Menu

Mode Gelap

Travel · 19 Oct 2023 01:10 WIB ·

Naik Unta di Indonesia: Cara Unik Menikmati Wisata Alam yang Spektakuler


 Naik Unta di Indonesia: Cara Unik Menikmati Wisata Alam yang Spektakuler Perbesar

Indonesia adalah surga bagi para pecinta alam dan penggemar petualangan. Di antara banyak cara unik untuk menjelajahi keindahan alamnya, naik unta adalah pengalaman yang tak terlupakan. Dengan kemampuan mereka untuk menembus medan yang sulit, unta adalah teman setia untuk memperluas jangkauan petualangan Anda. Di artikel ini, kami akan membawa Anda ke empat tempat menarik di Indonesia di mana Anda dapat menikmati naik unta yang tak tertandingi.

Destinasi Naik Unta di Indonesia:

1. Pantai Sawangan – Nusa Dua

Sumber Gambar: travel.kompas.com

Pantai Sawangan, terletak di pulau Dewata Bali, adalah sebuah surga alami yang menawarkan lebih dari sekadar pasir putih dan air laut yang indah. Dikelola oleh Bali Camel Safari, kawasan ini juga menyediakan pengalaman rekreasi unta yang tak terlupakan. Wisatawan yang berkunjung dapat mengamati lebih dekat binatang langka dari gurun pasir, bahkan merasakan sensasi menungganginya, yang akan melengkapi liburan mereka.

Perjalanan dari Bandara Ngurah Rai ke Pantai Sawangan memakan waktu sekitar 45 menit dengan kendaraan. Akses menuju lokasi mudah ditemukan, dengan jalan beraspal yang mengarahkan pengunjung menuju tempat parkir. Dari tempat ini, Anda dapat menyaksikan pemandangan laut biru yang memukau, dengan pasir putih yang menyejukkan. Setelah memarkir kendaraan, perjalanan dilanjutkan dengan menuruni anak tangga menuju bibir pantai Sawangan.

Sampai di tepi pantai, panorama laut biru dengan air yang tenang membentang di hadapan mata. Perahu-perahu nelayan berderet rapi di pantai, menambah keindahan pemandangan. Pasir putih yang lembut dan bersih menciptakan tempat yang nyaman untuk duduk dan bersantai. Kebersihan pantai ini selalu dijaga dengan baik oleh karyawan hotel. Di sisi pantai, tersedia pohon perindang dan sebuah wantilan pura sebagai tempat berteduh bagi pengunjung.

Sumber Gambar: wisata-bali.com

Pantai Sawangan adalah destinasi ideal bagi mereka yang ingin menjauh dari hiruk-pikuk kota. Di sini, Anda bisa menikmati aktivitas seperti bersantai, berenang, memancing, atau berjalan-jalan di sepanjang tepi pantai. Tidak hanya itu, Anda juga dapat mengikuti rekreasi naik unta yang ditawarkan oleh Bali Camel Safari. Keberadaan pesona alam yang menakjubkan membuat pantai ini sering dijadikan latar belakang untuk pemotretan pre-wedding, terutama saat berinteraksi dengan unta.

Tak ketinggalan, pantai ini juga cocok untuk liburan bersama keluarga. Harga tiket untuk pengalaman naik unta bervariasi, mulai dari Rp 135,000 hingga Rp 310,000. Selain itu untuk di Pantai Sawangan kalian juga bisa  melakukan praweding dengan menaiki unta. Harga yang harus dibayarkan untuk melakukan praweding tersebut adalah 1juta hingga 1.7 juta.  Dengan segala pesonanya, Pantai Sawangan di Bali adalah tempat yang sempurna untuk mengisi liburan Anda dengan kenangan tak terlupakan bersama orang-orang tercinta.

Alamat: Jl. Gn. Payung I, Benoa, Kec. Kuta Sel., Kabupaten Badung, Bali

2. Batu Love Garden (BALOGA) – Batu

Sumber Gambar: travel.kompas.com

Batu Love Garden, terletak di Kota Batu, Jawa Timur, adalah destinasi wisata yang memikat dengan pemandangan taman indoor yang menakjubkan. Dibandingkan dengan taman indoor terkenal di Singapura, Gardens by The Bay, Batu Love Garden tidak kalah menawan. Tempat ini menampilkan 600 jenis tanaman yang selalu segar karena rutin diganti setiap 2-3 hari. Inilah yang membuatnya menjadi tujuan ideal bagi para pecinta alam dan juga sebagai wahana wisata edukatif untuk anak-anak.

