Menu

Mode Gelap

Travel · 11 Oct 2023 01:04 WIB ·

Wisata Seru di Surabaya 2023: Temukan Tempat Wisata Paling Populer dan Instagramable


 Wisata Seru di Surabaya 2023: Temukan Tempat Wisata Paling Populer dan Instagramable Perbesar

Surabaya, kota pahlawan Indonesia, adalah destinasi wisata yang semakin populer setiap tahunnya. Pada tahun 2023, kota ini menawarkan sejumlah tempat wisata yang tidak hanya mengagumkan tetapi juga sempurna untuk berbagi momen indah di media sosial Anda. Dalam artikel ini, kami akan memandu Anda melalui tempat-tempat wisata paling populer dan Instagramable di Surabaya.

Taman Suroboyo Kenjeran

Sumber Gambar: company.agendakota.id

Taman Suroboyo Kenjeran adalah sebuah tempat wisata yang menarik di Surabaya yang menampilkan ikon Kota Surabaya yang khas, yakni patung Suro dan Boyo. Dalam Bahasa Indonesia, “Suro” berarti hiu, sedangkan “Boyo” merujuk pada buaya. Patung-patung ini menggambarkan Suro dan Boyo seolah-olah sedang dalam pertarungan yang mengagumkan, menciptakan latar belakang sejarah dan mitos yang unik bagi kota ini.

Selain patung Suro dan Boyo, taman ini juga terkenal karena lokasinya yang berdekatan dengan Pantai Kenjeran. Pantai ini menjadi tambahan daya tarik utama bagi pengunjung yang ingin menggabungkan keindahan alam pantai dengan pengalaman berwisata di taman yang penuh warna dan karakter. Mengunjungi Taman Suroboyo Kenjeran adalah cara yang sempurna untuk mengeksplorasi budaya dan keindahan alam Surabaya sambil menikmati momen berharga di tengah latar belakang ikonik Kota Surabaya.

AlamatJl. Pantai Kenjeran, Kedung Cowek, Kec. Bulak, Surabaya, Jawa Timur 60125

Taman Mozaik Wiyung

Sumber Gambar: wisata.app

Taman Mozaik Wiyung adalah destinasi wisata keluarga yang sempurna di Surabaya, menawarkan lingkungan yang aman dan sesuai untuk anak-anak. Taman ini memiliki area outdoor yang luas, ideal untuk bermain anak-anak, dan juga menjadi surganya pecinta fotografi dengan berbagai spot foto Instagramable yang menawan.

Salah satu daya tarik utama taman ini adalah bangunan rumah mozaik yang terdiri dari berbagai kaca berwarna-warni. Bangunan ini menciptakan pantulan cahaya yang memukau dan menakjubkan, menciptakan suasana yang indah dan unik untuk mengabadikan momen berharga.

Untuk pengalaman terbaik, direkomendasikan untuk mengunjungi Taman Mozaik Wiyung pada pagi atau sore hari. Di pagi hari, Anda dapat menikmati ketenangan dan keindahan taman sambil menangkap cahaya alami yang lembut. Di sore hari, taman ini memancarkan daya tarik ekstra saat matahari terbenam, menciptakan pemandangan yang memikat untuk berfoto.

AlamatMMPQ+2XW, Wiyung, Kec. Wiyung, Surabaya, Jawa Timur 60228

Wisata Air Kalimas

Sumber Gambar: surabaya.kompas.com

Wisata Kalimas adalah proyek pengembangan destinasi wisata yang sedang gencar digalakkan oleh Pemerintah Surabaya. Tujuan utama proyek ini adalah meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kalimas serta menginspirasi daerah sekitarnya untuk mengembangkan objek wisata serupa. Wisata perahu di Kalimas terinspirasi oleh destinasi serupa di kota-kota lain, seperti Venice.

Wisata perahu ini mengajak pengunjung untuk menjelajahi Kota Surabaya dari perspektif sungai. Keberhasilan Kalimas terletak pada kemampuannya menggabungkan sensasi perjalanan menelusuri kota dengan elemen kreatif dan inovatif, seperti lampion-lampion raksasa yang mempercantik suasana, terutama saat malam hari.

