Menu

Mode Gelap

Travel · 2 Nov 2023 10:03 WIB ·

Pesona Savana Terindah Bukit Hiliwuku di NTT


 Pesona Savana Terindah Bukit Hiliwuku di NTT Perbesar

Indonesia dengan kekayaan alamnya, tak henti-hentinya memberikan kejutan. Salah satu keajaiban alam yang memukau berada di Pulau Sumba. Di samping pantai-pantai indah yang terkenal, Sumba juga menawarkan destinasi alam yang tak kalah menakjubkan. Bahkan, sebuah majalah di Jerman pernah menyebut Pulau Sumba sebagai salah satu pulau terindah di dunia.

Pulau Sumba, dengan luas lebih dari 10 ribu kilometer persegi, dipenuhi dengan keindahan alam yang tampaknya menjadi anugerah dari Sang Pencipta, siap dinikmati oleh umat manusia. Pesona alam ini tak dapat dilewatkan oleh siapa pun yang merindukan petualangan di alam terbuka.

Di wilayah Sumba Timur, pemandangan bukit bukanlah hal yang asing. Sumba dikenal sebagai “Negeri Seribu Bukit” karena di sekitarnya terdapat perbukitan yang indah. Beberapa di antaranya adalah Bukit Wairinding, Bukit Mauhau, dan Bukit Tenau. Namun, salah satu bukit yang paling indah dan sering direkomendasikan oleh para wisatawan adalah Bukit Hiliwuku.

Kegiatan Menarik

Bukit Hiliwuku_2b
Sumber Gambar: IDN Times

Bukit Hiliwuku adalah tempat wisata yang masih relatif sepi, memberikan pengunjung kesempatan untuk menikmati keindahan alam dengan kedamaian. Selanjutnya, mari kita menjelajahi lebih dalam tentang Bukit Hiliwuku.

Lokasi Bukit Hiliwuku

Bukit Hiliwuku terletak di Desa Persiapa Hawurut, Kecamatan Matawai La Pawu, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT). Untuk mencapai Bukit Hiliwuku, Anda dapat melakukan perjalanan darat sekitar 40 menit dari Bandara Umbu Mehang Kunda.

Jaraknya kira-kira 35 kilometer ke arah timur dari pusat Kota Waingapu, yang juga merupakan ibu kota Kabupaten Sumba Timur.

Bukit Hiliwuku juga dikenal dengan sebutan Bukit Teletabis. Dari puncak bukit ini, Anda akan disuguhi pemandangan savana yang membentang sepanjang gugusan bukit yang indah. Bukit ini memiliki berbagai ukuran, dan dari puncaknya, pemandangan bukit ini terlihat seperti ombak yang indah.

Bukit Hiliwuku bukan hanya dikelilingi oleh savana hijau yang indah, tetapi juga merupakan tempat bagi berbagai jenis binatang liar yang sedang mencari makan. Sebagian hewan ternak dijaga oleh seorang anak gembala setempat. Dari puncak bukit ini, Anda dapat berpose dengan latar belakang savana yang menawan.

Waktu yang Tepat untuk Mengunjungi Bukit Hiliwuku

Sumber Gambar: floresku.com

Bagi mereka yang ingin melihat Bukit Hiliwuku dalam keadaan berbeda, ada dua waktu yang ideal. Jika Anda ingin mengunjungi bukit ini saat rerumputan hijau melimpah, bulan Januari hingga Juni adalah waktu yang tepat. Ini merupakan musim penghujan di Sumba, sehingga rumput tumbuh subur dan menciptakan lanskap hijau yang menawan.

Sebaliknya, jika Anda ingin melihat bukit ini saat rumput mengering dan berubah menjadi coklat, bulan September hingga Oktober adalah waktu yang tepat. Pada periode ini, Sumba memasuki musim kemarau, dan rumput di Bukit Hiliwuku mulai mengering.

Kedua periode tersebut memiliki daya tariknya masing-masing, dan keduanya memungkinkan pengunjung untuk berfoto dengan latar belakang yang luar biasa.

Kunjungan Malam Hari

Sumber Gambar: travelingyuk.com

Bukit Hiliwuku memiliki dua lokasi yang berbeda, yaitu Hiliwuku 1 dan Hiliwuku 2. Meskipun berjarak hanya sekitar 500 meter, keduanya memiliki pesona sendiri. Selain kunjungan siang hari, pengunjung juga dapat mengunjungi bukit ini pada malam hari.

Pemandangan malam di Bukit Hiliwuku semakin mempesona karena langitnya dihiasi oleh bintang-bintang. Jika beruntung, Anda bahkan bisa melihat keindahan Galaksi Bima Sakti.

Bintang-bintang ini dapat terlihat karena langit Sumba masih bebas dari polusi cahaya, sehingga gugusan bintang terlihat jelas dari atas Bukit Hiliwuku.

Harga Tiket Masuk

Bukit Hiliwuku_3c
Sumber Gambar: Trip Sumba

Hingga saat ini, Anda dapat mengunjungi Bukit Hiliwuku tanpa dipungut biaya masuk. Ini adalah salah satu daya tarik tambahan dari tempat ini, yang membuatnya menjadi pilihan wisata yang menarik dan terjangkau.

Bukit Hiliwuku adalah salah satu destinasi alam tersembunyi yang patut dijelajahi di Indonesia. Dengan savana yang menghampar, tempat ini adalah surganya para pencinta alam dan fotografi.

Jadi, jika Anda berada di Nusa Tenggara Timur, jangan lupa menyertakan Bukit Hiliwuku dalam daftar destinasi Anda. Anda akan menemukan diri Anda terpesona oleh keindahan alam yang luar biasa yang hanya dapat Anda temui di sini.

Bagaimana? Sudah tidak sabar ingin menikmati nuansa alam beserta keindahannya yang ada di spot wisata yang satu ini?

Artikel ini telah dibaca 8 kali

badge-check

Kontributor

Baca Lainnya

Punceling Pass Ciwidey, Bumi Perkemahan Dengan Kolam Air Panas yang Menyegarkan

10 December 2023 - 05:55 WIB

Nirvana Valley Resort, Tempat Wisata Yang Lagi Hits Di Bogor

10 December 2023 - 03:44 WIB

Mangli Sky View Magelang – Mau Camping Bisa, Mau Glamping Juga Bisa!

9 December 2023 - 10:03 WIB

Yuk, Rasakan Berbagai Aktivitas Seru Di Pantai Rajagwesi, Dari Snorkeling Hingga Berkemah

9 December 2023 - 05:05 WIB

Menghabiskan Malam Di Pantai Wedi Ireng yang Indah Dan Asri

9 December 2023 - 01:01 WIB

Green Gumuk Candi – Lokasi Untuk Berkemah Yang Indah, Unik Dan Mempesona

8 December 2023 - 14:14 WIB

Trending di Travel