Menu

Mode Gelap

Travel · 19 Nov 2023 06:22 WIB ·

Wisata Akhir Tahun Tak Terlupakan di Wakatobi: 7 Destinasi Menakjubkan yang Harus Dikunjungi


 Wisata Akhir Tahun Tak Terlupakan di Wakatobi: 7 Destinasi Menakjubkan yang Harus Dikunjungi Perbesar

Liburan akhir tahun menjadi waktu yang tepat untuk menjelajahi keindahan alam yang masih alami dan memukau. Wakatobi, sebuah surga tersembunyi di Indonesia Timur, menawarkan sejumlah destinasi wisata yang tak kalah menarik. Berikut adalah beberapa destinasi yang pastinya akan memberikan pengalaman tak terlupakan bagi pengunjung:

Pulau Kapota

Sumber Gambar: tripadvisor.co.id

Pulau Kapota adalah surga untuk pencinta alam dan penggemar atraksi wisata lumba-lumba. Terletak hanya 15 menit perjalanan kapal dari Pulau Wangi-Wangi, Pulau Kapota menawarkan pengalaman mengagumkan dalam bentuk dolphin watching. Setibanya di sana, pengunjung disambut oleh pemandangan menakjubkan: kawanan lumba-lumba berenang bebas di lautan lepas. Antara pukul 6 hingga 7.30 pagi setempat adalah waktu yang ideal untuk menikmati pengalaman ini, di mana lumba-lumba secara aktif bermain dan melompat di atas ombak. Kecerdasan alami mereka dan keanggunan gerakan memberikan pertunjukan alam yang memukau bagi para pengunjung yang bersaksi akan keindahan serta keajaiban alam yang dihadirkan.

Saat melintasi lautan dari Pulau Wangi-Wangi, perjalanan singkat ini juga memanjakan pengunjung dengan panorama alam laut yang menakjubkan. Air jernih yang memantulkan cahaya matahari dan keindahan pulau-pulau sekitarnya memperkaya pengalaman wisatawan. Pulau Kapota tidak hanya memberikan kesempatan untuk menyaksikan keelokan lumba-lumba yang menawan, tetapi juga menjadi ruang untuk menghargai keindahan lautan yang luas dan kekayaan alam yang tiada tara.

Alamat: South Wangi-Wangi, Wakatobi Regency, South East Sulawesi

Puncak Khayangan

Sumber Gambar: telisik.id

Pulau Tomia, sebuah destinasi yang terkenal dengan spot divingnya yang menarik, juga menawarkan pengalaman tak terlupakan di Puncak Khayangan. Terletak di bagian timur pulau, Puncak Khayangan menampilkan keindahan alam yang memukau dengan hamparan bukit hijau yang memandang langsung ke samudera luas. Tidak hanya menjadi tempat favorit bagi para pencinta alam, tetapi juga menjadi spot yang sangat diminati bagi para pengunjung yang mencari pengalaman foto Instagramable yang luar biasa. Ketenangan dan kecantikan alam di Puncak Khayangan menciptakan latar belakang yang sempurna untuk momen-momen berharga serta pengabadian dalam bentuk foto yang menakjubkan.

Satu lagi daya tarik yang tak terlupakan adalah pemandangan matahari terbenam di Puncak Khayangan. Saat matahari beranjak menuju ufuk, langit diwarnai oleh perpaduan warna yang memukau, menciptakan adegan dramatis yang memukau hati setiap pengunjung. Pengalaman menyaksikan sunset di Puncak Khayangan bukan hanya tentang visualnya saja, tetapi juga tentang momen tenang dan keindahan alam yang memberi kesempatan bagi siapa pun untuk merenung, bersantai, dan mengabadikan keajaiban alam ini dalam ingatan mereka.

