Menu

Mode Gelap

Mom · 14 Oct 2023 19:32 WIB ·

7 Penyebab Sering Sakit Perut Sebelah Kiri dan Cara Mengatasinya


 7 Penyebab Sering Sakit Perut Sebelah Kiri dan Cara Mengatasinya Perbesar

Sakit perut sebelah kiri merupakan kondisi yang umum terjadi dan dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Penyebab sakit perut sebelah kiri biasanya merupakan kondisi ringan yang dapat diatasi dengan pengobatan rumahan.

Meski demikian, dalam beberapa kasus, sakit perut sebelah kiri juga dapat menjadi tanda masalah yang lebih serius. seperti penyakit radang usus (IBD) atau kista ovarium. Untuk itu, jangan sepelekan sakit perut sebelah kiri jika tak membaik setelah minum obat dan melakukan perawatan rumahan.

Mengutip dari Medical News Today, jika Bunda nyeri terus-menerus atau kronis di perut bagian kiri harus mencari pertolongan medis. Nyeri parah yang tiba-tiba muncul di perut kiri bawah mungkin memerlukan perawatan medis segera.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT




Banner Ikan untuk Kecerdasan Otak Anak

Penyebab sakit perut sebelah kiri

1. Konstipasi

Konstipasi adalah kondisi yang ditandai dengan buang air besar tidak teratur atau sulit. Konstipasi dapat menyebabkan sakit perut sebelah kiri, terutama di bagian bawah perut.

Ini mungkin terjadi karena terbatasnya olahraga, serat, atau cairan. Obat-obatan tertentu dapat menyebabkan sembelit. Orang dapat mengatasi sembelit dengan memperbaiki pola makan, berolahraga secara teratur, dan meningkatkan asupan cairan. Gejala utama sembelit adalah kesulitan buang air besar dan nyeri pada perut.

2. Infeksi saluran pencernaan

Infeksi saluran pencernaan, seperti gastroenteritis, dapat menyebabkan sakit perut sebelah kiri, disertai dengan gejala lain seperti diare, mual, dan muntah.

Dalam kebanyakan kasus, gangguan pencernaan bersifat ringan dan tidak menimbulkan komplikasi. Jika Bunda mengalami gejala lain selain gangguan pencernaan, ini mungkin mengindikasikan kondisi yang lebih serius.

3. Dismenore

Dismenore atau kram menstruasi juga dapat menyebabkan nyeri pinggang kiri bawah sebelum dan selama haid. Hal ini disebabkan adanya kontraksi pada rahim yang dapat menimbulkan nyeri dan ketidaknyamanan ringan hingga berat.

4. Batu ginjal

Sakit perut merupakan gejala khas batu ginjal. Hal ini sebagian besar terjadi karena penumpukan kalsium dan dapat terbentuk di ginjal kanan atau kiri.

Bunda mungkin tidak menyadari bahwa mengidap batu ginjal sampai batu tersebut menimbulkan masalah, seperti menyumbat sebagian ginjal atau menyebabkan rasa sakit yang parah saat batu tersebut melewatinya.

5. Endometriosis

Endometriosis adalah penyebab umum nyeri sisi kiri, terutama pada wanita muda atau sedang mengalami menopause. Ini terjadi ketika sel-sel dari lapisan rahim tumbuh di luar rahim dan dapat menyebabkan nyeri hebat di perut kiri bawah.

Perawatan untuk endometriosis dapat mencakup obat-obatan seperti kontrasepsi hormonal atau obat pereda nyeri, atau pembedahan untuk mengangkat jaringan endometrium.

6. Kista ovarium

Kista ovarium adalah kantung berisi cairan yang terbentuk di ovarium. Kista ovarium dapat menyebabkan sakit perut sebelah kiri, terutama di bagian bawah perut.

7. Divertikulitis

Divertikulitis dapat menyebabkan nyeri perut kiri bawah. Divertikulitis terjadi ketika divertikula, yaitu kantong kecil di dinding usus, terinfeksi dan meradang.

Sakit perut kiri bawah akibat divertikulitis mungkin terasa tiba-tiba dan parah. Namun bisa juga awalnya ringan dan memburuk dalam beberapa hari. Gejala lainnya meliputi:

  • Sembelit atau diare
  • Demam dan menggigil
  • Mual atau muntah

Divertikulitis dapat menyebabkan komplikasi serius tanpa pengobatan, jadi penderita harus berkonsultasi dengan dokter jika mengalami salah satu gejala di atas.

Cara mengatasi sakit perut sebelah kiri

Penanganan sakit perut sebelah kiri tergantung pada penyebabnya. Jika sakit perut sebelah kiri disebabkan oleh kondisi ringan, seperti konstipasi maka dapat diatasi dengan pengobatan rumahan, seperti:

  • Mengonsumsi makanan yang tinggi serat, seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian.
  • Minum banyak cairan.
  • Mengonsumsi obat-obatan dijual bebas, seperti obat pencahar atau obat antidiare.

Jika sakit perut sebelah kiri disebabkan oleh kondisi yang lebih serius, maka diperlukan penanganan medis. Penanganan medis untuk sakit perut sebelah kiri tergantung pada penyebabnya, dan dapat meliputi:

  • Obat-obatan, seperti antibiotik, obat antiinflamasi, atau obat-obatan untuk mengontrol sistem kekebalan tubuh.
  • Pembedahan, jika diperlukan.

Kapan harus ke dokter?

Jika Bunda mengalami sakit perut sebelah kiri yang parah atau tidak kunjung membaik dengan pengobatan rumahan, maka sebaiknya segera ke dokter. Bunda juga harus ke dokter jika sakit perut sebelah kiri disertai dengan gejala lain, seperti:

  • Demam
  • Mual dan muntah
  • Diare berdarah
  • Nyeri saat buang air kecil
  • Nyeri saat berhubungan intim

Dengan mengenali penyebab dan cara mengatasi sakit perut sebelah kiri, Bunda dapat mencegah kondisi ini menjadi lebih parah. 

Bagi Bunda yang mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join komunitas HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

(fia/fia)

Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Kontributor

Baca Lainnya

5 Potret Kehidupan Rachel Amanda Kuliah S2 di Belanda & Mesra Bareng Suami

10 December 2023 - 07:59 WIB

Janin Sering Cegukan, Kenali Penyebab, Cara Mengatasi & Bedaya dengan Tendangan Bayi

10 December 2023 - 03:52 WIB

janin-cegukan

7 Potret Kimberly Ryder & Edward Akbar 5 Th Menikah, Awalnya Kepincut Gara-gara Salat Subuh

9 December 2023 - 23:49 WIB

10 Tanda Tubuh Kelebihan Gula yang Perlu Diwaspadai, Mudah Lapar dan Brain Fog

9 December 2023 - 19:42 WIB

Cerita Bunda Vanessa Bisnis Bekal Anak Sekolah, Omzet Capai Rp30 Juta per Bulan

9 December 2023 - 15:40 WIB

7 Potret Abbey Putri Artika Sari Devi yang Sudah Remaja, Mulai Ngeband Seperti Ayahnya

9 December 2023 - 11:37 WIB

Trending di Mom