Menu

Mode Gelap

Travel · 12 Oct 2023 01:05 WIB ·

Menyelusuri Keindahan Kebun Teh Terbaik di Indonesia: Tempat yang Memikat Hati dan Mata


 Menyelusuri Keindahan Kebun Teh Terbaik di Indonesia: Tempat yang Memikat Hati dan Mata Perbesar

Indonesia memang dikenal dengan keindahan alamnya yang memukau. Salah satu destinasi yang tak boleh dilewatkan adalah kebun teh. Dengan pemandangan hijau yang menyejukkan dan aroma segar yang menguar, berikut adalah beberapa kebun teh terbaik di Indonesia yang patut dikunjungi.

1. Kebun Teh Rancabali, Lembang

Sumber Gambar: travelspromo.com

Kebun Teh Rancabali, terletak di Ciwidey, Bandung Selatan, merupakan tempat ideal untuk melarikan diri dari hiruk pikuk perkotaan. Suasana sejuk dan tenang menjadikan Ciwidey sebagai destinasi liburan favorit bagi keluarga dan teman-teman. Kebun Teh Rancabali menawarkan lebih dari sekadar pemandangan indah; udara segar dan hamparan kebun teh hijau memberikan ketenangan dan kesegaran bagi pikiran.

Bagi penggemar fotografi, tempat ini adalah surga tersendiri. Setiap sudut kebun teh menjadi latar yang sempurna untuk mengabadikan momen indah. Selain sebagai tempat rekreasi, kebun teh ini juga menjadi sumber pengetahuan. Pabrik teh Walini menyambut pengunjung untuk mempelajari seluk-beluk perkebunan teh, mulai dari pembibitan hingga pemasaran.

Tak hanya itu, pengunjung dapat menikmati serunya wahana Golesat, yang mengajak meluncur mengelilingi kebun teh. Untuk keluarga dengan anak-anak, area pinggiran kebun menawarkan berbagai wahana permainan dan camping ground. Jika Anda mencari sensasi lebih ekstrim, wahana flying fox dengan rute sepanjang 300 meter dapat menjadi pilihan yang tepat.

Bagi yang ingin menginap, Glamping Lakeside Rancabali menawarkan pengalaman menginap yang tak terlupakan. Tempat ini telah mendapat pujian dari berbagai pejabat dan pemimpin negara karena kontribusinya dalam mengembangkan agrowisata di daerah Ciwidey. Jadi, nikmati keindahan alam dan kenyamanan bersama keluarga dan teman-teman di Kebun Teh Rancabali.

Alamat: R9XJ+P9Q, Patengan, Rancabali, Bandung Regency, West Java 40973

2. Kebun Teh Kemuning, Karanganyar

Sumber Gambar: lantang.id

Kebun Teh Kemuning di Karanganyar, dataran tinggi tak jauh dari kota Solo, adalah destinasi wisata kebun teh yang memukau. Selain menyajikan pemandangan hijau yang menakjubkan dan hamparan tanaman teh yang memanjakan mata, kebun teh ini juga menawarkan beragam wahana dan spot foto menarik. Yang menarik, wisatawan dapat menikmati semua keindahan ini tanpa dipungut biaya masuk. Namun, untuk menikmati wahana, tetap ada biaya yang berlaku.

Jam operasional kebun teh dimulai dari pukul 8 pagi hingga pukul 4 sore. Namun, bagi para penggemar sunrise, tempat ini juga bisa dikunjungi sejak pukul 4.30 pagi untuk menikmati momen indah bersama para pemetik teh. Kebun teh yang terletak di ketinggian 800-1.540 mdpl ini membentang luas menutupi permukaan tanah dengan kecantikan warna hijau yang memukau. Pada hari-hari cerah, suhu bisa mencapai 21,5 derajat Celsius, sehingga bijak untuk membawa jaket atau sweater agar tetap nyaman.

Imajinasikan bagaimana keindahan hamparan tanaman teh yang terbentang seperti karpet alam yang memenuhi pandangan mata, ditambah dengan pohon-pohon yang menjulang tinggi di sekitarnya dengan jarak antar pohon sekitar 3 meter. Di bawah pohon-pohon ini, Anda bisa beristirahat dari terik matahari.

Angin sepoi-sepoi yang membawa kesegaran dan ketenangan, langit biru dengan awan putihnya sempurna cocok dengan hijaunya alam di bawahnya. Suasana ini memberikan ketenangan yang tak terlupakan, menjadikannya tempat yang sangat dihargai, baik oleh remaja maupun keluarga. Kebun Teh Kemuning adalah surga bagi mereka yang mencari kedamaian di tengah keindahan alam.