Danau Sombano

Sumber Gambar: sulsel.suara.com

Danau Sombano, sebuah perairan yang menampilkan keindahan alam yang memukau, menyuguhkan pengalaman yang luar biasa dengan airnya yang jernih dan keberagaman hayati yang melimpah di sekelilingnya. Terletak di Desa Sombano, Kecamatan Kaledupa, danau ini menjadi rumah bagi sejumlah besar flora dan fauna yang menciptakan lingkungan alami yang mengagumkan. Salah satu fitur yang menarik dari Danau Sombano adalah keberadaan udang merah darah yang hidup di dalamnya. Pengunjung dapat menikmati berbagai aktivitas yang menarik di danau ini, salah satunya adalah naik kano. Saat meluncur di atas permukaan air yang tenang, Anda dapat menikmati keindahan dasar danau yang ditinggali oleh udang merah tersebut.

Kehadiran udang merah darah memberikan pengalaman yang unik bagi para pengunjung. Melihat keberadaan mereka di dasar danau sambil menikmati perjalanan naik kano menghadirkan momen yang mengesankan. Danau Sombano bukan hanya tempat untuk menikmati keindahan alamnya, tetapi juga sebagai ruang untuk belajar lebih dalam tentang keanekaragaman hayati di bawah permukaan air yang tenang. Dengan air yang jernih dan keunikan ekosistemnya, Danau Sombano menjadi daya tarik yang menarik bagi pecinta alam dan para petualang yang ingin menyaksikan keindahan alam bawah permukaan.

Alamat: Kecamatan Kaledupa, Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara, Indonesia.

Pantai Cemara

Sumber Gambar: nilahkoran.id

Pantai Cemara, dengan pesonanya yang memikat, adalah destinasi yang sempurna untuk mengakhiri hari sambil menikmati keindahan panorama matahari terbenam yang spektakuler. Terletak dengan posisi yang menghadap langsung ke Laut Banda, pantai ini menawarkan pengalaman tak terlupakan saat matahari merunduk ke horizon.

Momen matahari terbenam di Pantai Cemara menciptakan pemandangan yang memukau dan menawan hati setiap pengunjung. Sinar matahari yang memancar dengan kehangatan dan warna-warni langit yang tercipta memberikan latar belakang yang luar biasa indah. Suara deburan ombak yang lembut serta pasir pantai yang hangat menambahkan kesan romantis pada momen tersebut. Banyak pengunjung yang datang ke pantai ini untuk merasakan ketenangan dan keindahan alam yang tiada tara sambil menyaksikan keajaiban matahari terbenam. Tak heran jika Pantai Cemara menjadi tujuan favorit bagi wisatawan dan pecinta alam yang ingin menikmati kecantikan alam sambil merayakan keindahan yang tersimpan dalam setiap senja yang mengagumkan.

Alamat: Jl. Raya Waha, Sombu, Kec. Wangi-Wangi, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara 93791

Pulau Binongko

Sumber : avia.travel

Pulau Binongko, suatu surga tersembunyi yang menawarkan pesona alam yang belum tersentuh, memukau dengan keindahan yang masih alami. Pantai berpasir putihnya yang memikat dan air lautnya yang jernih memperlihatkan keelokan alam yang mempesona. Terletak di Kepulauan Wakatobi, pulau ini menawarkan pengalaman eksplorasi yang luar biasa di bawah permukaan lautnya yang kaya akan kehidupan.

Wisatawan dapat mengeksplorasi kekayaan bawah laut Pulau Binongko melalui aktivitas snorkeling atau diving. Kedua kegiatan tersebut mengungkapkan keindahan yang memukau dari terumbu karang yang masih utuh dan beragamnya spesies laut yang hidup di sana. Dengan air yang begitu jernih, para pengunjung bisa menyaksikan kehidupan laut yang luar biasa seperti ikan-ikan berwarna-warni, terumbu karang yang cantik, dan keindahan ekosistem laut lainnya. Pengalaman snorkeling atau diving di Pulau Binongko tidak hanya memberikan kenangan tak terlupakan, tetapi juga menghadirkan pemahaman yang lebih dalam tentang pentingnya menjaga kelestarian alam dan keindahan bawah laut yang masih alami dan indah.

Alamat:  Kabupaten Wakatobi, provinsi Sulawesi Tenggara,

Pemandian Alam Hendaopa

Sumber Gambar: idntimes.com

Pemandian Alam Hendaopa, yang terletak di Pulau Hoga, adalah destinasi yang memukau bagi mereka yang mencari pengalaman menyegarkan mandi air tawar di tengah-tengah keindahan alam yang sejuk dan asli. Pulau Hoga, yang terletak di Kepulauan Wakatobi, menawarkan tempat pemandian yang menggoda dengan air tawar yang jernih dan segar.

