Menu

Mode Gelap

Mom · 23 Oct 2023 20:50 WIB ·

5 Tanaman yang Disukai Tikus, Jangan Tanam di Pekarangan Rumah Bun!


 5 Tanaman yang Disukai Tikus, Jangan Tanam di Pekarangan Rumah Bun! Perbesar

Jakarta

Tanaman bisa menarik perhatian banyak hewan, tak terkecuali tikus yang merupakan hewan kecil penyebar penyakit. Untuk menghindari hewan tersebut masuk ke rumah, mungkin Bunda perlu mengenal beberapa jenis tanaman yang disukai oleh tikus.

Memiliki tikus di sekitar rumah selalu menjadi satu hal yang mengkhawatirkan. Hal ini karena selain sering merusak perabotan rumah tangga, tikus juga bisa menyebarkan virus dan bakteri penyebab penyakit.

Maka dari itu, Bunda perlu mengatasi masalah ini dengan mengambil langkah yang tepat dan efektif. Membasmi tikus mungkin bisa menggunakan beberapa produk pembasmi hama, tetapi perlu diketahui juga bahwa Bunda perlu menghindari hal-hal yang bisa menarik hewan ini datang.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT




Banner Jessica Mila Alami Mata Berdarah

Beberapa tanaman tertentu dipercaya dapat menarik perhatian tikus. Alih-alih meletakkannya sebagai dekorasi rumah, lebih baik Bunda menghindari tanaman tersebut agar tikus tidak datang kembali ke rumah.

Tanaman yang disukai tikus

1. Gulma

Melansir dari laman Bestlife, halaman rumput yang dipenuhi dengan rumput liar bukan hanya merusak pemandangan, tetapi juga bisa menarik tikus ke rumah.

Beberapa spesies gulma yang disukai tikus termasuk buntut rubah dan tanaman thistle. Ada teori bahwa kecenderungan tikus yang menggigit kabel dan benda berbentuk silinder lainnya adalah perilaku yang mungkin berasal dari mengunyah batang tanaman.

2. Pohon buah-buahan

Hewan kecil ini diketahui menyukai makanan manis dan tinggi kandungan air seperti blueberry, raspberry, blackberry, apel, pir, dan masih banyak lagi. Tikus diketahui sangat menyukai strawberry, bahkan mereka akan memakannya sebelum matang.

3. Tanaman penutup tanah

Tanaman penutup tanah adalah tanaman yang tumbuh rendah dan mudah menyebar, sehingga berada pada tingkat yang cocok untuk tikus. Tanaman jenis ini yang tebal seperti ivy atau vinca dapat menjadi tempat persembunyian yang nyaman dan sempurna bagi tikus.

Kepadatan dan perlindungan yang dimiliki oleh tanaman tersebut bisa sangat menarik hewan-hewan kecil itu. Sebagai alternatif, pikirkan untuk memilih tanaman yang tidak terlalu padat seperti thyme atau rumput hias yang tidak terlalu akomodatif.

Bunda juga perlu menjaga tanaman penutup tanah ini minimal satu kaki dari rumah. Jika memiliki tanaman ivy di rumah, sebaiknya hindari membiarkan tanaman itu merambat ke rumah karena bisa menjadi akses yang mudah untuk tikus masuk ke dalam rumah.

4. Umbi-umbian

Meskipun termasuk sayuran akar dan umbi-umbian mungkin sulit dikeluarkan dari tanahnya, mereka bukanlah tandingan tikus.

Tikus akan tertarik pada jenis sayuran apapun yang tumbuh di bawah atau di dalam tanah. Ini bisa termasuk kentang, wortel, dan zucchini. Lantaran sayuran tersebut berada di dalam tanah, tikus memiliki akses mudah ke sana dan akan memakan sayuran Bunda yang berharga itu.

Jika mereka memiliki sumber makanan yang tersedia dekat dengan tanah di dekat rumah, tidak lama kemudian mereka juga akan bersembunyi di bawah pintu untuk membuat retakan pada fondasi rumah.

5. Bunga matahari

Bunga matahari mungkin terlihat besar dan indah di halaman Bunda, tetapi bijinya merupakan makanan favorit yang enak untuk tikus. Biji bunga matahari juga dapat menarik perhatian hewan lainnya seperti tupai.

Nah, itulah beberapa jenis tanaman yang disukai tikus dan perlu Bunda hindari dari pekarangan rumah. Semoga bermanfaat, ya, Bunda.

Bagi Bunda yang mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join komunitas HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

Saksikan juga video lima tanaman yang bisa menekan polusi udara di rumah yang ada di bawah ini, ya, Bunda.

(asa)

Artikel ini telah dibaca 79 kali

badge-check

Kontributor

Baca Lainnya

5 Potret Kehidupan Rachel Amanda Kuliah S2 di Belanda & Mesra Bareng Suami

10 December 2023 - 07:59 WIB

Janin Sering Cegukan, Kenali Penyebab, Cara Mengatasi & Bedaya dengan Tendangan Bayi

10 December 2023 - 03:52 WIB

7 Potret Kimberly Ryder & Edward Akbar 5 Th Menikah, Awalnya Kepincut Gara-gara Salat Subuh

9 December 2023 - 23:49 WIB

10 Tanda Tubuh Kelebihan Gula yang Perlu Diwaspadai, Mudah Lapar dan Brain Fog

9 December 2023 - 19:42 WIB

Cerita Bunda Vanessa Bisnis Bekal Anak Sekolah, Omzet Capai Rp30 Juta per Bulan

9 December 2023 - 15:40 WIB

7 Potret Abbey Putri Artika Sari Devi yang Sudah Remaja, Mulai Ngeband Seperti Ayahnya

9 December 2023 - 11:37 WIB

Trending di Mom