Menu

Mode Gelap

Travel · 14 Nov 2023 01:01 WIB ·

Menjelajahi Keindahan Jakarta Bird Land di Ancol: Wisata Edukasi untuk Anak-anak dan Pecinta Satwa


 Menjelajahi Keindahan Jakarta Bird Land di Ancol: Wisata Edukasi untuk Anak-anak dan Pecinta Satwa Perbesar

Jakarta Bird Land di Ancol tidak hanya sekadar taman burung biasa; itu adalah wahana rekreasi yang memadukan keindahan alam dengan pendidikan dan keseruan untuk pengunjung segala usia. Dengan berbagai area yang menarik, Jakarta Bird Land menyajikan pengalaman yang tak terlupakan bagi para pecinta satwa dan keluarga.

1. Area Makau dan Kakaktua

Sumber Gambar: korporat.ancol.com

Area Makau dan Kakaktua di Jakarta Bird Land, Ancol, bukan hanya menyajikan pengalaman berharga dalam berinteraksi dengan burung eksotis, tetapi juga memastikan pengunjung dapat merencanakan kunjungan mereka dengan mudah melalui jadwal yang teratur.

Jam Operasional:

  • Foto Bersama Burung: Pengunjung dapat menikmati sesi foto bersama burung atau berpose di photo spot pada jam 10.00 – 16.00 setiap hari. Moment ini menjadi waktu yang ideal untuk menangkap keindahan burung Makau Amerika dan Kakatua Indonesia dalam bingkai gambar.
  • Memberi Makan Burung: Aktivitas memberi makan burung bisa dinikmati dalam dua sesi harian. Sesi pertama tersedia pada jam 09.30 – 11.00, sementara sesi kedua diadakan pukul 13.00 – 16.00. Ini memberikan fleksibilitas kepada pengunjung untuk memilih waktu yang sesuai dengan rencana mereka.

Dengan adanya jadwal yang terstruktur, Jakarta Bird Land berusaha memberikan pengalaman yang lebih terarah dan menyenangkan bagi pengunjung. Informasi ini diharapkan dapat membantu para pengunjung untuk merencanakan kunjungan mereka dengan lebih baik, memastikan bahwa mereka dapat menikmati setiap aspek dari area Makau dan Kakaktua tanpa kerepotan.

2. Area Hornbill Family

Sumber Gambar: ancol.com

Area Hornbill Family di Jakarta Bird Land menghadirkan pengalaman mendalam dengan burung Rangkong yang memukau. Rangkong, atau lebih dikenal sebagai Hornbill, merupakan salah satu spesies burung yang memukau dengan paruh melengkungnya yang berukuran besar. Daya tarik utama Rangkong terletak pada paruhnya yang berwarna terang, menciptakan citra yang spektakuler dan memikat perhatian pengunjung.

Di Jakarta Bird Land, pengunjung dapat berinteraksi langsung dengan burung Rangkong, mengamati betapa uniknya karakteristik fisik dan perilaku mereka. Area ini menjadi tempat di mana pengunjung dapat mendapatkan wawasan yang lebih dalam tentang kehidupan Rangkong, yang mungkin sulit ditemui di kehidupan sehari-hari. Aktivitas yang dapat dilakukan di sini, seperti berfoto bersama atau memberi makan burung, menciptakan momen tak terlupakan sambil mendekatkan pengunjung dengan keajaiban dunia burung, mengikuti jejak pengalaman yang seru di area Makau sebelumnya. Dengan adanya burung Rangkong jantan dan betina, pengunjung dapat merasakan keberagaman spesies dan menyaksikan interaksi unik antara keduanya, memperkaya pengalaman wisata satwa di Jakarta Bird Land.

3. Area Para Pemangsa

Sumber Gambar: travel.tribunnews.com

Area Para Pemangsa di Jakarta Bird Land menawarkan pengalaman mengagumkan dengan tiga spesies burung pemangsa yang menakutkan: Elang, Alap-alap, dan Elang Tikus. Di habitat aslinya, burung-burung ini memainkan peran penting sebagai predator alami. Keberadaan mereka di Jakarta Bird Land memberikan pengunjung kesempatan langka untuk mengamati kehebatan dan keindahan burung-burung pemangsa ini.

Ketiga spesies burung pemangsa tersebut memiliki daya tarik sendiri. Elang dengan sayap megahnya, Alap-alap dengan cakarnya yang tajam, dan Elang Tikus dengan kecepatan dan ketangkasannya menciptakan pertunjukan alam yang luar biasa. Meskipun burung-burung ini dikategorikan sebagai pemangsa yang berbahaya, pengunjung di Jakarta Bird Land tetap dapat menikmati keindahan mereka melalui pertunjukan khusus yang diselenggarakan.