AlamatC43M+Q8X, Jalan, Sumbersari, Kemuning, Ngargoyoso, Karanganyar Regency, Central Java 57794

3. Kebun Teh Wonosari, Malang

Sumber Gambar: jatimnetwork.com

Kebun Teh Wonosari di Malang, Jawa Timur, adalah destinasi yang memukau. Menawarkan pemandangan alam yang masih alami, tempat ini merupakan pilihan yang sempurna untuk menghabiskan waktu. Selain itu, kebun teh ini juga menyediakan kesempatan untuk belajar melalui wisata edukasi. Pengunjung dapat menyaksikan proses pengolahan teh dari awal hingga menjadi produk siap saji. Di pagi hari, mereka dapat melihat para pekerja memetik teh, menciptakan pengalaman belajar yang berharga terutama untuk anak-anak.

Salah satu kegiatan menarik di Kebun Teh Wonosari adalah tea walk, di mana pengunjung dapat menjelajahi kebun teh dengan berjalan kaki. Selama perjalanan, jangan lewatkan kesempatan untuk mengabadikan momen indah di berbagai spot foto yang sangat Instagramable.

Bagi para pencari sensasi, wahana flying fox juga tersedia. Terletak di atas kebun teh, pengunjung dapat menikmati pemandangan spektakuler dari ketinggian saat menaiki wahana ini. Aktivitas ini akan memberikan pengalaman yang menggetarkan dan memacu adrenalin.

Kebun Teh Wonosari tidak hanya menyediakan hiburan, tetapi juga memberikan wawasan tentang proses produksi teh. Dengan pemandangan alam yang menakjubkan dan kegiatan menarik yang ditawarkan, tempat ini adalah destinasi yang cocok untuk semua kalangan.

Alamat: RT.04/RW.07, Bodean Putuk, Toyomarto, Singosari, Malang Regency, East Java 65153

4. Kebun Teh Kertowono, Lumajang

Sumber Gambar: idntimes.com

Kebun Teh Kertowono, terletak di Lumajang, Jawa Timur, adalah sebuah surga alam yang menawarkan pengalaman luar biasa bagi pengunjung. Dengan hamparan dedaunan tanaman teh yang menghijau, udara sejuk yang menyegarkan, dan pemandangan megah dari gunung-gunung di sekitarnya, tempat ini benar-benar memanjakan mata. Terletak di dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, kebun teh ini dikelola oleh PTPN XII Kertowono dan telah berdiri sejak tahun 1910.

Suhu rata-rata sekitar 16 derajat Celsius, memberikan pengalaman unik dalam menikmati kebun teh ini. Dengan Gunung Bromo dan Semeru sebagai latar belakang di selatan, pemandangan di sini semakin memukau. Pabrik teh peninggalan Belanda yang masih beroperasi menambah daya tarik tempat ini. Ketinggian kebun ini berkisar antara 650 hingga 1.250 meter di atas permukaan laut dengan total luas mencapai 931,82 hektar.

Bagi pengunjung yang berminat, tersedia juga kegiatan menjelajahi kebun teh dengan motor trail. Selain itu, pengunjung dapat bersepeda di tengah kebun teh yang mempesona. Untuk pecinta camping, terdapat area khusus seperti Kampung Baru (KBR) atau Bukit Inspirasi, dan juga camping ground di Puncak 74.

Bukit Inspirasi juga menawarkan momen magis saat matahari terbit, dengan latar belakang gunung dan lautan. Gunung-gunung seperti Semeru, Lemongan, Raung, dan Argopuro dapat terlihat dengan jelas. Selain itu, kebun teh Kertowono juga mengusung konsep ekowisata. Melalui wisata edukasi teh, pengunjung dapat melihat seluruh proses pengolahan daun teh, dari pemetikan hingga mencicipi teh segar.

Perkebunan Teh Kertowono juga mempertahankan peralatan pengolahan teh asli Belanda, mulai dari penggilingan hingga sortasi, semuanya masih menggunakan kayu. Dengan keindahan alam dan pendekatan ekowisata yang diusung, Kebun Teh Kertowono adalah destinasi yang tak hanya memanjakan mata, tetapi juga memberikan pengalaman berharga tentang proses produksi teh.