Salah satu daya tarik utama di Batu Love Garden adalah BALOGA Flower Parade. Di sini, pengunjung dapat menyaksikan parade yang memukau dengan kostum-kostum dan mobil hias yang mempesona. Tidak hanya itu, zona Lebah juga menawarkan pengalaman unik melihat koloni lebah secara langsung.

Dalam ruang BALOGA, pengunjung dapat menikmati aquascape yang menakjubkan. Dengan berbagai jenis ikan hias, kayu-kayu asli, dan rerumputan, tempat ini memancarkan keindahan yang memukau. Selain itu, wahana seperti gocart, naik unta, taman sayur dan buah, serta playground juga tersedia untuk dinikmati. Sementara itu, kafe-kafe di sekitar BALOGA siap memenuhi selera kuliner Anda.

Sumber Gambar: tribunkaltimtravel.tribunnews.com

Fasilitas umum seperti rest area, gazebo, musala, area parkir, dan toilet umum juga disediakan oleh pengelola. Batu Love Garden sangat ramah bagi anak-anak, sehingga cocok untuk keluarga besar yang ingin berlibur bersama. Untuk menikmati pengalaman naik unta di Wahana Camel Ride, Anda hanya perlu membeli tiket seharga Rp 20 ribu per orang. Anda dapat naik unta sambil berkeliling taman bunga yang menghiasi sisi Batu Love Garden. Meskipun menaiki hewan berpunuk ini mungkin terdengar menantang, tiga unta yang disediakan sangat jinak, didampingi oleh tiga pemandu yang sabar dan berpengalaman.

Batu Love Garden adalah destinasi yang menggabungkan keindahan alam dengan hiburan yang menarik, membuatnya menjadi pilihan liburan yang sempurna untuk semua anggota keluarga. Dengan biaya tiket yang terjangkau dan berbagai wahana menarik, tempat ini menawarkan pengalaman liburan yang tak terlupakan di tengah kota Batu yang menawan.

AlamatJl. Raya Pandanrejo No.91, Pandanrejo, Kec. Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur 65332

3. Pantai Kelan – Kuta

Sumber Gambar: bali.tribunnews.com

Pantai Kelan di Desa Adat Kelan, Kecamatan Kuta, Badung, Bali, adalah sebuah surga yang belum sepenuhnya diakui oleh para wisatawan, meskipun akses ke lokasi ini sangat mudah. Terletak di sebelah selatan Bandara Ngurah Rai, pantai ini menawarkan pengalaman unik dengan pemandangan langsung ke runway pesawat. Suara desiran ombak yang memecah kesunyian menambahkan nuansa tenang di pantai ini.

Daya tarik utama Pantai Kelan adalah kesempatan untuk melihat pesawat datang dan pergi dari Bandara Ngurah Rai secara langsung. Terutama saat matahari terbenam, pemandangan ini menjadi luar biasa. Namun, disarankan untuk mempersiapkan diri dengan suara bising dari pesawat yang lepas landas atau mendarat.

Sumber Gambar: water-sport-bali.com

Pantai Kelan memiliki karakteristik serupa dengan pantai-pantai terkenal seperti Jimbaran dan Kedonganan, dengan pasir putih yang lembut dan panorama matahari terbenam yang memukau. Yang membedakannya adalah keheningan yang lebih terjaga di Pantai Kelan, menjadikannya pilihan ideal bagi mereka yang mencari ketenangan.

Pantai ini juga dikenal dengan sebutan “K-Land” dan terkenal dengan jukung-jukung unik yang terparkir di sepanjang bibir pantai. Suasana tradisional dan tenang menciptakan lingkungan yang menyenangkan dan cocok untuk berjemur, bermain air, dan bahkan berenang. Untuk wisatawan yang ingin menikmati kuliner laut segar, terdapat restoran seafood di sekitar Pantai Kelan yang menawarkan hidangan istimewa.

Fasilitas umum seperti area parkir, rest area, gazebo, dan toilet juga disediakan untuk kenyamanan pengunjung. Selain itu, pantai ini juga menawarkan rekreasi naik unta yang unik di Bali. Dalam beberapa paket, pengunjung dapat memilih untuk menikmati naik unta selama 15 atau 30 menit. Paket foto prewedding dan paket sunset dinner juga tersedia untuk menambahkan kesan romantis bagi pasangan yang berkunjung.

