Menu

Mode Gelap

Mom · 12 Nov 2023 03:38 WIB ·

8 Makanan dan Minuman yang Tak Boleh Disimpan di Freezer, Bikin Penyakit Bun


 8 Makanan dan Minuman yang Tak Boleh Disimpan di Freezer, Bikin Penyakit Bun Perbesar

Jakarta

Bagian freezer pada kulkas dimanfaatkan untuk menjaga makanan dan minuman tetap dingin. Akan tetapi, ada beberapa jenis makanan dan minuman yang dilarang disimpan di dalam freezer, lho, Bunda.

Ada beberapa hal yang tidak boleh dimasukkan ke dalam freezer. Hal ini karena kandungan kimianya dan bagaimana pembekuan memengaruhi konsistensi atau rasanya, ada beberapa jenis makanan dan minuman tertentu yang tidak dapat membeku dengan baik.

Tidak hanya itu, beberapa jenis tersebut juga bisa menyebabkan penyakit karena disimpan di dalam freezer.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT




Banner Daun Susutkan Berat Badan & Lemak

8 Makanan dan Minuman yang Dilarang Disimpan di Freezer

Freezer adalah salah satu peralatan terpenting di dapur. Sangat berguna untuk menyimpan sisa makanan. Saat dibekukan, makanan dapat disimpan lebih lama dibandingkan jika hanya menyimpannya di dalam lemari es.

Akan tetapi, hal itu tidak berlaku untuk beberapa hal, bahkan Bunda dilarang untuk menyimpannya di dalam kulkas. Berikut adalah beberapa jenis makanan dan minuman yang dilarang disimpan di dalam freezer.

1. Telur

Tahukah Bunda? Telur termasuk bahan pangan yang tidak boleh disimpan di dalam freezer. Hal ini karena telur akan meledak di dalam cangkangnya ketika suhunya berada di bawah suhu tertentu. Alasan tersebut yang membuat freezer menjadi tempat yang buruk untuk menyimpan telur.

2. Kentang

Melansir dari laman times of India, kentang tidak perlu banyak dirawat, tetapi memasukkannya ke dalam freezer pasti akan membuat Bunda kecewa. Kentang mentah akan menjadi kasar saat dibekukan, sehingga tidak dapat dimakan oleh siapapun yang menyukai kentang yang enak.

3. Selada

Beberapa makanan dengan kandungan air yang tinggi, seperti selada dan sayuran lunak, tidak dapat mempertahankan bentuk dan teksturnya setelah dibekukan dan dicairkan, itulah sebabnya Bunda tidak boleh membekukan sayuran berdaun hijau ini kecuali bermaksud untuk membuat smoothie.

4. Produk Susu

Susu, yogurt, krim asam, buttermilk, dan keju lunak semuanya tidak dapat dimakan setelah dibekukan karena terpisah dan mengental saat dicairkan, sehingga mengubah tekstur dan konsistensi seluruhnya.

5. Daging yang Sudah Dicairkan

Secara umum, pencairan dan pembekuan kembali daging secara berulang-ulang akan menurunkan tekstur daging. Melansir dari laman cnn, makanan beku yang telah dicairkan bisa mengundang bakteri berbahaya.

Alih-alih membekukannya kembali, sebaiknya daging tersebut dimasak dan disimpan di kulkas untuk dimakan kemudian hari.

6. Minuman Berkarbonasi

Minuman berkarbonasi seperti soda tidak cocok untuk dibekukan karena minuman tersebut akan mengembang terlalu besar sehingga carian beku tersebut kemungkinan besar akan memecahkan wadah apapun yang ada di dalamnya.

7. Biji Kopi

Kesalahpahaman yang umum sering terjadi, banyak orang berpikir bahwa membekukan sekantong kopi bubuk atau biji kopi utuh membantu mereka tetap segar lebih lama, padahal itu tidak benar. Membekukan kopi sebenarnya menghilangkan sebagian rasa dan aromanya. Menyimpannya di kulkas atau suhu ruangan adalah pilihan yang baik.

8. Rempah-rempah Tertentu

Beberapa bumbu seperti cengkeh, merica, dan bawang putih, bisa kehilangan keampuhan dan rasanya jika disimpan ke dalam freezer. Sebaiknya, Bunda perlu menyimpan jenis rempah-rempah tersebut di ruangan terbuka agar keampuhannya tetap terjaga.

Nah, itulah beberapa jenis makanan dan minuman yang tidak boleh disimpan ke dalam freezer karena bisa menghilangkan manfaat dan menimbulkan penyakit. Semoga bermanfaat, ya, Bunda.

Bagi Bunda yang mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join komunitas HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

Simak juga cara membersihkan mesin cuci top loading di video berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]

(asa/fia)

Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Kontributor

Baca Lainnya

5 Potret Kehidupan Rachel Amanda Kuliah S2 di Belanda & Mesra Bareng Suami

10 December 2023 - 07:59 WIB

Janin Sering Cegukan, Kenali Penyebab, Cara Mengatasi & Bedaya dengan Tendangan Bayi

10 December 2023 - 03:52 WIB

7 Potret Kimberly Ryder & Edward Akbar 5 Th Menikah, Awalnya Kepincut Gara-gara Salat Subuh

9 December 2023 - 23:49 WIB

10 Tanda Tubuh Kelebihan Gula yang Perlu Diwaspadai, Mudah Lapar dan Brain Fog

9 December 2023 - 19:42 WIB

Cerita Bunda Vanessa Bisnis Bekal Anak Sekolah, Omzet Capai Rp30 Juta per Bulan

9 December 2023 - 15:40 WIB

7 Potret Abbey Putri Artika Sari Devi yang Sudah Remaja, Mulai Ngeband Seperti Ayahnya

9 December 2023 - 11:37 WIB

Trending di Mom