Menu

Mode Gelap

Travel · 27 Oct 2023 14:44 WIB ·

Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda, Wisata Alam Indah Dengan Balutan Edukasi Sejarah


 Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda, Wisata Alam Indah Dengan Balutan Edukasi Sejarah Perbesar

Memang tidak ada habisnya jika kita membahas keindahan Kota Bandung, ada banyak sekali tempat wisata dengan pesona dan daya tariknya masing – masing. Mulai dari wisata kuliner hingga wisata alam yang memiliki kisah sejarah dibaliknya. Salah satunya adalah Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda yang indah sekaligus bersejarah.

Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda ini memiliki keindahan yang akan membuat kalian sangat terkesan karena lokasinya yang berada di ketinggian sekitar 770 hingga 1.330 meter di atas permukaan laut. Di sini, kalian tidak hanya akan mendapatkan ketenangan yang sulit kalian temukan di perkotaan tapi juga udara sejuk yang begitu menyegarkan.

Tidak hanya indah, Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda juga memiliki beberapa spot dan fasilitas yang akan memberikan kalian edukasi sejarah. Disini ada Goa Belanda berumur ratusan tahun, Goa Jepang hingga sebuah Museum yang dapat kalian kunjungi. Kalau begitu, seberapa seru sih menghabiskan waktu liburan kalian di Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda?

Buat kalian yang penasaran, mari ikuti dan simak ulasan kami di bawah ini hingga tuntas.

Fasilitas Di Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda

Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda dilengkapi dengan banyak fasilitas, yang memang ditujukan agar para pengunjung dapat menghabiskan waktu liburan dengan nyaman. Akses jalan sudah sangat baik dan kalian dapat memarkir kendaraan yang kalian bawa di tempat yang tersedia. Bahkan, kalian tidak perlu khawatir akan ketinggalan waktu ibadah soalnya sudah ada Mushola yang dapat kalian gunakan.

Berbagai fasilitas untuk bersantai sudah dapat kalian temukan dengan mudah, seperti gazebo atau saung hingga bangku – bangku taman. Pengelola juga sudah menyediakan warung – warung yang menawarkan makanan serta minuman dengan harga yang terjangkau. Jadi, buat kalian yang lelah namun tidak membawa bekal tidak perlu khawatir.

Disini juga ada beberapa fasilitas yang dapat kalian gunakan untuk bersenang – senang misalnya saja Museum, Wahana Outbound hingga spot – spot foto dan spot bersejarah. Pihak pengelola bahkan sudah menyediakan berbagai jenis fasilitas untuk bermalam seperti guest house, sebuah wisma hingga area camping untuk berkemah. Untuk bersih – bersih, sudah ada toilet dan kamar mandi yang dapat kalian gunakan dengan nyaman.

Aktivitas Menarik dan Menyenangkan Di Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda

Waktu liburan kalian di Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda dijamin akan sangat menyenangkan. Pasalnya ada cukup banyak aktivitas menarik dan menyenangkan yang dapat kalian lakukan untuk mengisi waktu luang kalian. Yang mana beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

Mengunjungi Goa Belanda dan Juga Goa Jepang

Sumber Gambar: Google Maps@ iwey markiwey

Jika kalian memutuskan untuk menghabiskan waktu liburan kalian di Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda, maka ada dua Goa yang tidak boleh kalian lewatkan. Kedua Goa ini digunakan oleh dua masa penjajahan Belanda dan juga Jepang. Yang mana masing – masing bernama Goa Belanda dan juga Goa Jepang.

Kedua Goa ini merupakan Goa yang digunakan sebagai markas dan juga tempat untuk menahan para tahanan perang. Goa Belanda sudah berusia lebih dari 100 tahun dengan beberapa ruangan di dalamnya yang berfungsi sebagai ruang tahanan dan juga logistik. Tidak jauh dari Goa Belanda, sekitar 300 meter kalian juga akan menemukan Goa Jepang yang berfungsi sebagai markas yang digunakan pada masa penjajahan.

Mengunjungi Penangkaran Rusa

Sumber Gambar: Google Maps@ Benito Rama

Salah satu pengalaman yang tidak boleh dilewatkan ketika mengunjungi Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda adalah penangkaran rusa yang menakjubkan. Penangkaran ini merupakan tempat perlindungan dan pemeliharaan bagi spesies rusa langka, yang terancam oleh perburuan liar dan hilangnya habitat alaminya. Mengunjungi penangkaran rusa ini memberikan kesempatan unik untuk melihat rusa – rusa yang menggemaskan dan mempelajari upaya konservasi yang dilakukan untuk melestarikan mereka.

Setelah memasuki penangkaran, pengunjung akan disambut oleh pemandangan yang menakjubkan. Rusa – rusa tersebut dapat dilihat berlarian bebas di dalam kawasan yang luas, dengan latar belakang hutan yang hijau dan indah.

Berkemah Di Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda

Sumber Gambar: Google Maps@ Wong Tani Batu

Di Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda, tersedia area perkemahan yang nyaman dan aman. Kalian dapat memilih tempat untuk memasang tenda mereka sendiri di area yang ditentukan. Jika kalian mencari pengalaman berkemah yang tak terlupakan, Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda adalah tempat yang sempurna.

Dengan lingkungan alaminya yang indah dan fasilitas yang memadai, taman ini memang ideal untuk kalian gunakan berkemah.

Lokasi dan Alamat

Untuk alamatnya sendiri, kalian dapat menemukan Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda di Kompleks Tahura Ir.H. Djuanda No.99, Dago Pakar, Ciburial, Cimenyan, Bandung, Provinsi Jawa Barat.

Artikel ini telah dibaca 8 kali

badge-check

Kontributor

Baca Lainnya

Punceling Pass Ciwidey, Bumi Perkemahan Dengan Kolam Air Panas yang Menyegarkan

10 December 2023 - 05:55 WIB

Nirvana Valley Resort, Tempat Wisata Yang Lagi Hits Di Bogor

10 December 2023 - 03:44 WIB

Mangli Sky View Magelang – Mau Camping Bisa, Mau Glamping Juga Bisa!

9 December 2023 - 10:03 WIB

Yuk, Rasakan Berbagai Aktivitas Seru Di Pantai Rajagwesi, Dari Snorkeling Hingga Berkemah

9 December 2023 - 05:05 WIB

Menghabiskan Malam Di Pantai Wedi Ireng yang Indah Dan Asri

9 December 2023 - 01:01 WIB

Green Gumuk Candi – Lokasi Untuk Berkemah Yang Indah, Unik Dan Mempesona

8 December 2023 - 14:14 WIB

Trending di Travel