Menu

Mode Gelap

Travel · 17 Nov 2023 14:41 WIB ·

Pulau Bawean, Pantai Kecil Dengan Daya Tarik Dan Pesona Yang Menawan


 Pulau Bawean, Pantai Kecil Dengan Daya Tarik Dan Pesona Yang Menawan Perbesar

Pulau Bawean adalah sebuah pulau kecil yang mungkin masih asing di telinga banyak orang, akan tetapi keindahannya tidak kalah dengan Pulau Bali dan juga Pulau Lombok. Walaupun ukurannya tidak terlalu besar, Pulau Bawean memiliki daya tarik dan juga pesona yang akan membuat para pengunjung untuk betah berlama – lama. Pantai berpasir putih serta laut dengan warna biru, danau di tengah pulau hingga Rusa Bawean yang langka.

Nama Bawean ini sendiri berasal dari Bahasa Sansekerta yang berarti “adanya sinar matahari”. Menurut cerita jika Pulau Bawean diberi nama oleh seorang pelaut dari Kerajaan Majapahit yang terjebak badai Laut Jawa dan selamat berkat terdampar di pulau ini saat matahari terbit. Pulau ini tidak hanya indah, akan tetapi juga memiliki beragam fasilitas yang sangat memadai sehingga waktu liburan kalian akan tetap menyenangkan dan nyaman.

Kalian penasaran dengan apa saja daya tarik dan juga pesona dari Pulau Bawean? Tenang, di bawah ini sudah kami rangkum informasi menarik mengenai apa saja daya tarik dan juga pesona yang dimiliki oleh Pulau Bawean. Mau tahu apa sajakah itu?

Kalau begitu, mari ikuti dan simak ulasan kami di bawah ini hingga tuntas.

Fasilitas Di Pulau Bawean

Pulau Bawean memang kecil, tapi soal fasilitas kalian tidak perlu khawatir karena sudah sangat lengkap untuk mengakomodasi waktu liburan kalian. Pulau Bawean sudah memiliki pelabuhan dan bahkan bandara sendiri sehingga cukup mudah untuk kalian akses. Jalan – jalan yang ada di Pulau Bawean juga terawat dengan cukup baik.

Kalian juga dapat menunaikan ibadah dengan nyaman, dengan menggunakan Mushola yang ada di Pulau Bawean. Kalian juga akan menemukan cukup banyak fasilitas yang dapat kalian gunakan untuk bersantai atau beristirahat. Di Pulau Bawean, kalian dapat mengunjungi pantai, danau, air terjun hingga hutan mangrove yang indah.

Dengan pilihan sebanyak itu rasanya kalian tidak akan merasa bosan selama berada di Pulau Bawean. Buat kalian yang ingin snorkeling dan diving juga tidak perlu khawatir, karena sudah ada fasilitas yang disediakan untuk mengakomodasi aktivitas tersebut. Untuk bermalam, kalian dapat menggunakan penginapan atau memutuskan untuk berkemah di area yang sudah disediakan.

Berbagai fasilitas untuk bersih – bersih seperti toilet dan kamar mandi juga dapat kalian temukan dengan mudah di Pulau Bawean.

Aktivitas Menarik dan Menyenangkan Di Pulau Bawean

Tidak perlu takut akan bosan saat sedang berlibur di Pulau Bawean, ada banyak aktivitas menarik yang dapat kalian lakukan. Yang mana dapat kalian gunakan untuk mengisi waktu luang kalian selama berada di Pulau Bawean. Dan beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

Menghabiskan Waktu Di Pantai

Pic. Google @ Najwa Al Yufri

Pulau Bawean memiliki sebuah pantai dengan hamparan pasir putih yang indah dan juga laut dengan warna biru yang mempesona. Ombak dari Pulau Bawean relatif kecil sehingga cocok untuk kalian gunakan untuk melakukan aktivitas renang. Bahkan karena airnya yang jernih, membuat Pulau Bawean menjadi spot snorkeling yang cukup digemari.

Kalian tidak perlu khawatir karena sudah ada tempat penyewaan peralatan snorkeling yang dapat kalian gunakan, jadi kalian tidak perlu menyediakannya sendiri. Apalagi Pulau Bawean memang memiliki pemandangan bawah laut yang tidak kalah indahnya dengan permukaan laut.

Berelaksasi Di Danau

Pic. Google @ Ikne MR Vedanta

Tidak hanya pantai, Pulau Bawean juga memiliki sebuah danau yang berada tepat di tengah – tengah Pulau Bawean. Danau ini bernama Danau Kastoba yang berada di atas bukit sehingga pemandangannya tidak perlu kalian ragukan lagi. Apalagi udaranya cukup sejuk sehingga cocok untuk kalian gunakan berelaksasi.

Kalian juga dapat menceburkan diri kalian di danaunya, akan tetapi tentu saja kalian harus mendaki terlebih dahulu untuk mencapai ke lokasi danau.

Berkemah Di Pulau Bawean

Pic. Google @ Elisa Alief

Buat kalian yang masih betah, kalian dapat bermalam di Pulau Bawean di penginapan atau juga di area berkemah yang sudah disediakan. Jika kalian ingin menikmati malam di alam terbuka maka berkemah tentu adalah pilihan yang tepat. Berkemah sendiri merupakan aktivitas yang menyenangkan dan akan semakin menyenangkan jika dilakukan di tempat seindah Pulau Bawean ini.

Lokasi dan Alamat Pulau Bawean

Untuk alamatnya sendiri, Pulau Bawean berada di pesisir utara Gresik yang jaraknya sekitar 120 kilometer. Jika kalian memulai perjalanan dari Kota Surabaya maka jaraknya lebih jauh, yang mana sekitar 150 kilometer.

Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Kontributor

Baca Lainnya

Punceling Pass Ciwidey, Bumi Perkemahan Dengan Kolam Air Panas yang Menyegarkan

10 December 2023 - 05:55 WIB

Nirvana Valley Resort, Tempat Wisata Yang Lagi Hits Di Bogor

10 December 2023 - 03:44 WIB

Mangli Sky View Magelang – Mau Camping Bisa, Mau Glamping Juga Bisa!

9 December 2023 - 10:03 WIB

Yuk, Rasakan Berbagai Aktivitas Seru Di Pantai Rajagwesi, Dari Snorkeling Hingga Berkemah

9 December 2023 - 05:05 WIB

Menghabiskan Malam Di Pantai Wedi Ireng yang Indah Dan Asri

9 December 2023 - 01:01 WIB

Green Gumuk Candi – Lokasi Untuk Berkemah Yang Indah, Unik Dan Mempesona

8 December 2023 - 14:14 WIB

Trending di Travel