Untuk rekreasi naik unta, tersedia dalam beberapa paket:

  • Paket 15 Menit: Rp 200.000/dewasa dan Rp 150.000/anak
  • Paket 30 Menit: Rp 300.000/dewasa dan Rp 250.000/anak

Pantai Kelan adalah pilihan yang sempurna untuk mereka yang mencari ketenangan di tengah pesona alam Bali yang memukau. Ketenangan dan suasana yang menenangkan menjadikan spot ini cocok bagi mereka yang menginginkan liburan yang santai dan damai di tepi pantai yang menakjubkan ini.

Alamat: Tuban, Kuta, Badung Regency, Bali

4. Kebun Binatang Bandung

Sumber Gambar: cnnindonesia.com

Kebun Binatang Bandung adalah sebuah destinasi wisata yang menarik, terletak berdampingan dengan kampus Institute Teknologi Bandung dan Sungai Cikapundung. Dengan lokasi strategis ini, kebun binatang menawarkan pengalaman yang unik untuk pengunjung dari segala usia.

Salah satu hal yang membedakan Kebun Binatang Bandung adalah fokusnya pada hewan-hewan yang sebagian besar hidup di air. Sementara satwa air biasanya diakomodasi di sebuah akuarium yang disiapkan khusus. Hal ini menunjukkan komitmen kebun binatang untuk memberikan kondisi terbaik bagi hewan-hewan yang dipelihara di sana.

Dengan koleksi sekitar 213 jenis hewan, Kebun Binatang Bandung menampilkan beragam keanekaragaman hayati. Dari jumlah tersebut, 79 jenis hewan tergolong dalam kategori hampir punah dan dilindungi, menunjukkan peran penting kebun binatang dalam upaya konservasi. Sementara 134 jenis lainnya berasal dari dalam dan luar negeri, menambahkan keragaman budaya hewan di tempat ini.

Kebun Binatang Bandung terus berupaya memperbarui koleksinya, terutama dengan menambahkan hewan-hewan dari wilayah Indonesia. Baik itu untuk nilai konservasi atau untuk menarik minat pengunjung dengan daya tarik estetis yang luar biasa. Inisiatif ini menunjukkan komitmen kebun binatang untuk mendukung upaya pelestarian dan juga menyediakan hiburan yang informatif.

Sumber Gambar: gorajuara.com

Salah satu wahana menarik yang bisa dinikmati oleh pengunjung adalah naik unta. Pengalaman ini mengajak pengunjung berkeliling di area yang tidak terlalu besar, memberi mereka kesempatan untuk mendekati hewan-hewan ini dengan cara yang unik. Serunya, pengunjung bisa menikmati naik unta dalam 2 hingga 3 putaran sekaligus.

Dengan fokusnya pada konservasi dan edukasi, Kebun Binatang Bandung tidak hanya menjadi tempat hiburan, tetapi juga sumber pengetahuan yang berharga tentang keanekaragaman hayati. Dengan lokasinya yang strategis di pusat Bandung, kebun binatang ini menjadi destinasi menarik bagi wisatawan lokal dan internasional serta tempat yang bagus untuk menghabiskan waktu bersama keluarga.

AlamatJl. Kebun Binatang No.6, Lb. Siliwangi, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40132

Persiapkan Petualangan Anda

Sebelum Anda berangkat, pastikan untuk memeriksa ketersediaan dan persyaratan untuk naik unta di tempat-tempat ini. Selalu patuhi pedoman dan instruksi dari penyedia layanan agar pengalaman Anda aman dan menyenangkan.

Jangan ragu untuk merencanakan petualangan naik unta Anda di salah satu dari empat tempat menarik di Indonesia ini. Nikmati keindahan alam yang spektakuler dari perspektif yang unik, sambil menciptakan kenangan tak terlupakan bersama teman berbulu Anda. Happy exploring!

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Kontributor

Baca Lainnya

Punceling Pass Ciwidey, Bumi Perkemahan Dengan Kolam Air Panas yang Menyegarkan

10 December 2023 - 05:55 WIB

Nirvana Valley Resort, Tempat Wisata Yang Lagi Hits Di Bogor

10 December 2023 - 03:44 WIB

Mangli Sky View Magelang – Mau Camping Bisa, Mau Glamping Juga Bisa!

9 December 2023 - 10:03 WIB

Yuk, Rasakan Berbagai Aktivitas Seru Di Pantai Rajagwesi, Dari Snorkeling Hingga Berkemah

9 December 2023 - 05:05 WIB

Menghabiskan Malam Di Pantai Wedi Ireng yang Indah Dan Asri

9 December 2023 - 01:01 WIB

Green Gumuk Candi – Lokasi Untuk Berkemah Yang Indah, Unik Dan Mempesona

8 December 2023 - 14:14 WIB

Trending di Travel