Menu

Mode Gelap

Mom · 19 Nov 2023 07:47 WIB ·

4 Rekomendasi Susu Rendah Lemak untuk Ibu Hamil, Simak Manfaat dan Estimasi Harga


 4 Rekomendasi Susu Rendah Lemak untuk Ibu Hamil, Simak Manfaat dan Estimasi Harga Perbesar

Jakarta

Ibu hamil perlu mengonsumsi susu untuk memenuhi kebutuhan kalsium. Selain susu berlemak tinggi, ada juga pilihan susu rendah lemak. Berikut ini rekomendasi susu rendah lemak untuk ibu hamil beserta harganya.

Seorang calon ibu perlu mengonsumsi sekitar 2 hingga 3 porsi susu per harinya, kecuali ada pantangan atau batasan. Namun, susu apa yang terbaik untuk ibu hamil?

Penasihat nutrisi selebriti Dr. Shikha Sharma mengatakan bahwa susu dapat memenuhi kebutuhan nutrisi yang diperlukan ibu dan bayi.  Susu menyediakan kalsium, protein, dan vitamin D dalam jumlah yang sehat untuk memastikan kehamilan dan pertumbuhan janin yang sehat.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Tingginya konsumsi produk susu selama kehamilan dikaitkan dengan rendahnya risiko alergi susu sapi pada anak,” kata Sharma dilansir Momjunction.

Rekomendasi susu rendah lemak untuk ibu hamil

Sharma menyarankan ibu hamil untuk mengonsumsi sekitar tiga gelas susu, sebaiknya yang rendah lemak atau tanpa lemak, setiap harinya untuk mendapatkan manfaat darinya. Namun, pemilihan susu bergantung pada status gizi medis dan prenatal ibu.

Secara umum susu bermacam-macam jenisnya. Namun, umumnya ada dua jenis yakni susu full fat dan low fat atau skim. Ibu hamil yang memilih susu skim atau susu murni, penting untuk memilih susu yang dipasteurisasi. Susu mentah biasanya mengandung bakteri, yang bisa berbahaya bagi ibu hamil dan bayi yang belum lahir.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS merekomendasikan perempuan hamil untuk menghindari makanan yang terbuat dari susu yang tidak dipasteurisasi.

Berikut jenis susu yang bisa ibu hamil pilih:

1. Susu rendah lemak/kental ganda atau susu skim

Susu skim rendah lemak dan salah satu pilihan terbaik untuk membuat ibu hamil tetap bugar dan sehat selama kehamilan. Ini juga mengandung nutrisi penting yang membantu pertumbuhan dan struktur tulang bayi.

Satu gelas (250 ml) susu rendah lemak menyediakan 309 mg kalsium, yang penting bagi ibu dan juga janin yang sedang berkembang. Penelitian menyebutkan bahwa dua hingga tiga gelas susu rendah lemak (atau tiga porsi produk susu) adalah pilihan bijak selama kehamilan.

2. Susu murni atau susu krim penuh

Susu murni mengandung lemak dan nutrisi berlebih. Satu gelas susu murni menawarkan 150 kalori sedangkan susu skim hanya memiliki 83 kalori. Total lemak jenuhnya per 100 gram susu murni adalah 1,6 gram dan susu skim 0,056 gram.

Susu murni dapat menjadi bagian dari diet jika dokter merekomendasikannya. Namun ibu hamil perlu berhati-hatilah karena jumlah lemak yang tinggi selama kehamilan dapat menyebabkan penambahan berat badan berlebih.




Susu HamilSusu Hamil/ Foto: Getty Images/iStockphoto/PuiStocker65

Manfaat ibu hamil minum susu 

Susu menawarkan banyak manfaat kesehatan selama kehamilan, antara lain:

1. Diet kalsium untuk tulang

Seorang ibu hamil perlu menyediakan sekitar 50 hingga 330mg kalsium untuk mendukung perkembangan kerangka janin. Untuk memenuhi kebutuhan ini, ibu hamil berusia 19 tahun ke atas dianjurkan untuk mengonsumsi 1.000mg kalsium sehari. 

Sedangkan perempuan di bawah 19 tahun dianjurkan mengonsumsi 1.300mg kalsium sehari. Satu gelas (250ml) susu tanpa lemak menawarkan 309mg kalsium. Karena itulah, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi tiga hingga empat gelas susu untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian.

2. Protein untuk tumbuh kembang bayi

Asupan protein yang optimal selama kehamilan dapat membantu mendukung pertumbuhan bayi dan sel-selnya berkembang biak dengan cepat.. Protein mungkin dapat membantu memperkuat rahim, meningkatkan suplai darah, dan menyehatkan bayi.

