Menu

Mode Gelap

Mom · 18 Nov 2023 19:21 WIB ·

10 Cara Menghilangkan Bekas Luka Tahunan yang Hitam, Alami hingga Medis


 10 Cara Menghilangkan Bekas Luka Tahunan yang Hitam, Alami hingga Medis Perbesar

Bekas luka tahunan yang hitam bisa membuat Bunda tidak percaya diri, apalagi jika terletak di bagian tubuh yang terbuka. Jangan khawatir, Bunda. Ada kok cara menghilangkan bekas luka tahunan yang menghitam dengan bahan alami hingga prosedur medis.

Perlu diketahui, bekas luka tahunan menjadi hitam karena disebabkan oleh berbagai faktor. Melansir Vibrant Dermatology, faktor penyebab bekas luka menghitam salah satunya adalah paparan sinar matahari saat proses penyembuhan luka. Sinar UV dari matahari dapat membuat bekas luka apapun menghitam.

Selain itu, bekas luka menghitam juga bisa diakibatkan dari inflamasi, penanganan yang kurang maksimal, maupun faktor genetik. 


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT




Banner Diet Menu Kukus

Nah, kembali ke permasalahan awal, bekas luka menghitam bisa membuat seseorang tak percaya diri. Lantas bagaimana cara mengatasinya? Bagaimana cara menghilangkan bekas luka tahunan yang menghitam?

Cara menghilangkan bekas luka tahunan dengan metode alami

Ada banyak cara untuk menghilangkan bekas luka tahunan, baik secara alami maupun medis. Berikut 10 cara menghilangkan bekas luka tahunan yang menghitam, seperti dilansir dari Healthline.

1. Scrub kopi

Kopi memiliki kandungan antioksidan dan kafein yang dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru. Untuk menghilangkan bekas luka tahunan dengan kopi, Bunda dapat menggunakan sabun atau scrub kopi.

Cara menggunakan scrub kopi:

  • Campurkan 1 sendok makan bubuk kopi dengan 1 sendok makan minyak zaitun atau minyak kelapa.
  • Oleskan scrub kopi pada bekas luka dengan gerakan melingkar selama 2-3 menit.
  • Bilas bersih dengan air dan keringkan dengan handuk bersih.

2. Jeruk nipis

Jeruk nipis memiliki kandungan alpha hydroxy acids (AHA) yang dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan kulit. Untuk menghilangkan bekas luka tahunan dengan jeruk nipis, Bunda dapat mengoleskan air perasan jeruk nipis pada bekas luka selama 15 menit, lalu bilas bersih dengan air.

3. Madu

Madu mengandung antioksidan dan antibakteri yang dapat membantu memperbaiki kerusakan kulit dan mengurangi peradangan. Untuk menghilangkan bekas luka tahunan dengan madu, Bunda dapat mengoleskan madu pada bekas luka selama 30 menit, lalu bilas bersih dengan air.

4. Lidah buaya

Lidah buaya memiliki kandungan antiinflamasi dan antioksidan yang dapat membantu memperbaiki kerusakan kulit dan mengurangi peradangan.

Dalam sebuah ulasan tahun 2019 yang mengamati 23 percobaan, para peneliti menyimpulkan bahwa lidah buaya dapat meningkatkan penyembuhan luka dan dapat membantu mengatasi bekas luka bila digunakan bersamaan dengan metode lain.

Untuk menghilangkan bekas luka tahunan dengan lidah buaya, Bunda dapat mengoleskan gel lidah buaya pada bekas luka selama 30 menit, lalu bilas bersih dengan air.

5. Minyak kelapa

Minyak kelapa memiliki kandungan asam laurat yang dapat membantu menghilangkan bekas luka. Ulasan tahun 2018 mencatat bahwa minyak kelapa efektif dalam mempercepat penyembuhan luka dengan mendorong sintesis kolagen, mengurangi peradangan, memperbaiki penghalang kulit, dan memiliki efek antibakteri serta antioksidan.

Untuk menghilangkan bekas luka tahunan dengan minyak kelapa, Bunda dapat mengoleskan minyak kelapa pada bekas luka selama 30 menit, lalu bilas bersih dengan air.