AlamatUnnamed Road, 67353, Poli, Gucialit, Kec. Gucialit, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur 67353

5. Kebun Teh Gunung Mas, Bogor

Sumber Gambar: traveloka.com

Kebun Teh Gunung Mas di Puncak Bogor adalah destinasi liburan yang menawarkan beragam aktivitas menarik. Mengelilingi kebun teh adalah salah satu kegiatan utama yang diminati oleh pengunjung dari berbagai kalangan usia. Dengan biaya masuk sekitar Rp20.000 hingga Rp35.000, pengunjung dapat menikmati pemandangan subur hamparan tanaman teh yang disertai udara sejuk dan bersih.

Saat menjelajahi kebun teh, pengunjung akan melihat para pekerja yang rajin memetik daun teh, menciptakan suasana yang jarang ditemui di tengah hiruk-pikuk kota. Para pengunjung juga akan dibimbing oleh tour guide yang memberikan penjelasan seputar kebun teh Gunung Mas.

Setelah berjalan-jalan, pengunjung dapat beristirahat di area tea corner dan menikmati berbagai varian teh segar yang langsung diolah di pabriknya. Selain teh, tersedia juga camilan seperti tahu goreng dan tempe goreng.

Tidak hanya berjalan kaki, pengunjung juga dapat menjelajahi kebun teh dengan berkuda. Harga sewa kuda mulai dari Rp50.000, dengan pilihan durasi waktu 30, 60, atau 120 menit. Rute berkuda berbeda dengan jalur pejalan kaki, memberikan pengalaman yang berbeda dalam menikmati pemandangan kebun teh.

Bagi yang mencari sensasi lebih ekstrim, tersedia juga penyewaan ATV dengan biaya Rp150.000 untuk durasi 15 menit, menempuh rute sekitar 2 km. Sementara itu, Tea Bridge Gunung Mas merupakan tambahan baru yang sangat populer. Dengan tiket sekitar Rp15.500 per orang, pengunjung dapat menjelajahi jembatan kayu yang memanjang di tengah kebun teh, menawarkan pemandangan spektakuler dan suasana yang menakjubkan.

Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati wahana outbound seperti flying fox atau paintball untuk menambah keseruan liburan di Kebun Teh Gunung Mas. Tempat ini memberikan pengalaman liburan yang seru dan beragam untuk semua jenis wisatawan.

Alamat: Puncak Rd No.KM. 87, South Tugu, Cisarua, Bogor Regency, West Java 16750

6. Kebun Teh Gunung Gambir, Jember

Sumber Gambar: pinhome.id

Kebun Teh Gunung Gambir di Jember merupakan destinasi alam yang menawarkan kesegaran bagi pengunjungnya. Tempat ini sangat cocok untuk berlibur bersama keluarga atau teman-teman. Pengunjung akan dimanjakan oleh pemandangan kebun teh yang menghijau dan segar yang membentang sejauh mata memandang.

Dengan letaknya di ketinggian 900 meter di atas permukaan laut, Gunung Gambir memiliki udara yang sangat sejuk, memberikan sensasi kesegaran tersendiri bagi setiap pengunjung. Selain menikmati panorama alam yang memukau, pengunjung juga dapat menikmati berbagai spot foto menarik dan atraksi seru lainnya.

Salah satu daya tarik utama dari kebun teh ini adalah kesempatan untuk mencicipi langsung teh asli yang ditanam di sini. Berbagai jenis teh diproduksi di kebun ini, namun teh hitam dan hijau menjadi favorit di antara para pengunjung.

Ada banyak aktivitas seru yang bisa dinikmati di Kebun Teh Gunung Gambir. Salah satunya adalah berjalan-jalan melintasi Jembatan Layang Klobungan, sebuah jembatan kayu sepanjang sekitar 200 meter yang dikelilingi oleh tanaman teh yang menyegarkan mata. Pengunjung juga dapat memanfaatkan banyak spot foto menarik, termasuk spot buatan seperti kupu-kupu di tengah kebun.

Fasilitas yang tersedia termasuk area parkir yang memadai, toilet, dan musala untuk kenyamanan pengunjung. Jembatan kayu yang nyaman juga memudahkan pengunjung untuk berkeliling kebun teh. Selain itu, terdapat banyak spot foto instagenic yang dapat mempercantik koleksi foto Anda, serta tempat-tempat beristirahat yang nyaman setelah seharian berkeliling. Kebun Teh Gunung Gambir adalah destinasi yang menawarkan pengalaman liburan yang memikat dan menyegarkan bagi semua jenis wisatawan.