Wisata Kalimas juga memiliki nilai sejarah yang kuat, mengingat Surabaya adalah kota pahlawan Indonesia. Rute sungai yang dijelajahi memiliki peran penting dalam sejarah Indonesia, terutama selama masa pemerintahan VOC. Sungai Kalimas dahulu menjadi rute vital untuk perdagangan dan transportasi. Nama “Kalimas” sendiri mengacu pada “kali” (sungai) yang mengangkut berbagai barang berharga, termasuk emas, yang dimiliki VOC.

Alamat: Jl. Ketabang Kali Jl. Taman Prestasi No.6, Ketabang, Kec. Genteng, Surabaya, Jawa Timur 60272

Atlantis Land Surabaya

Sumber Gambar: surabaya.kompas.com

Atlantis Land Kenjeran Surabaya, berdiri sejak Desember 2017, telah berhasil menarik perhatian banyak pengunjung di Kota Surabaya. Dikenal sebagai taman air terbesar di kota ini, taman wisata air ini terletak di wilayah yang sama dengan Kenjeran Park, yang dikenal sebagai Ken Park.

Dengan luas sekitar 15 hektar dan desain asli oleh seorang arsitek Australia, Atlantis Land Kenjeran Surabaya mengusung tema “istana bawah laut.” Gerbang masuknya menampilkan dinding biru yang dihiasi dengan ornamen menyerupai ombak putih dan atap kuning kecokelatan yang menjulang tinggi seperti istana. Dekorasi di dalam taman menciptakan atmosfer kastel yang menakjubkan.

Taman ini menyediakan lebih dari 12 wahana, termasuk wahana darat seperti Dino Land, Misteri Atlantis, dan lainnya. Kolam renang meliputi area anak-anak dan dewasa, sementara wahana air meliputi Atlantis Waterland dan Boomerang Slide. Salah satu wahana menarik adalah Tornado Slide, menawarkan peluncuran tinggi dengan ban air berisi 4 orang.

Atlantis Land Kenjeran Surabaya juga mengundang pengunjung untuk mengalami “Misteri Atlantis” melalui perjalanan dengan kereta, menggambarkan konsep misteri kota hilang Atlantis dan makhluk astral dari budaya Indonesia. Berbagai wahana dan fitur menarik, termasuk patung Neptunus dan sejumlah permainan darat, membuat taman ini menjadi destinasi hiburan yang menarik di Surabaya. Pihak pengelola berencana untuk menyediakan sekitar 32 wahana, menjadikannya tempat yang menarik bagi pengunjung dari segala usia.

Alamat: Jl. Sukolilo No.100, Sukolilo Baru, Kec. Bulak, Surabaya, Jawa Timur 60122

De Javasche Bank

Sumber Gambar: appedalitbang.surabaya.go.id

De Javasche Bank, yang sekarang berfungsi sebagai museum, adalah sebuah bangunan bersejarah yang berlokasi di Surabaya. Museum ini menghadirkan tiga lantai yang menyajikan pengunjungnya dengan gambaran mendalam mengenai sejarah sistem perbankan di Indonesia. Di dalamnya, pengunjung dapat menjelajahi ruang koleksi yang terbagi menjadi tiga area penting.

Ruang pertama adalah “Ruangan Koleksi Mata Uang Lama,” yang menampilkan koleksi mata uang kuno yang sangat berharga dan menyajikan evolusi mata uang dari masa ke masa. Ini memberikan pandangan unik tentang perkembangan ekonomi Indonesia selama berabad-abad.

Selanjutnya, “Ruangan Koleksi dari Konservasi” menyediakan wawasan tentang upaya pelestarian benda-benda bersejarah. Museum ini menunjukkan dedikasinya dalam menjaga warisan budaya yang berharga.

“Ruangan Koleksi Harta Budaya” memberikan pandangan mendalam tentang budaya dan sejarah Surabaya melalui koleksi berbagai foto lama. Museum De Javasche Bank adalah tempat yang sempurna untuk memahami dan menghargai aspek-aspek bersejarah dan budaya penting dalam perkembangan Surabaya dan Indonesia secara keseluruhan.

