Menu

Mode Gelap

Travel · 7 Nov 2023 10:05 WIB ·

Tips Buat Kalian Yang Ingin Berkemah Menggunakan Hammock


 Tips Buat Kalian Yang Ingin Berkemah Menggunakan Hammock Perbesar

Semakin hari semakin banyak jenis berkemah yang dapat kalian lakukan untuk mengisi waktu luang kalian. Salah satu yang lagi populer adalah berkemah hanya dengan menggunakan Hammock saja. Banyak dari kalian yang mungkin tidak asing dengan Hammock yang mana kalian gunakan untuk rebahan.

Hammocking sendiri memang aktivitas yang sangat menyenangkan dan begitu banyak orang yang suka dengan aktivitas yang satu ini. Tapi, saat ini Hammock tidak hanya dapat kalian gunakan untuk rebahan saja akan tetapi untuk berkemah juga bisa. Nah, buat kalian yang mungkin baru pertama kali melakukan Hammock Camping ini.

Akan kami bantu kalian dengan memberikan kalian beberapa tips yang dapat kalian gunakan untuk melakukan aktivitas ini dengan nyaman. Kalian penasaran? Kalau begitu, mari ikuti dan simak ulasan kami di bawah ini hingga tuntas.

Gunakan Hammock Khusus untuk Berkemah

Sumber Gambar: The Strategist

Saat kalian ingin berkemah menggunakan Hammock maka Hammock yang kalian gunakan haruslah Hammock khusus yang memang digunakan untuk berkemah. Bukannya Hammock yang biasa kalian gunakan untuk rebahan biasa.

Selain itu bahan yang digunakan memiliki bobot yang ringan sehingga kalian dapat membawanya dengan lebih mudah. Nah, selain menggunakan Hammock khusus berkemah kalian juga harus memperhatikan limit bobot dari Hammock yang kalian gunakan. Kalian tentunya tidak mau jika Hammock yang kalian gunakan tidak mampu menopang bobot badan kalian bukan?

Gunakan Jaring Serangga Selama Berkemah

Sumber Gambar: ENO

Berbeda dengan berkemah menggunakan tenda, Hammock lebih terbuka sehingga akan ada banyak serangga yang akan “mengunjungi” kalian. Untuk mencegah hal tersebut dan kalian dapat beristirahat dengan nyaman kalian dapat menggunakan jaring serangga. Yang sesuai dengan namanya berfungsi untuk mencegah serangga mengganggu kalian.

Saat ini sudah ada Hammock khusus berkemah yang sudah dilengkapi dengan jaring serangga sehingga kalian tidak perlu repot lagi. Atau jika kalian terlanjur memiliki sebuah Hammock berkemah tapi tidak memiliki jaring serangga maka kalian dapat membelinya secara terpisah.

Dengan menggunakan jaring serangga ini kalian dapat menghabiskan waktu berkemah kalian dengan lebih nyaman tanpa ada gangguan serangga.

Gunakanlah Terpal Hammock Sebagai Atap

Sumber Gambar: New Atlas

Nah, kalian tentu jika Hammock berbeda dengan tenda karena tidak memiliki atap layaknya tenda. Untuk mengakalinya, kalian dapat menggunakan terpal Hammock yang dapat kalian jadikan sebagai atap. Dengan begitu, kalian akan tetap kering dan dapat berkemah dengan jauh lebih nyaman.

Kalian bisa menggunakan terpal Hammock khusus yang memang dirancang untuk digunakan kalian berkemah. Akan tetapi jika tidak menggunakan terpal berkemah biasa juga dapat kalian jadikan alternatif yang baik.

Gunakan Drip Lines

Sumber Gambar: Reddit

Karena kalian menggunakan tali untuk mengikat Hammock kalian ke pohon maka peluang air untuk mengalir melalui tali – tali tersebut sangat besar, apalagi saat hujan. Yang mana akan mengganggu waktu tidur atau waktu istirahat kalian karena dapat mengalir ke tempat kalian tidur. Oleh sebab itu kalian dapat menggunakan yang namanya Drip Line, yang merupakan potongan kabel yang diikat pada tali Hammock.

Buat Drip Line pada masing – masing tali Hammock sehingga air tidak akan mengalir ke area tempat kalian tidur nantinya. Sehingga kalian dapat menghabiskan malam kalian dengan tenang dan nyaman.

Pilihlah Pohon yang Besar, Sehat Dan Kuat

Sumber Gambar: Freepik

Satu hal yang cukup penting saat kalian berkemah menggunakan Hammock adalah mencari pohon yang besar, sehat dan juga kuat. Carilah pohon yang ukurannya setidaknya berdiameter 15 sentimeter sehingga cukup kuat untuk kalian gunakan. Selain itu, jangan gunakan pohon kering atau pohon mati untuk mengikat Hammock kalian karena sudah pasti tidak kuat.

Untuk mengecek kekuatan dari sebuah pohon kalian dapat mengikat Hammock dan kemudian mulai menggoyangkan Hammock tersebut. Jika ketika kalian menggoyang Hammock dan pohon tidak bergoyang maka gunakanlah pohon tersebut. Karena sudah jelas jika pohon itu cukup kuat untuk menahan tubuh kalian.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kalian gunakan untuk menghabiskan waktu liburan kalian dengan berkemah menggunakan Hammock. Aktivitas berkemah ini memang cukup unik dan memberikan kalian sensasi berkemah yang tentu saja berbeda ketika kalian berkemah konvensional.

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Kontributor

Baca Lainnya

Punceling Pass Ciwidey, Bumi Perkemahan Dengan Kolam Air Panas yang Menyegarkan

10 December 2023 - 05:55 WIB

Nirvana Valley Resort, Tempat Wisata Yang Lagi Hits Di Bogor

10 December 2023 - 03:44 WIB

Mangli Sky View Magelang – Mau Camping Bisa, Mau Glamping Juga Bisa!

9 December 2023 - 10:03 WIB

Yuk, Rasakan Berbagai Aktivitas Seru Di Pantai Rajagwesi, Dari Snorkeling Hingga Berkemah

9 December 2023 - 05:05 WIB

Menghabiskan Malam Di Pantai Wedi Ireng yang Indah Dan Asri

9 December 2023 - 01:01 WIB

Green Gumuk Candi – Lokasi Untuk Berkemah Yang Indah, Unik Dan Mempesona

8 December 2023 - 14:14 WIB

Trending di Travel