Menu

Mode Gelap

Mom · 25 Nov 2023 18:45 WIB ·

7 Cara Mengobati Mata Bengkak Sebelah Sesuai Penyebabnya


 7 Cara Mengobati Mata Bengkak Sebelah Sesuai Penyebabnya Perbesar

Mata bengkak atau edema periorbital adalah kondisi yang mengacu pada penumpukan cairan di dalam jaringan sekitar mata. Mata bengkak sering kali terjadi di kelopak mata dan disertai beberapa gejala lain, seperti berwarna merah, berair, atau kering. 

Mata bengkak bisa terjadi karena berbagai alasan. Ini dapat mengindikasikan infeksi atau masalah lain yang memerlukan perhatian medis.

Kondisi mata bengkak juga bisa karena menangis, iritasi atau alergi, infeksi, hingga cedera pada mata. Pilihan pengobatan tergantung pada penyebabnya.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT




Ide Kado Hari Guru

Cara mengobati mata bengkak sebelah sesuai penyebabnya

1. Menangis

Menangis merupakan salah satu penyebab mata bengkak yang paling umum. Menangis dapat menyebabkan pembuluh darah di sekitar mata melebar dan menampung lebih banyak cairan. 

Untuk mengobati mata bengkak karena menangis, Bunda dapat melakukan hal-hal berikut:

  • Mengompres mata dengan kompres dingin selama 10 menit.
  • Minum air putih yang cukup untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang karena menangis.
  • Tidur dengan posisi kepala lebih tinggi dari anggota tubuh lainnya.

2. Alergi

Alergi juga dapat menyebabkan mata bengkak. Alergi yang paling sering menyebabkan mata bengkak adalah alergi debu, bulu hewan, atau serbuk sari.

Cara mengobati mata bengkak sebelah karena alergi bisa dengan menempelkan kompres dingin untuk meredakan gatal dan bengkak. Jika memilih menggunakan obat-obatan, Bunda dapat menggunakan obat antihistamin yang dijual bebas.

Kalau bengkak tidak kunjung mereda, Bunda dapat berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan resep obat antihistamin yang lebih kuat.

3. Infeksi

Infeksi pada mata, seperti blefaritis, konjungtivitis, atau keratitis, juga dapat menyebabkan mata bengkak. Sementara infeksi pada kulit mata disebut selulitis.

Pada selulitis periorbital atau orbital, kulit di sekitar mata Bunda akan menjadi merah dan mungkin terasa sakit. Untuk mengobati mata bengkak karena infeksi, Bunda perlu menggunakan obat yang diresepkan oleh dokter. Obat tersebut dapat berupa antibiotik, antivirus, atau antijamur.

4. Gigitan serangga

Gigitan serangga juga dapat menyebabkan mata bengkak. Gigitan serangga yang paling sering menyebabkan mata bengkak adalah gigitan lalat, nyamuk, atau lebah.

Untuk mengobati mata bengkak karena gigitan serangga, Bunda dapat menggunakan obat antihistamin yang dijual bebas. Jika bengkak tidak kunjung mereda, Bunda dapat berkonsultasi dengan dokter.

5. Kurang tidur

Kurang tidur juga dapat menyebabkan mata bengkak. Hal ini disebabkan karena kurang tidur dapat menyebabkan penumpukan cairan di sekitar mata.

Untuk mengobati mata bengkak karena kurang tidur, terapkan kompres dingin sambil duduk tegak dapat membantu meringankan gejala. Bunda juga perlu mencukupi waktu tidur, yaitu minimal 7 sampai 8 jam sehari. Selain itu, minum air putih yang cukup minimal 2 liter sehari.

6. Mata kering

Mata kering juga dapat menyebabkan mata bengkak. Hal ini disebabkan karena mata kering dapat menyebabkan iritasi pada mata yang memicu pembengkakan.

Untuk mengobati mata bengkak karena mata kering, Bunda dapat menggunakan obat tetes mata pelembap. Selain itu, Bunda juga perlu menghindari paparan angin dan debu.

7. Kosmetik

Produk riasan dan perawatan kulit dapat menyebabkan iritasi dan bengkak pada kelopak mata karena berbagai alasan. Misalnya jika mengandung alergen.

Atau ketika Bunda tidak menghapus riasan sebelum tidur. Bisa juga karena produk tidak cocok untuk digunakan di sekitar mata. Ada pun karena bakteri telah berkembang seiring berjalannya waktu, misalnya pada maskara.

Untuk mengobati mata bengkak sebelah karena kosmetik maka bisa menggunakan obat tetes mata. Jika mata bengkak yang Bunda alami disertai dengan gejala-gejala lain, seperti demam, nyeri kepala, atau penglihatan kabur, segera periksakan diri ke dokter.


Itulah cara mengobati mata bengkak sebelah sesuai penyebabnya. Semoga bisa mengatasi masalah Bunda ya.

Bagi Bunda yang mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join komunitas HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

(fia/fia)

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Kontributor

Baca Lainnya

5 Potret Kehidupan Rachel Amanda Kuliah S2 di Belanda & Mesra Bareng Suami

10 December 2023 - 07:59 WIB

Janin Sering Cegukan, Kenali Penyebab, Cara Mengatasi & Bedaya dengan Tendangan Bayi

10 December 2023 - 03:52 WIB

7 Potret Kimberly Ryder & Edward Akbar 5 Th Menikah, Awalnya Kepincut Gara-gara Salat Subuh

9 December 2023 - 23:49 WIB

10 Tanda Tubuh Kelebihan Gula yang Perlu Diwaspadai, Mudah Lapar dan Brain Fog

9 December 2023 - 19:42 WIB

Cerita Bunda Vanessa Bisnis Bekal Anak Sekolah, Omzet Capai Rp30 Juta per Bulan

9 December 2023 - 15:40 WIB

7 Potret Abbey Putri Artika Sari Devi yang Sudah Remaja, Mulai Ngeband Seperti Ayahnya

9 December 2023 - 11:37 WIB

Trending di Mom