Menu

Mode Gelap

Mom · 9 Oct 2023 20:02 WIB ·

5 Daun yang Bisa Mencerahkan Wajah dan Atasi Jerawat, Termasuk Sirih


 5 Daun yang Bisa Mencerahkan Wajah dan Atasi Jerawat, Termasuk Sirih Perbesar

Jakarta

Hampir semua orang ingin memiliki wajah mulus dan bercahaya, untuk mendapatkan manfaat ini Bunda bisa melakukannya secara alami. Faktanya, ada beberapa daun yang bisa digunakan untuk mencerahkan wajah dan mengatasi jerawat, lho.

Sebagian besar mungkin menggunakan tanaman sebagai pelengkap dekorasi rumah, tetapi tidak hanya itu saja manfaat tanaman yang bisa Bunda dapatkan. Manfaat lainnya adalah Bunda bisa menggunakan tanaman sebagai rutinitas perawatan kulit.

Perawatan kulit sudah menjadi salah satu bagian paling penting dalam rutinitas sehari-hari, bahan-bahan alami dan herbal tidak hanya memberikan hasil terbaik, tetapi juga ramah kantong.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT




Banner Atasi Panas di Rumah Tanpa AC

Ini terbukti sangat bermanfaat, terutama jika menderita masalah seperti jerawat, bekas luka, hiperpigmentasi, dan warna kulit yang tidak merata.

Berikut adalah beberapa daun yang bisa Bunda manfaatkan untuk membuat kulit wajah terlihat lebih cerah dan mulus:

1. Daun Salam

Manfaat daun salam lebih dari sekadar rasa aromatiknya. Daun salam yang harum berasal dari Mediterania dan kaya akan nutrisi. Umumnya digunakan sebagai bahan untuk memasak atau dikeluarkan dari makanan matang sebelum dimakan. Minyak esensialnya juga digunakan dalam memasak.

Selain sebagai penyedap masakan, daun salam juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit Bunda. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa daun ini memiliki sifat antioksidan, anti kanker, anti bakteri, dan anti-inflamasi.

Melansir dari laman Stylecraze, berdasarkan sebuah penelitian, daun salam dapat mengatasi ruam pada kulit. Daun ini juga dapat mencegah terjadinya kerutan dan menghilangkan stres pada kulit.

2. Daun Sirih

Aroma menyegarkan dan efek mendinginkan dari daun sirih sangat bagus untuk kulit dan itulah sebabnya daun sirih dapat membantu berbagai masalah kulit mulai dari jerawat, flek hitam, dan kulit kusam.

Daun sirih diketahui memiliki sifat anti inflamasi dan anti bakteri yang sangat baik untuk mengatasi gejala jerawat.

Bunda hanya perlu merendam beberapa daun sirih dalam air dan cuci muka dengan air rebusan itu. Selain itu, bisa juga diolah menjadi pasta dari daun sirih dan kunyit. Kemudian, oleskan pada wajah dan bilas setelah 5 menit. Lakukan hal ini dua kali sehari untuk mendapatkan hasil maksimal.

3. Daun Teh Hijau

Daun teh hijau sangat baik untuk menurunkan berat badan dan risiko diabetes, penyakit jantung, dan kolesterol jahat. Menempatkan sekantong teh hijau dingin di bawah mata juga bisa membantu menghilangkan lingkaran hitam atau mata panda.

Melansir dari laman Healthline, sifat antioksidan, anti-inflamasi, dan anti mikroba dalam teh hijau menjadikannya pengobatan yang efektif untuk jerawat dan kulit berminyak.

Berdasarkan riset, polifenol dalam teh hijau, bila dioleskan pada kulit, membantu mengurangi sekresi sebum yang dapat menyebabkan jerawat.

4. Daun Mint

Daun mint adalah komponen kunci dalam pembuatan produk perawatan kulit seperti sabun cuci muka, pelembap, dan losion. Daun ini sarat dengan nutrisi yang bermanfaat menjaga kesehatan kulit.

Sifat anti bakteri yang kuat pada daun mint berfungsi sebagai pembersih, toner, dan pelembap yang sangat baik.

Daun mint kaya akan asam salisilat dan vitamin A yang bisa mengontrol sekresi minyak sebum pada kulit. Orang dengan kulit berminyak lebih rentan terhadap timbulnya jerawat. Sifat anti bakteri dan anti jamur pada daun mint dapat mencegah peradangan dan juga menyembuhkan jerawat.

5. Daun Tulsi

Daun tulsi memiliki beberapa manfaat dan salah satunya dapat digunakan untuk menambah kecantikan wajah. Giling daun tulsi hingga menjadi pasta lalu campurkan dengan beberapa tetes air jeruk lemon dan oleskan pada wajah. Kemudian, simpan selama 15 menit sebelum dicuci.

Nah, itulah beberapa jenis daun yang bisa Bunda gunakan untuk mencerahkan wajah dan mengatasi jerawat. Semoga bermanfaat, ya, Bunda.

Bagi Bunda yang mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join komunitas HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

Saksikan juga video lima tanaman yang bisa menekan polusi udara di rumah yang ada di bawah ini, ya, Bunda.

(asa/fia)

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Kontributor

Baca Lainnya

5 Potret Kehidupan Rachel Amanda Kuliah S2 di Belanda & Mesra Bareng Suami

10 December 2023 - 07:59 WIB

Janin Sering Cegukan, Kenali Penyebab, Cara Mengatasi & Bedaya dengan Tendangan Bayi

10 December 2023 - 03:52 WIB

7 Potret Kimberly Ryder & Edward Akbar 5 Th Menikah, Awalnya Kepincut Gara-gara Salat Subuh

9 December 2023 - 23:49 WIB

10 Tanda Tubuh Kelebihan Gula yang Perlu Diwaspadai, Mudah Lapar dan Brain Fog

9 December 2023 - 19:42 WIB

Cerita Bunda Vanessa Bisnis Bekal Anak Sekolah, Omzet Capai Rp30 Juta per Bulan

9 December 2023 - 15:40 WIB

7 Potret Abbey Putri Artika Sari Devi yang Sudah Remaja, Mulai Ngeband Seperti Ayahnya

9 December 2023 - 11:37 WIB

Trending di Mom