Menu

Mode Gelap

Mom · 29 Oct 2023 04:33 WIB ·

10 Cara Menghilangkan Bau di Dalam Ruangan secara Alami, Bisa Pakai Cuka Bun!


 10 Cara Menghilangkan Bau di Dalam Ruangan secara Alami, Bisa Pakai Cuka Bun! Perbesar

Jakarta

Aroma yang tepat bisa seketika membuat ruangan terasa lebih segar dan bersih. Banyak cara alami untuk menghilangkan bau tidak sedap di dalam ruangan yang bisa Bunda lakukan dan mendapatkan kesegaran.

Meskipun ada banyak sekali produk pengharum ruangan yang bisa dibeli di toko, sebagian besar itu terbuat dari bahan-bahan berbahaya untuk kesehatan. Salah satu cara alternatif yang bisa Bunda lakukan adalah beralih ke bahan alami.

Alternatif DIY memberikan pendekatan sederhana untuk menghilangkan bau dan mengharumkan ruangan dengan cara alami. Bunda penasaran bagaimana caranya?


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT




Parenting Islami

10 Cara Menghilangkan Bau Tak Sedap di Dalam Ruangan

Dengan menggunakan beberapa bahan rumah tangga dan wewangian dari minyak esensial, Bunda bisa memberikan keharuman yang menyegarkan di dalam ruangan. Simak daftarnya berikut ini, ya.

1. Semprotan Ruangan dari Kemangi dan Lemon

Segarkan ruangan dengan aroma bersih lemon dan daun kemangi. Untuk membuat semprotan ini, Bunda bisa merebus 3/4 gelas air dalam panci dan tuangan ke dalam gelas takar cair. Tambahkan empat sendok makan kemangi kering dan diamkan selama beberapa menit.

Lapisi corong dengan penyaring kopi dan letakkan di bukaan botol semprot yang dapat digunakan kembali. Tuangkan campuran tersebut dengan hati-hati ke dalam botol melalui filter untuk menghilangkan herba, dan buang filternya. Gunakan semprotan itu untuk mengharumkan ruangan.

2. Minyak Atsiri

Minyak atsiri adalah pewangi alami yang bisa Bunda gunakan untuk mengharumkan ruangan. Selain untuk mengisi diffuser dengan aroma favorit untuk menyegarkan, ada tempat lain yang bisa mendapatkan manfaat dari minyak beraroma manis ini.

Bunda bisa menggunakannya untuk menghilangkan bau busuk di tempat sampah. Lapisi jepitan kayu dengan beberapa tetes minyak esensial, lalu tempelkan pada ventilasi udara untuk menghasilkan aroma yang lebih segar.

3. Menggunakan Soda Kue

Bunda bisa membuat semprotan pengharum ruangan dari soda kue dengan menggabungkan satu sendok makan soda kue dengan air dalam botol semprotan kecil.

Soda kue mungkin tidak berbau seperti parfum, tetapi ini akan menyerap bau tidak diinginkan dan menghilangkan sepenuhnya.

4. Meletakkan Ampas Kopi

Selain memberi semangat setiap pagi, kopi juga berfungsi sebagai pengharum ruangan alami buatan sendiri. Jika ruangan sangat bau, letakkan mangkuk berisi kopi yang baru digiling di sekitar ruangan.

Melansir dari laman the spruce, Aroma dari ampas kopi akan menghalangi bau tidak sedap di ruangan. Pastikan letakkan mangkuk tersebut secara strategis, seperti di atas ventilasi agar aromanya lebih cepat menyebar ke seluruh ruangan.

5. Cuka

Cuka adalah cairan yang tidak hanya mampu untuk menghilangkan bau tidak sedap, tetapi juga bisa menjaga udara sebersih mungkin.

Tempatkan cuka dalam cangkir atau mangkuk, diamkan selama beberapa jam di area yang terkontaminasi. Asam asetat akan mendisinfeksi udara dan menghilangkan bakteri sekaligus bau busuk yang menempel.

6. Memelihara Tanaman

Menyimpan bunga segar di setiap ruangan tertentu akan menambah aroma harum pada rumah. Pilihlah beberapa tanaman yang harum seperti bunga melati atau lavender. Bunda juga bisa meletakkan tanaman khusus di dapur seperti mint atau rosemary untuk menghilangkan bau.

7. Lilin Alami

Carilah varietas alami yang terbuat dari lilin kelapa atau lebah yang beraroma minyak esensial. Hal ini karena aroma tersebut dapat membantu menghilangkan  bau tidak sedap yang ada di rumah.

8. Buka Jendela

Ini adalah cara paling mudah untuk menghadirkan kesegaran, terutama jika memiliki sisa bau masakan. Membuka jendela membuat seluruh ruangan terasa lebih bersih dan membantu meningkatkan suasana hati di rumah.

9. Membakar Dupa

Membakar dupa merupakan cara yang efektif untuk menyebarkan aroma harum ke seluruh ruangan. Ini adalah pilihan ideal untuk ruangan yang memiliki bau tak sedap. Suasana pembakaran dupa juga bisa membuat terasa tenang dan nyaman.

10. Merebus Herba

Melansir dari laman times of India, gunakan trik kuno untuk membuat rumah terasa segar dan wangi dengan merebus sepanci bumbu, herba, dan buah dalam air. Ini adalah hal mudah yang bisa dilakukan.

Masukkan ke dalam panci berisi air, kulit apel, potongan lemon, kulit jeruk, batang kayu manis, cengkeh, adas manis, dan ramuan lainnya. Masak semua bahan ini dengan api kecil hingga aromanya tercium.

Setelah dingin, saring, dan simpan dalam botol semprot untuk digunakan di dapur dan ruangan lainnya.

Nah, itulah beberapa cara menghilangkan bau di dalam ruangan secara alami yang bisa Bunda lakukan. Semoga bermanfaat, ya, Bunda.

Bagi Bunda yang mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join komunitas HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

Saksikan juga video lima tips menghilangkan bau lembap di rumah yang ada di bawah ini, ya, Bunda.

(asa/fia)

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Kontributor

Baca Lainnya

5 Potret Kehidupan Rachel Amanda Kuliah S2 di Belanda & Mesra Bareng Suami

10 December 2023 - 07:59 WIB

Janin Sering Cegukan, Kenali Penyebab, Cara Mengatasi & Bedaya dengan Tendangan Bayi

10 December 2023 - 03:52 WIB

7 Potret Kimberly Ryder & Edward Akbar 5 Th Menikah, Awalnya Kepincut Gara-gara Salat Subuh

9 December 2023 - 23:49 WIB

10 Tanda Tubuh Kelebihan Gula yang Perlu Diwaspadai, Mudah Lapar dan Brain Fog

9 December 2023 - 19:42 WIB

Cerita Bunda Vanessa Bisnis Bekal Anak Sekolah, Omzet Capai Rp30 Juta per Bulan

9 December 2023 - 15:40 WIB

7 Potret Abbey Putri Artika Sari Devi yang Sudah Remaja, Mulai Ngeband Seperti Ayahnya

9 December 2023 - 11:37 WIB

Trending di Mom