Menu

Mode Gelap

Travel · 10 Oct 2023 08:23 WIB ·

Pesona Bintan: 5 Destinasi Wisata yang Wajib Dikunjungi


 Pesona Bintan: 5 Destinasi Wisata yang Wajib Dikunjungi Perbesar

Bintan, sebuah pulau cantik di Indonesia, menawarkan lebih dari sekedar pantai pasir putih. Destinasi ini menyimpan beragam keindahan alam dan keunikan budaya yang patut dieksplorasi. Jika Anda merencanakan liburan di Bintan, pastikan untuk tidak melewatkan tujuh destinasi wisata berikut:

Pantai Trikora: Keindahan Pasir Putih yang Memukau

Sumber Gambar: tiket.com

Pantai Trikora adalah sebuah destinasi pantai yang menakjubkan di Pulau Bintan, Indonesia, yang terletak di sisi timur pulau ini. Pantai ini terkenal dengan garis pantai yang sangat panjang, membentang sekitar 21 kilometer, dan dibagi menjadi empat bagian yang dikenal sebagai Trikora 1, 2, 3, dan 4. Salah satu ciri khas utama pantai ini adalah pasir putih berbulir halus yang memanjang sepanjang pantai, menciptakan pemandangan yang memukau.

Selain pasir putihnya yang indah, Pantai Trikora juga dihiasi oleh hamparan bebatuan dengan berbagai bentuk yang menambah pesona alamnya. Nama “Trikora” memiliki berbagai asal-usul. Beberapa masyarakat setempat mengatakan bahwa nama ini berasal dari kata “three corral” yang diberikan oleh wisatawan asing yang pernah mengunjungi pantai ini. Namun, versi lain mengaitkannya dengan Tri Komando Rakyat, yang terkait dengan peristiwa sejarah saat pemerintahan Presiden Soekarno.

Pada masa itu, Pantai Trikora juga memiliki peran penting sebagai basis pertahanan wilayah terluar Indonesia, terutama selama periode ketegangan dengan Malaysia yang dikenal dengan isu “Ganyang Malaysia”. Oleh karena itu, pantai ini juga memiliki nilai sejarah yang penting.

Alamat: trikora, Kawal, Kec. Gn. Kijang, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau 29151

Gurun Pasir Bintan: Keindahan Padang Pasir di Tepi Pantai

Sumber Gambar: bintantourism.com

Gurun Pasir Bintan adalah salah satu destinasi wisata yang menarik di Pulau Bintan, Indonesia. Yang membuat gurun pasir ini begitu istimewa adalah adanya kolam dengan air berwarna biru yang terletak di tengah-tengahnya. Ini menjadi daya tarik utama bagi wisatawan, baik yang berasal dari dalam negeri maupun mancanegara.

Banyak wisatawan, terutama dari negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia, sering mengunjungi Gurun Pasir Bintan ini. Akses ke tempat ini juga sangat mudah, terutama jika Anda tiba di Bandara RHF Tanjungpinang atau Pelabuhan Sri Bintan Pura. Anda dapat menggunakan taksi dengan tarif yang terjangkau untuk mencapai lokasi gurun pasir ini.

Ketika tiba di sana, pengelola wisata telah menyediakan berbagai fasilitas untuk kenyamanan pengunjung. Salah satu kegiatan yang bisa dinikmati adalah off-road trail dengan menggunakan ATV. Anda dapat menyewa ATV selama 30 menit dengan harga Rp 300 ribu, sementara wisatawan lokal mendapatkan harga khusus sebesar Rp 150 ribu.

AlamatJl. Raya Busung, Busung, Kec. Seri Kuala Lobam, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau 29152

Pantai Pengudang: Keindahan Tersembunyi di Bintan

Sumber Gambar: indonesia.travel

Pantai Pengudang adalah sebuah surga tersembunyi di Pulau Bintan, Indonesia, yang menawarkan keindahan alam yang luar biasa. Pantai ini tidak hanya memiliki pasir putih yang memikat, tetapi juga memiliki ciri khas lain yang membuatnya begitu menarik.

Yang membuat Pantai Pengudang begitu istimewa adalah perbukitan yang mengelilingi pantai ini, menciptakan lanskap yang dramatis dan menambah pesonanya. Pemandangan perbukitan memberikan latar belakang yang indah untuk matahari terbenam yang memukau di pantai ini. Selain itu, hamparan bebatuan unik dan padang ilalang yang menyerupai savana juga menjadi daya tarik tersendiri.

Meskipun pantai ini terletak cukup dekat dengan ibukota Kabupaten Bintan, akses menuju Pantai Pengudang cukup terjal dan berliku, sehingga masih relatif kurang dikenal oleh banyak orang. Namun, bagi mereka yang berhasil menemukan dan mengunjungi tempat ini, mereka akan dihadiahi dengan ketenangan dan keindahan alam yang masih alami.

Di ujung Pantai Pengudang, terdapat bongkah-bongkah batuan besar yang menambah pesona pantai ini. Saat air laut pasang, batuan-batuan ini setengah terendam oleh air, tetapi saat air surut, pengunjung dapat berjalan menuju batuan-batuan ini dan menikmati pemandangan yang menakjubkan.

Selain keindahan alamnya, Pantai Pengudang juga merupakan habitat bagi berbagai hewan laut. Anda dapat menemui gonggong, ketam, ubur-ubur, serta umang-umang di perairan yang jernih di sekitar pantai ini.