Di Pemandian Alam Hendaopa, pengunjung dapat merasakan sensasi yang unik, mandi dalam aliran air tawar yang terjaga keasriannya. Sambil menikmati suasana tenang dan indah di sekitarnya, pengalaman ini memungkinkan para wisatawan untuk bersantai dan menyegarkan tubuh mereka setelah menjelajahi pesona alam Pulau Hoga. Keindahan alami yang terjaga dan udara yang segar menjadi daya tarik tersendiri bagi siapa pun yang mengunjungi Pemandian Alam Hendaopa. Dari keindahan alamnya hingga kesegaran yang ditawarkan, tempat ini menjadi destinasi yang cocok untuk melepaskan penat dan menikmati momen kedamaian di tengah-tengah keelokan alam yang masih alami.

Goa Air Kontamale

Sumber Gambar: direktoripariwisata.id

Goa Air Kontamale di Pulau Wangi-Wangi, Kepulauan Wakatobi, menjadi salah satu destinasi wisata pemandian umum yang menakjubkan. Terletak di dalam goa kapur, kolam pemandian alam ini dikelilingi oleh stalaktit cantik yang menambah pesona tempat ini. Airnya yang jernih berwarna kebiruan memperlihatkan keindahan bawah laut Wakatobi. Pengunjung dapat dengan mudah melihat dasar kolam tanpa perlu alat bantu karena kejernihan airnya yang luar biasa. Namun, perlu diingat bahwa meskipun terlihat dangkal, kedalaman kolam dapat bervariasi, mulai dari 1 hingga 3 meter, sehingga pengunjung disarankan untuk memeriksa kedalaman sebelum berenang.

Selain keindahan alam yang menakjubkan, suasana dalam Goa Kontamale juga menyediakan kenyamanan bagi pengunjung yang ingin berenang atau berendam. Airnya yang dingin, tawar, dan sedikit payau menambah kesegaran pengalaman berenang di sana. Suasana sekitarnya yang indah dengan hiasan stalaktit pada langit-langit goa menjadikan tempat ini cocok sebagai destinasi rekreasi keluarga. Mitos yang dipercaya oleh penduduk sekitar tentang kemampuan mata air ini untuk “mempermudah jodoh” juga menambah daya tarik tersendiri bagi para pengunjung yang datang. Dengan lokasinya yang mudah diakses dari jalan raya serta keindahan alam yang luar biasa, Pemandian Kontamale di Pulau Wangi-Wangi menjadi salah satu spot pemandian umum yang paling populer dan menarik untuk dikunjungi di Wakatobi.

AlamatMGJM+QW2, Jl. Poros Wandoka Lingk. Teekosapi, Pongo, Kec. Wangi-Wangi, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara 93791

Dengan keberagaman destinasi yang menakjubkan seperti ini, Wakatobi merupakan tempat yang sempurna untuk mengakhiri tahun dengan pengalaman liburan yang tak terlupakan.

Artikel ini telah dibaca 8 kali

badge-check

Kontributor

Baca Lainnya

Punceling Pass Ciwidey, Bumi Perkemahan Dengan Kolam Air Panas yang Menyegarkan

10 December 2023 - 05:55 WIB

Nirvana Valley Resort, Tempat Wisata Yang Lagi Hits Di Bogor

10 December 2023 - 03:44 WIB

Mangli Sky View Magelang – Mau Camping Bisa, Mau Glamping Juga Bisa!

9 December 2023 - 10:03 WIB

Yuk, Rasakan Berbagai Aktivitas Seru Di Pantai Rajagwesi, Dari Snorkeling Hingga Berkemah

9 December 2023 - 05:05 WIB

Menghabiskan Malam Di Pantai Wedi Ireng yang Indah Dan Asri

9 December 2023 - 01:01 WIB

Green Gumuk Candi – Lokasi Untuk Berkemah Yang Indah, Unik Dan Mempesona

8 December 2023 - 14:14 WIB

Trending di Travel