Menu

Mode Gelap

Mom · 31 Oct 2023 10:07 WIB ·

9 Cara Mendidik Anak Sesuai Sunah Nabi Muhammad SAW


 9 Cara Mendidik Anak Sesuai Sunah Nabi Muhammad SAW Perbesar

Jakarta

Mendidik anak sesuai dengan ajaran Islam harus sesuai dengan sunnah Nabi Muhammad SAW. Setidaknya, ada 9 cara mendidik anak menurut Rasulullah yang bisa Bunda ikuti.

Mengajarkan Si Kecil berbagai macam hal sudah menjadi tanggung jawab Bunda dan Ayah, bahkan sejak mereka berada di dalam kandungan. Hal yang diajarkan oleh Bunda ini lantas akan mereka ingat dan menjadi tuntunan hingga mereka dewasa.

Pola asuh yang salah bisa memengaruhi mental anak, Bunda. Bisa saja Si Kecil menjadi anak yang manja, bergantung pada orang lain, bahkan hilang arah.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT




Parenting Islami

Agar anak tumbuh dan berkembang dengan baik, Bunda bisa didik mereka sesuai dengan sunnah yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Hal ini juga yang dijelaskan oleh Ustaz Ustaz H. Yoyon Mulyono, Alumnus Pondok Al Fatah Temboro sekaligus pembimbing Umrah dan Haji.

Cara mendidik anak sesuai sunnah Rasulullah

Ketika diwawancarai HaiBunda beberapa waktu lalu, Ustaz Yoyon menjelaskan ada beberapa cara mendidik anak sesuai dengan sunnah Rasulullah. Berikut ini deretannya:

1. Kenalkan pendidikan agama

Hal pertama yang bisa Bunda ajarkan pada anak adalah pengenalan pendidikan agama. Hal ini perlu dilakukan sedini mungkin kepada Si Kecil, ya.

“Kenalkan kebesaran Allah SWT, pendidikan tauhid, bahwa Allah SWT yang menciptakan kita, bahwa Allah SWT yang memelihara kita, bahwa Allah SWT memelihara, Allah SWT mendengar, Allah SWT Maha Mengetahui,” ungkapnya.

“Kemudian kita kenalkan bagaimana pribadi akhlak baginda Rasulullah SAW kepada anak-anak kita. Kita jelaskan masyaAllah anak-anak kecil di masa zaman sahabat RA kita kenalkan bagaimana prioritaskan utamakan pendidikan agama,” imbuh Ustaz Yoyon.

2. Didik akhlak anak

Didik juga anak tentang akhlak, adab, dan etikanya, Bunda. Ajarkan mereka sopan santun karena orang berilmu tanpa adab tentu akan menjadi masalah.

“Kemudian yang kedua bagaimana kita masya Allah bicara akhlak, adab, etika. Ini yang terutama, karena orang yang berilmu tanpa ada adab, tanpa ada etika sopan santun maka ini masya Allah menjadi masalah. Jadi yang kedua adalah bagaimana kita didik akhlak anak-anak kita,” jelas Ustaz Yoyon.

3. Ajarkan anak tanggung jawab

Hal yang tidak boleh dilupakan adalah mengajarkan anak tentang rasa tanggung jawab. Selain itu, Bunda juga bisa mengajarkan mereka tentang hak dan kewajiban baik sebagai insan Tuhan, sosial, maupun politik.

4. Didik anak dalam memilih teman

Menurut Ustaz Yoyon, hal lain yang disunnahkan dalam mendidik anak oleh Rasulullah SAW adalah pendidikan dalam memilih teman. Ajarkan anak untuk memilih teman yang berakhlak baik dan memiliki pendidikan agama, Bunda.

“Kemudian kita bagaimana dalam mendidik anak kita ajarkan memilih teman, karena ini sangat berpengaruh lingkungan dan teman,” ungkapnya.

“Jadi kita ajarkan pada anak-anak kita mencari teman baik di rumah, di sekolah, di manapun teman yang baik, teman yang berakhlak baik, teman yang memiliki pendidikan agama,” tambah Ustaz Yoyon.