Alamat: 5F9X+FPP, Pengudang, Kec. Tlk. Sebong, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau

Kampung Wisata Panglong: Mengenal Kehidupan Desa Tradisional

Sumber Gambar: travelingyuk.com

Kampung Wisata Panglong adalah sebuah tempat unik yang memungkinkan wisatawan untuk merasakan kehidupan desa tradisional di Pulau Bintan, Indonesia. Meskipun pulau ini dikenal dengan pantai eksotis dan resor mewahnya, Kampung Panglong memberikan pengalaman yang berbeda, yaitu mendekati kehidupan masyarakat nelayan dan Suku Laut yang bermukim di sana.

Kampung Panglong, yang mayoritas penduduknya adalah nelayan, mempertahankan beberapa aspek tradisional yang menarik. Salah satunya adalah dapur arang yang berbentuk kubah yang dulunya digunakan untuk membuat arang. Kampung ini dulu merupakan pusat produksi arang terbesar di Pulau Bintan pada abad ke-20. Meskipun produksi arang telah berhenti, beberapa bangunan dapur arang masih ada dan menjadi saksi bisu sejarah.

Selain itu, Suku Laut, yang dahulu menjalani kehidupan sebagai penakluk lautan, sekarang menetap di Kampung Panglong. Mereka memiliki tradisi unik yang mencakup rumah terapung, sampan sebagai tempat tinggal dan alat penangkap ikan, serta keahlian dalam meramal cuaca dan bertahan di laut yang ganas. Sejarah Suku Laut juga menunjukkan peran penting mereka dalam menjaga keamanan laut pada masa Kesultanan Riau.

Di kampung ini, terdapat masjid dan gereja yang menunjukkan toleransi agama, dan ini mencerminkan kerukunan antarumat beragama yang ada di sana. Kampung Wisata Panglong memungkinkan wisatawan untuk mengenal kehidupan desa tradisional, belajar tentang budaya Suku Laut, dan mengapresiasi sejarah serta keberagaman budaya yang ada di Pulau Bintan. Ini adalah destinasi yang menarik bagi mereka yang ingin merasakan pengalaman wisata yang berbeda dan mendalami budaya lokal.

Alamat: 6G3X+GW, Berakit, Kec. Tlk. Sebong, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau

Air Terjun Gunung Bintan: Petualangan Alam yang Menakjubkan

Sumber Gambar: beautyofindonesia.com

Air Terjun Gunung Bintan adalah sebuah destinasi alam yang memukau di Pulau Bintan, Indonesia, yang menawarkan pengalaman petualangan yang menakjubkan. Air terjun ini dikenal karena keindahan airnya yang sangat jernih dan menyegarkan, serta lokasi yang tenang dan alami.

Air Terjun Gunung Bintan sering menjadi tempat singgah bagi para pendaki sebelum memulai pendakian ke Gunung Bintan yang terkenal. Lokasinya yang damai dan segar menjadikannya tempat yang sempurna untuk merilekskan diri. Banyak wisatawan yang menyukai pengalaman duduk di bawah air terjun ini, merasakan semilir air yang jatuh dan menyentuh kulit dengan lembut.

Untuk mengakses Air Terjun Gunung Bintan, pengunjung perlu membayar biaya masuk sebesar Rp 10 ribu per orang. Anak-anak biasanya masuk gratis, dan penduduk setempat juga mendapatkan fasilitas khusus dengan menunjukkan KTP. Namun, perlu diingat bahwa untuk mencapai air terjun ini, pengunjung harus melewati anak tangga yang jumlahnya cukup banyak dengan ketinggian sekitar 300 meter dari area parkir kendaraan.

Tempat wisata ini dilengkapi dengan fasilitas seperti jalan setapak, lahan parkir, dan tempat peristirahatan. Pengunjung juga dapat menemukan warung-warung yang menjual makanan dan minuman di sekitar area ini.

Akses menuju Air Terjun Gunung Bintan relatif mudah, baik dengan transportasi umum maupun kendaraan pribadi. Dengan jarak sekitar 60 kilometer dari Kota Tanjung Pinang, perjalanan ke kawasan Gunung Bintan memakan waktu sekitar satu jam.

Alamat: 3F82+GHH, Tlk., Bintan Buyu, Kec. Tlk. Bintan, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau 29133

Jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi keindahan alam dan kebudayaan Bintan. Dari pantai yang mempesona hingga destinasi budaya yang menakjubkan, pulau ini memiliki segalanya untuk memenuhi kebutuhan liburan Anda.

Selamat menjelajahi Bintan!

Artikel ini telah dibaca 15 kali

badge-check

Kontributor

Baca Lainnya

Punceling Pass Ciwidey, Bumi Perkemahan Dengan Kolam Air Panas yang Menyegarkan

10 December 2023 - 05:55 WIB

Nirvana Valley Resort, Tempat Wisata Yang Lagi Hits Di Bogor

10 December 2023 - 03:44 WIB

Mangli Sky View Magelang – Mau Camping Bisa, Mau Glamping Juga Bisa!

9 December 2023 - 10:03 WIB

Yuk, Rasakan Berbagai Aktivitas Seru Di Pantai Rajagwesi, Dari Snorkeling Hingga Berkemah

9 December 2023 - 05:05 WIB

Menghabiskan Malam Di Pantai Wedi Ireng yang Indah Dan Asri

9 December 2023 - 01:01 WIB

Green Gumuk Candi – Lokasi Untuk Berkemah Yang Indah, Unik Dan Mempesona

8 December 2023 - 14:14 WIB

Trending di Travel