AlamatJl. Garuda No.1, Krembangan Sel., Kec. Krembangan, Surabaya, Jawa Timur 60175

Patung Buddha Empat Wajah

Sumber Gambar: sewabussurabaya.com

Patung Buddha 4 wajah dengan 8 tangan di Surabaya, Jawa Timur, adalah salah satu landmark yang sangat terkenal dan ikonik di kota ini. Terletak di Pantai Ria Kenjeran, dekat dengan Klenteng Sanggar Agung, patung ini mengundang pengunjung untuk mengagumi keindahannya dan merasakan makna spiritual yang mendalam.

Patung Buddha ini memiliki empat wajah yang masing-masing melambangkan sifat kebaikan Sang Buddha, seperti murah hati, pengasih, adil, dan meditasi. Delapan tangan yang dipegangnya melambangkan kekuatan Buddha dan memegang berbagai benda simbolik, seperti tasbih, tongkat kebesaran, cakram, air suci, kitab suci, kerang, dan teratai. Setiap elemen dalam patung ini memiliki makna mendalam dalam ajaran Buddha.

Yang menarik adalah bahwa patung ini dirancang dengan unsur angka 9 dalam berbagai aspeknya, mencerminkan kesempurnaan. Selain patung itu sendiri, area sekitarnya ditumbuhi pepohonan yang rindang, menciptakan suasana yang tenang dan nyaman untuk pengunjung. Tempat ini adalah destinasi yang indah, menggabungkan keindahan seni, spiritualitas, dan alam dalam satu lokasi yang menakjubkan.

Alamat: Jl. Pantai Ria Kenjeran No.8, Sukolilo Baru, Kec. Bulak, Surabaya, Jawa Timur 60122

Pagoda Tian Ti

Sumber Gambar: global.unair.ac.id

Pagoda Tian Ti di Surabaya, yang dibangun sejak tahun 2010, telah menjadi daya tarik utama bagi para wisatawan. Bangunan ini, meskipun tidak digunakan sebagai tempat ibadah atau acara keagamaan, memiliki nilai artistik yang luar biasa. Namanya, Tian Ti, berarti “Langit Bumi” dalam Bahasa Indonesia atau “Sky World” dalam Bahasa Inggris. Pagoda ini mengambil inspirasi dari Temple of Heaven di Tiongkok dan memiliki tiga lantai dengan bentuk bundar, diameter 60 meter, dan tinggi 58 meter.

Meskipun terbuat dari baja, Pagoda Tian Ti mempertahankan detail artistik seperti ukiran, aksesoris, dan ornamen khas Tiongkok yang membuatnya tampak indah dan autentik. Sebagai objek wisata populer, pagoda ini sering digunakan sebagai latar belakang untuk foto-foto yang mengesankan, termasuk prewedding dan sesi fotografi lainnya. Area sekitarnya yang hijau dan luas dengan kuda-kuda yang berkeliaran bebas menambah daya tarik tempat ini sebagai destinasi fotografi yang unik dan instagramable. Setelah mengeksplorasi pagoda, pengunjung dapat menikmati kuliner khas Kenjeran, seperti Lontong Kupang, di sekitar kawasan Kenpark.

AlamatJalan Sukolilo No.100, Sukolilo Baru, Kec. Bulak, Surabaya, Jawa Timur 60122

Tingkatkan pengalaman liburan Anda di Surabaya tahun 2023 dengan mengunjungi tempat-tempat wisata ini. Jangan lupa untuk berbagi momen-momen indah Anda di media sosial dan gunakan hashtag yang sesuai untuk membuatnya lebih dikenal. Selamat berlibur!

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Kontributor

Baca Lainnya

Punceling Pass Ciwidey, Bumi Perkemahan Dengan Kolam Air Panas yang Menyegarkan

10 December 2023 - 05:55 WIB

Nirvana Valley Resort, Tempat Wisata Yang Lagi Hits Di Bogor

10 December 2023 - 03:44 WIB

Mangli Sky View Magelang – Mau Camping Bisa, Mau Glamping Juga Bisa!

9 December 2023 - 10:03 WIB

Yuk, Rasakan Berbagai Aktivitas Seru Di Pantai Rajagwesi, Dari Snorkeling Hingga Berkemah

9 December 2023 - 05:05 WIB

Menghabiskan Malam Di Pantai Wedi Ireng yang Indah Dan Asri

9 December 2023 - 01:01 WIB

Green Gumuk Candi – Lokasi Untuk Berkemah Yang Indah, Unik Dan Mempesona

8 December 2023 - 14:14 WIB

Trending di Travel