AlamatLanasan Rt 03, RW.023, Gelang, Kec. Sumberbaru, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68156

7. Kebun Teh Malino, Gowa

Sumber Gambar: himpun.id

Malino Highlands, terletak di Kecamatan Tinggimoncang, Kabupaten Goa, Provinsi Sulawesi Selatan, menawarkan liburan yang menyegarkan. Dengan jarak sekitar 80 km dari pusat kota Makassar ke arah selatan, akses menuju Malino Highlands sangat mudah dilakukan dengan berbagai jenis kendaraan.

Pengunjung akan dikenakan biaya retribusi sekitar 50 ribu Rupiah untuk dewasa dan 25 ribu Rupiah untuk anak-anak untuk memasuki kawasan ini. Dengan tiket tersebut, Anda dapat menikmati keindahan kebun teh yang hijau dengan udara sejuk dan segar, serta aroma daun teh yang subur. Selain itu, Anda dapat mengunjungi air terjun dan melihat kebun binatang mini.

Malino Highlands, terletak di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut dengan luas mencapai 200 hektar, menawarkan perkebunan teh yang subur dan hijau sebagai daya tarik utama. Panorama alami berbukit-bukit dan perbukitan yang berhijauan menciptakan pemandangan menakjubkan bagi para pengunjung, terutama bagi pecinta fotografi.

Dulu dikenal sebagai lahan perkebunan teh seluas 900 hektar dengan ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut, kini Malino Highlands telah diubah menjadi destinasi wisata yang indah, nyaman, dan dapat dinikmati oleh semua kalangan. Selama perjalanan menuju Malino Highlands, Anda akan dimanjakan oleh pemandangan pohon pinus yang menghampar di antara bukit dan lembah. Berbagai tanaman tropis tumbuh di sini, menciptakan pemandangan hijau yang memukau. Pada musim hujan, suhu udara di sini sangat dingin, bahkan bisa mencapai 10 derajat Celsius, dan sering diselimuti oleh kabut.

Salah satu daya tarik lain adalah Cafe bernuansa arsitektur Jepang di puncak kebun teh. Dengan menyajikan teh terbaik dari alam, tempat ini menawarkan pengalaman eksklusif dengan fasilitas bergaya Jepang. Pengunjung dapat menikmati minuman teh sehat dan berkhasiat, serta menikmati pemandangan perkebunan teh yang mengagumkan. Teh hijau dan teh hitam, yang dipetik dan diolah langsung di tempat ini, menjadi menu khas. Malino Highland juga menawarkan berbagai aktivitas outdoor, termasuk paralayang, menunggang kuda, bungee jumping, trampolin, cross country running, bersepeda, festival layang-layang, dan banyak lagi. Tidak jauh dari Malino Highland, terdapat dua air terjun yang dapat dinikmati pengunjung setelah berjalan kaki sekitar 600-800 meter.

AlamatPattapang, Tinggimoncong, Gowa Regency, South Sulawesi 92171

Penutup: Dari kebun teh yang terhampar luas hingga keindahan pegunungan yang mempesona, Indonesia memiliki banyak destinasi kebun teh yang menakjubkan. Setiap tempat memiliki daya tarik uniknya sendiri, memberikan pengalaman tak terlupakan bagi pengunjungnya. Jadi, jika Anda mencari tempat yang menenangkan dan memukau mata, jangan ragu untuk mengunjungi salah satu dari kebun teh terbaik di Indonesia. Selamat menjelajahi keindahan alam Indonesia yang tiada duanya!

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Kontributor

Baca Lainnya

Punceling Pass Ciwidey, Bumi Perkemahan Dengan Kolam Air Panas yang Menyegarkan

10 December 2023 - 05:55 WIB

Nirvana Valley Resort, Tempat Wisata Yang Lagi Hits Di Bogor

10 December 2023 - 03:44 WIB

Mangli Sky View Magelang – Mau Camping Bisa, Mau Glamping Juga Bisa!

9 December 2023 - 10:03 WIB

Yuk, Rasakan Berbagai Aktivitas Seru Di Pantai Rajagwesi, Dari Snorkeling Hingga Berkemah

9 December 2023 - 05:05 WIB

Menghabiskan Malam Di Pantai Wedi Ireng yang Indah Dan Asri

9 December 2023 - 01:01 WIB

Green Gumuk Candi – Lokasi Untuk Berkemah Yang Indah, Unik Dan Mempesona

8 December 2023 - 14:14 WIB

Trending di Travel