6. Lavender dan minyak zaitun

Penelitian menunjukkan bahwa minyak esensial lavender dapat membantu penyembuhan luka. Sebuah studi pada tahun 2016 pada tikus menemukan bahwa luas permukaan luka yang diberi minyak lavender berkurang secara signifikan jika dibandingkan dengan kelompok lainnya.

Cara menggunakan lavender dan minyak zaitun:

  • Campurkan tiga tetes minyak esensial lavendel ke dalam tiga sendok makan extra-virgin olive oil.
  • Pijat campuran tersebut ke area bekas luka selama sekitar 5 menit.
  • Biarkan minyak di tempatnya selama sekitar 30 menit.
  • Bilas area tersebut dengan air hangat.
  • Ulangi proses ini minimal 3 kali sehari.

7. Lemon

Tidak ada bukti medis yang kuat bahwa lemon dapat menghilangkan bekas luka. Namun sebuah studi pada 2018 menemukan bahwa penggunaan minyak lemon secara topikal membantu mengurangi peradangan kulit dan kerusakan kulit.

Potong irisan dari lemon segar. Gosok perlahan bagian lemon yang berair pada bekas luka sambil memeras sarinya pada bekas luka.

Diamkan selama sekitar 10 menit sebelum membilas area tersebut dengan air dingin. Lakukan ini setiap hari pada waktu yang hampir bersamaan.




MS Glow LazadaMS Glow Lazada/ Foto: Lazada

Cara menghilangkan bekas luka yang menghitam dengan prosedur medis

1. Steroid

Suntikan kortikosteroid efektif untuk mengobati jenis bekas luka tertentu, seperti bekas luka tebal atau keloid. Obat ini disuntikkan langsung ke jaringan parut untuk membantu mengurangi rasa gatal, kemerahan, dan sensasi terbakar yang mungkin ditimbulkan oleh bekas luka tersebut. 

Bahan ini tidak digunakan pada bekas luka jenis lain karena dapat menyebabkan lekukan permanen jika disuntikkan langsung ke bekas luka datar. Suntikannya mengurangi pembengkakan dan meratakan bekas luka. Suntikan cenderung diberikan beberapa kali selama beberapa bulan. 

2. Microneedling

Microneedling dapat digunakan pada berbagai jenis bekas luka. Sesuai dengan namanya, perawatan ini menggunakan microneedles untuk menusuk kulit dan membuat microchannels. 

Hal ini membantu merangsang produksi kolagen yang merestrukturisasi kulit dan mengurangi munculnya bekas luka.

3. Chemical peeling

Chemical peeling adalah prosedur yang menggunakan bahan kimia untuk mengangkat sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel kulit. Larutan kimia akan melarutkan lapisan terluar kulit untuk membantu meningkatkan pergantian sel dan membuat kulit menjadi lebih halus dan tidak teratur. 

Hal ini dapat membantu menghilangkan bekas luka yang lebih dalam. Perawatan ini juga bekerja lebih baik pada orang dengan kulit lebih cerah.

Untuk memilih metode yang tepat untuk menghilangkan bekas luka tahunan Bunda, sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau dermatolog. Perlu diingat bahwa menghilangkan bekas luka tahunan membutuhkan waktu dan kesabaran. Bunda mungkin perlu melakukan perawatan beberapa kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Bagi Bunda yang mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join komunitas HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

(fia/fia)

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Kontributor

Baca Lainnya

5 Potret Kehidupan Rachel Amanda Kuliah S2 di Belanda & Mesra Bareng Suami

10 December 2023 - 07:59 WIB

Janin Sering Cegukan, Kenali Penyebab, Cara Mengatasi & Bedaya dengan Tendangan Bayi

10 December 2023 - 03:52 WIB

7 Potret Kimberly Ryder & Edward Akbar 5 Th Menikah, Awalnya Kepincut Gara-gara Salat Subuh

9 December 2023 - 23:49 WIB

10 Tanda Tubuh Kelebihan Gula yang Perlu Diwaspadai, Mudah Lapar dan Brain Fog

9 December 2023 - 19:42 WIB

Cerita Bunda Vanessa Bisnis Bekal Anak Sekolah, Omzet Capai Rp30 Juta per Bulan

9 December 2023 - 15:40 WIB

7 Potret Abbey Putri Artika Sari Devi yang Sudah Remaja, Mulai Ngeband Seperti Ayahnya

9 December 2023 - 11:37 WIB

Trending di Mom