Kebutuhan protein harian ibu hamil adalah 1,1g/kg berat badan/hari. Satu gelas susu menawarkan 8-9g protein Mengonsumsi tiga gelas susu rendah lemak dapat membantu ibu hamil memenuhi lebih dari sepertiga kebutuhan protein harian. 

Asupan protein yang tidak mencukupi dapat meningkatkan risiko berat badan lahir rendah pada bayi. 

3. Vitamin D mencegah rakhitis neonatal

Asupan vitamin D selama kehamilan bisa membantu mencegah rakhitis neonatal dan berat badan lahir rendah. Kebutuhan harian vitamin D adalah 400IU, dan satu porsi (8oz) susu dapat menghasilkan 115 hingga 124 IU. Mengonsumsi tiga porsi susu dapat membantu Anda memenuhi 59% kebutuhan vitamin ini.

4. Sifat antasida

Sakit maag dan masalah lambung lainnya sering terjadi selama kehamilan. Minum susu tanpa lemak atau rendah lemak sampai batas tertentu dapat meredakan gejala sakit maag.

5. Membuat tetap terhidrasi

Jika ibu hamil mengalami dehidrasi atau stres, minum segelas susu bisa membantu. Konsumsi susu membuat ibu hamil tetap terhidrasi dan mengganti kehilangan cairan dalam tubuh.

Rekomendasi susu rendah lemak

1. Frisomum Gold

Frisomum Gold dapat diminum sejak masa kehamilan hingga menyusui. Kandungan utama susu ini adalah zat besi, kalsium, ALA/LA, asam folat, serta beberapa vitamin penting untuk kesehatan Bunda dan perkembangan otak janin.

Susu ini juga mengandung prebiotik yang dapat menjaga kesehatan saluran cerna dan mengurangi konstipasi atau sembelit. Selain itu, susu Frisomum Gold juga rendah sukrosa.

Susu Frisomum Gold tersedia dalam rasa vanilla dan kemasan 400 gram. Harga susu hamil ini berkisar antara Rp79.500 sampai Rp140.000 untuk ukuran 400 gram.

2. Anmum Materna

Anmum Materna mengandung nuelipid (gangliosida), GA dan DHA untuk otak janin, serat pangan, serta kalsium dan zat besi. Selain itu, susu merek Anmum ini juga mengandung berbagai vitamin, seperti vitamin A, C, D3, E, dan beragam jenis vitamin B. Kandungan utama yang penting untuk ibu hamil lainnya adalah asam folat.

Susu ibu hamil ini dijual dengan harga sekitar Rp80.500 untuk ukuran 400 gram

3. Lactamil Pregnasis

Lactamil Pregnasis merupakan susu ibu hamil yang telah disempurnakan dengan formula ACTIDuobio+. Beberapa kandungan penting di susu ini adalah vitamin B6, vitamin D, zat besi, asam folat, omega 3, dan serat inulin.

Dalam satu saji susu ini mengandung 30 miligram (mg) DHA yang baik untuk perkembangan otak Si Kecil. Kandungan asam folat di susu ini juga diperlukan dalam pembentukan otak janin, Bunda.

Bunda bisa membelinya di berbagai toko swalayan dan e-commerce dengan kisaran harga Rp 80.800. untuk ukuran 400 gram. 

4. Similac Mum

Kandungan lemak SImilac Mum cenderung rendah, hanya sekitar 1 gram per 100 gram sajiannya. Susu ini diperkaya Eye-Q Nutrition System, Natural Vitamin E, dan Lutein yang dapat mencegah proses oksidasi kandungan DHA pada susu.

Produk ini bisa dibeli di berbagai e-commerce dengan kisaran harga mulai Rp 245.000 untuk ukuran kaleng 900 gram. 

Bagi Bunda yang mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join komunitas HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

(pri/pri)

Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Kontributor

Baca Lainnya

5 Potret Kehidupan Rachel Amanda Kuliah S2 di Belanda & Mesra Bareng Suami

10 December 2023 - 07:59 WIB

Janin Sering Cegukan, Kenali Penyebab, Cara Mengatasi & Bedaya dengan Tendangan Bayi

10 December 2023 - 03:52 WIB

7 Potret Kimberly Ryder & Edward Akbar 5 Th Menikah, Awalnya Kepincut Gara-gara Salat Subuh

9 December 2023 - 23:49 WIB

10 Tanda Tubuh Kelebihan Gula yang Perlu Diwaspadai, Mudah Lapar dan Brain Fog

9 December 2023 - 19:42 WIB

Cerita Bunda Vanessa Bisnis Bekal Anak Sekolah, Omzet Capai Rp30 Juta per Bulan

9 December 2023 - 15:40 WIB

7 Potret Abbey Putri Artika Sari Devi yang Sudah Remaja, Mulai Ngeband Seperti Ayahnya

9 December 2023 - 11:37 WIB

Trending di Mom