung perubahan iklim, namun juga sebagai simbolisasi bahwa dampak musik BLACKPINK merentang melebihi batas-batas geografis dan bahasa.

Penghargaan ini menciptakan sinergi antara dunia musik dan tanggung jawab sosial, memperlihatkan bahwa BLACKPINK tidak hanya memikat hati penonton melalui musik mereka, namun juga memanfaatkan panggung mereka untuk tujuan yang lebih positif. Keikutsertaan BLACKPINK sebagai duta perubahan iklim dan advokat tujuan pembangunan berkelanjutan PBB menegaskan bahwa musisi dapat menjadi kekuatan positif yang mendorong perubahan di tingkat global.

Artis yang pernah mendapatkan gelar MBE selain BLACKPINK

Gelar Most Excellent Order of the British Empire (MBE) tidak hanya diberikan kepada BLACKPINK, Bunda, namun juga kepada beberapa artis terkenal lainnya. Sebut saja Adele dan Ed Sheeran. Kedua penyanyi dan penulis lagu ini meraih penghargaan MBE atas kontribusi mereka yang luar biasa dalam dunia musik. Adele dan Ed Sheerna terkenal dengan vokal yang kuat dan lagu-lagu inspiratif yang telah mendapatkan pengakuan internasional.

Selain, salah satu anggota Spice Girls, Mel B gelar MBE pada 2022 kemarin atas dukungannya terhadap amal dan perempuan rentan, termasuk mereka yang terjebak dalam KDRT. Mel B mendedikasikan penghargaannya untuk perempuan yang menderita dan mendiang ayahnya yang memulai kesadarannya terhadap kekerasan dalam rumah tangga.

Selain Adele, Ed Sheeran, dan Mel B, ada juga Steven Gerrard, Harry Kane, dan Rob Brydon yang menerima gelar MBE atas kontribusi mereka dalam sepak bola dan dunia hiburan. Steven Gerrard, mantan pemain dan manajer sepak bola, dihormati atas prestasinya dalam olahraga tersebut.

Harry Kane, kapten tim sepak bola Inggris, mendapat pengakuan atas penampilan dan kepemimpinannya yang luar biasa di lapangan. Rob Brydon, seorang pelawak dan aktor, dianugerahi atas kontribusi signifikan dalam industri hiburan.

Keistimewaan gelar MBE yang hanya dimiliki Rose BLACKPINK

Salah satu anggota BLACKPINK, Rose, memiliki keistimewaan sebagai MBE, Bunda. Hal ini karena status kewarganegaraannya sebagai warga ganda Korea Selatan dan Selandia Baru. Keistimewaan tersebut meliputi penggunaan gelar post-nominal MBE, di mana gelar “true” MBE yang ia sandang memberinya hak untuk menggunakan gelar “Roseanne Park MBE” dan peluang menerima kehormatan kesatria.

Selain itu, keistimewaan lainnya mencakup kemungkinan dirinya untuk menggelar pernikahan di St. Paul’s Cathedral, sebuah tempat bersejarah yang sebelumnya menjadi lokasi pernikahan Pangeran Charles dan Putri Diana. Istilah “true” MBE sendiri menegaskan status Rose sebagai penerima penghargaan yang luar biasa ini, Bunda. Gelar ini tidak hanya suatu tanda kehormatan dari formalitas, namun juga membawa sejumlah keistimewaan khusus baginya.

Bunda, itulah seluk-beluk mengenai BLACKPINK yang menerima penghargaan kehormatan MBE dari Raja Charles III serta alasan mengapa Rose memiliki privilege khusus.

Bagi Bunda yang mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join komunitas HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

(som/som)

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Kontributor

Baca Lainnya

5 Potret Kehidupan Rachel Amanda Kuliah S2 di Belanda & Mesra Bareng Suami

10 December 2023 - 07:59 WIB

Janin Sering Cegukan, Kenali Penyebab, Cara Mengatasi & Bedaya dengan Tendangan Bayi

10 December 2023 - 03:52 WIB

7 Potret Kimberly Ryder & Edward Akbar 5 Th Menikah, Awalnya Kepincut Gara-gara Salat Subuh

9 December 2023 - 23:49 WIB

10 Tanda Tubuh Kelebihan Gula yang Perlu Diwaspadai, Mudah Lapar dan Brain Fog

9 December 2023 - 19:42 WIB

Cerita Bunda Vanessa Bisnis Bekal Anak Sekolah, Omzet Capai Rp30 Juta per Bulan

9 December 2023 - 15:40 WIB

7 Potret Abbey Putri Artika Sari Devi yang Sudah Remaja, Mulai Ngeband Seperti Ayahnya

9 December 2023 - 11:37 WIB

Trending di Mom