5. Ajarkan beribadah terutama salat

Ketika anak memasuki usia 5 tahun, Bunda sudah harus mengajarkan mereka beribadah, termasuk salat. Beritahu anak bahwa salat merupakan amal ibadah yang pertama kali akan ditanyakan oleh Allah.

Ketika anak membantah, Bunda boleh menakuti mereka dengan memukulnya. Namun, pastikan pukulan yang diberikan merupakan pukulan kasih sayang.

“Maka wajib bagi orang tua sejak dini mengajarkan salat. Apabila anak kita membantah tidak mau, boleh kita takut-takuti dengan memukulnya. Maka siapkan rotan di rumah kita agar anak kita ini mengerti tentang besarnya menjaga salat,” tutur Ustaz Yoyon.

6. Pisahkan anak laki-laki dan perempuan

Bunda memiliki anak laki-laki dan perempuan? Ustaz Yoyon mengungkapkan, kamar keduanya sudah harus dipisahkan sejak berusia 3 tahun.

“Seandainya di rumah kita memiliki 2 anak laki-laki dan perempuan, maka sejak dini tidak menunggu dewasa, kita pisahkan tempat tidurnya antara anak laki-laki dan anak perempuan,” jelasnya.

“Jadi tidak boleh disatukan. Sekitar umur 3, 4 tahun kita sudah latih, kita sudah ajari supaya terpisah,” lanjut Yoyon.

7. Tidak memarahi anak di depan orang lain

Sebagai orang tua, Bunda boleh memarahi anak-anak secara wajar. Namun, ada baiknya tidak memarahi anak di depan orang lain, ya. Bukan tanpa alasan, Ustaz Yoyon mengatakan, hal ini dapat berpengaruh pada kondisi psikologisnya.

8. Mencintai sesama makhluk

Nabi Muhammad SAW memiliki sifat mahabah, Bunda. Artinya, Nabi mencintai seluruh makhluk termasuk tumbuhan dan hewan.

Mencintai sesama makhluk perlu diajarkan pada anak karena sesuai dengan ajaran Nabi. Rasulullah SAW mencintai semua makhluk kecuali iblis dan setan.

“Semua, kepada binatang, kepada tumbuhan, apalagi kepada sama manusia. Walaupun berbeda agama, kita sedang bersosialisasi kita ajar rasa kasih sayang, kepedulian antara sesama,” kata Ustaz Yoyon.

9. Menjadi teladan bagi anak

Sebaik-baiknya Bunda dan Ayah mengajarkan dan mendidik anak sesuai dengan sunnah Rasulullah SAW, semua tidak akan berguna kecuali Bunda dan Ayah menjadi teladan bagi mereka. Anak-anak akan menjadi saleh dan salihah ketika mereka memiliki contoh yang baik.

“Jadi intinya dari semua ini adalah jadikan diri kita saleh dan salihah, orang tua. Maka insyaAllah anak kita pun akan menjadi anak yang saleh salihah, suri tauladan.”

Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk Bunda, Ayah, dan Si Kecil, ya.

Bagi Bunda yang mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join komunitas HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

(mua/mua)

Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Kontributor

Baca Lainnya

5 Potret Kehidupan Rachel Amanda Kuliah S2 di Belanda & Mesra Bareng Suami

10 December 2023 - 07:59 WIB

Janin Sering Cegukan, Kenali Penyebab, Cara Mengatasi & Bedaya dengan Tendangan Bayi

10 December 2023 - 03:52 WIB

7 Potret Kimberly Ryder & Edward Akbar 5 Th Menikah, Awalnya Kepincut Gara-gara Salat Subuh

9 December 2023 - 23:49 WIB

10 Tanda Tubuh Kelebihan Gula yang Perlu Diwaspadai, Mudah Lapar dan Brain Fog

9 December 2023 - 19:42 WIB

Cerita Bunda Vanessa Bisnis Bekal Anak Sekolah, Omzet Capai Rp30 Juta per Bulan

9 December 2023 - 15:40 WIB

7 Potret Abbey Putri Artika Sari Devi yang Sudah Remaja, Mulai Ngeband Seperti Ayahnya

9 December 2023 - 11:37 WIB

Trending di Mom