Menu

Mode Gelap

Travel · 18 Nov 2023 16:26 WIB ·

Tips Agar Berkemah Di Halaman Belakang Rumah Semakin Menyenangkan


 Tips Agar Berkemah Di Halaman Belakang Rumah Semakin Menyenangkan Perbesar

Berkemah bersama keluarga di saat senggang tidak hanya menyenangkan tapi juga dapat membuat hubungan menjadi lebih erat. Akan tetapi memilih tempat berkemah sendiri cukup tricky, apalagi ketika kalian masih memiliki anak berusia muda. Ditambah lagi kalian harus mencari waktu yang pas agar kalian dapat berkemah dengan nyaman bersama keluarga.

Oleh sebab itu, tidak sedikit yang kemudian memutuskan untuk mengenalkan aktivitas berkemah kepada anak – anak dengan mendirikan tenda di halaman rumah. Ada banyak hal memang yang perlu kalian siapkan jika ingin mengajak anak – anak berkemah. Dan berkemah di halaman rumah dapat menjadi salah satu alternatif menarik untuk kalian lakukan.

Dengan berkemah di halaman belakang rumah, kalian tidak perlu khawatir akan medan yang sulit akan anak – anak akan merasa tidak nyaman saat sedang berkemah. Tapi tentu saja, karena lokasinya yang bukan camping ground sebenarnya ada beberapa hal yang perlu kalian siapkan terlebih dahulu. Nah, di bawah ini kami akan memberikan kalian informasi mengenai hal – hal apa saja yang harus kalian siapkan agar berkemah di halaman belakang rumah semakin menyenangkan.

Penasaran? Kalau begitu, mari ikuti dan simak ulasan kami di bawah ini hingga tuntas.

Sediakan Tenda Dengan Ukuran yang Sesuai

Pic. mybest

Yang namanya berkemah tidak bisa lepas dari yang namanya tenda, karena memang menjadi tempat untuk kalian gunakan tidur. Nah, agar kalian dapat berkemah dengan nyaman dan merasakan pengalaman berkemah sesungguhnya. Maka kalian harus menyediakan tenda dengan ukuran yang sesuai dengan yang kalian butuhkan.

Tenda yang kalian gunakan tidak boleh terlalu besar tapi juga tidak boleh terlalu kecil. Jika terlalu besar maka pengalaman berkemah akan terasa tidak otentik. Karena saat berkemah tentunya tenda yang kalian bawa tidak bisa terlalu besar. Sedangkan jika terlalu kecil akan membuat kalian tidak nyaman nantinya.

Berikan Tugas Pada Masing – Masing Anggota

Pic. sekolahalamjogja.com

Hal berikutnya adalah dengan memberikan tugas pada masing – masing anggota sehingga mereka akan merasa terlibat. Misalnya saja ada yang membangun tenda, ada juga yang membawa berbagai persediaan makanan dan juga bersih – bersih. Dengan begitu kalian akan mendapatkan pengalaman berkemah yang lebih menyenangkan.

Gunakan Lampu Tenda

Pic. blibli.com

Setelah tenda berhasil kalian bangun, ada baiknya jika kalian matikan lampu halaman dan membiarkan pencahayaan berasal dari bulan. Kemudian untuk penerangan, kalian bisa menggunakan lampu tenda yang akan membuat kalian dapat beraktivitas dengan nyaman. Lampu tenda digunakan untuk memberikan kesan “nyata” karena pada umumnya tempat berkemah memang belum dilengkapi dengan penerangan.

Kecuali camping ground yang sudah dikelola dengan baik dan sudah dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap dan memadai.

Buat Api Unggun

Pic. villabango.com

Salah satu aktivitas berkemah yang paling menyenangkan tentu saja api unggun dan juga barbeque. Nah, agar aktivitas berkemah di belakang rumah maka membuat api unggun bersama dengan keluarga. Dengan adanya api unggun kalian dapat melakukan banyak aktivitas menarik bersama dengan keluarga.

Kalian bisa bercerita hal – hal menarik, bersenda gurau atau bernyanyi bersama dengan keluarga tercinta. Jika kalian memiliki anak dengan usia yang cukup, maka kalian dapat menceritakan cerita seram agar suasana berkemah lebih terasa. Tidak lupa, siapkan cemilan dan juga minuman nikmat untuk membuat waktu berkemah menjadi lebih seru dan menyenangkan.

Jauhkan Diri Dari Gadget

Pic. Cermati.com

Yang terakhir adalah dengan menjauhkan diri dari gadget, sehingga kalian dapat fokus dengan aktivitas berkemah bersama. Akan jauh lebih baik jika waktu luang tersebut digunakan untuk bercerita, ngobrol atau melakukan aktivitas menyenangkan lainnya. Kalian dapat menyiapkan beberapa permainan menyenangkan untuk dilakukan bersama dengan keluarga.

Tidak perlu permainan yang ribet, cukup permainan sederhana tapi menyenangkan misalnya saja dengan bermain tebak – tebakan atau juga permainan kartu UNO. Dan agar semakin seru, kalian dapat menambahkan hukuman – hukuman kocak jika ada pihak yang kalah.

Tidak bisa dipungkiri jika berkemah tidak hanya menyenangkan tapi juga memberikan dampak yang sangat baik bagi keluarga, terutama anak – anak. Oleh sebab itu tidak ada salahnya jika kita mengenalkan aktivitas berkemah kepada anak – anak sejak usia dini. Nah, itulah beberapa tips yang bisa kalian gunakan untuk membuat aktivitas berkemah di halaman belakang rumah semakin menyenangkan.

Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Kontributor

Baca Lainnya

Punceling Pass Ciwidey, Bumi Perkemahan Dengan Kolam Air Panas yang Menyegarkan

10 December 2023 - 05:55 WIB

Nirvana Valley Resort, Tempat Wisata Yang Lagi Hits Di Bogor

10 December 2023 - 03:44 WIB

Mangli Sky View Magelang – Mau Camping Bisa, Mau Glamping Juga Bisa!

9 December 2023 - 10:03 WIB

Yuk, Rasakan Berbagai Aktivitas Seru Di Pantai Rajagwesi, Dari Snorkeling Hingga Berkemah

9 December 2023 - 05:05 WIB

Menghabiskan Malam Di Pantai Wedi Ireng yang Indah Dan Asri

9 December 2023 - 01:01 WIB

Green Gumuk Candi – Lokasi Untuk Berkemah Yang Indah, Unik Dan Mempesona

8 December 2023 - 14:14 WIB

Trending di Travel