Karena keamanan pengunjung adalah prioritas utama, interaksi langsung dengan burung-burung pemangsa ini tidak diperbolehkan. Meski demikian, pengalaman menyaksikan pertunjukan memukau dari kejauhan akan memberikan wawasan yang berharga tentang kehidupan alam dan keunikan masing-masing spesies. Area Para Pemangsa di Jakarta Bird Land menggabungkan edukasi dan hiburan, menciptakan pengalaman yang tak terlupakan dalam penjelajahan dunia satwa.

4. Area Burung Perairan (Water Bird)

Sumber Gambar: stnurjanahh.com

Area Burung Perairan di Jakarta Bird Land menghadirkan pengalaman luar biasa dengan berbagai spesies burung yang mendiami habitat air. Menjauh dari daratan, pengunjung dapat menjelajahi keunikan burung-burung yang menciptakan keseimbangan indah di perairan. Beberapa spesies menarik yang dapat ditemui di area ini meliputi Bebek Mandarin, Angsa Hitam, Pelikan, Pecuk atau Komoran, Pecuk Ular Asia, dan Bangau Bluwok.

Keberadaan burung-burung perairan ini memberikan nuansa yang berbeda dan mendalam ke dalam ekosistem yang beragam. Pengunjung tidak hanya dapat mengamati keindahan mereka dari kejauhan, tetapi juga diajak untuk berinteraksi langsung dan memberi makan burung-burung tersebut. Kehadiran burung-burung ini memberikan kesan damai dan menenangkan, menciptakan pengalaman yang cocok untuk keluarga dan pengunjung segala usia.

5. Kandang Burung (Aviary and Free Range)

Sumber Gambar: sinergijakarta.com

Area Kandang Burung (Aviary and Free Range) di Jakarta Bird Land menghadirkan kesempatan luar biasa bagi pengunjung yang ingin berinteraksi langsung dengan berbagai spesies burung. Area ini memisahkan diri dari batasan tradisional dan memungkinkan pengunjung untuk merasakan kedekatan unik dengan burung-burung yang beraneka ragam.

Di Aviary & Free Range Bird, para pengunjung dapat mengeksplorasi keberagaman spesies burung yang menempati kandang. Area ini menciptakan suasana yang mirip dengan habitat alami burung-burung tersebut, memberikan pengalaman mendalam dan autentik. Selama jam operasional, pengunjung diberikan kebebasan untuk berinteraksi langsung dengan burung-burung yang bersemayam di Aviary.

Penting untuk dicatat bahwa ada perbedaan antara area Aviary dan Free Range. Sementara Aviary memungkinkan interaksi sepanjang waktu selama jam operasional, area Free Range hanya tersedia pada dua sesi sehari, yaitu pada pukul 09.00-11.00 dan 13.00-14.00. Batasan waktu ini diciptakan untuk memastikan bahwa pengunjung dapat merasakan keindahan dan interaksi unik dengan burung-burung tersebut tanpa mengganggu atau mengganggu kehidupan alami mereka.

6. Mini Show

Sumber Gambar: ancol.com

Pengalaman wisata di Jakarta Bird Land tidak lengkap tanpa menikmati pertunjukan mini yang penuh kegembiraan setiap harinya. Dengan menggelar 4 mini show setiap hari di berbagai area, Jakarta Bird Land membawa konsep “fun education” yang menyatukan hiburan dan pembelajaran.

Konsep “fun education” ini tidak hanya menghibur pengunjung tetapi juga memberikan wawasan baru tentang dunia burung. Melalui pertunjukan ini, pengunjung dapat merasakan kegembiraan sekaligus memperoleh pengetahuan yang berharga tentang berbagai spesies burung.

Berikut adalah jadwal pertunjukan mini show di Jakarta Bird Land yang dapat Anda saksikan:

  1. 10.00 WIB – Water Bird dan American Macaw: Berbagai jenis Makau, Pelikan, Bebek Mandarin, dan lainnya menjadi bintang pertunjukan.
  2. 13.00 WIB – Rangkong dan Kakaktua: Menampilkan berbagai jenis Rangkong, Triton, Alba, dan Jambul Kuning untuk memukau pengunjung.
  3. 14.30 WIB – Aviary: Berbagai spesies burung seperti Beo, Betet, dan Sun Conure akan tampil memukau di area Aviary.
  4. 16.00 WIB – Free Range: Pertunjukan menarik dengan kehadiran Crowned Pigeon dan Merak di area Free Range.

Setiap pertunjukan mini memiliki durasi yang cukup untuk memberikan hiburan yang menyenangkan dan memastikan pengunjung merasa terhibur serta memperoleh wawasan baru tentang beragam spesies burung. Dengan konsep ini, Jakarta Bird Land memberikan pengalaman tak terlupakan yang menggabungkan kegembiraan dan pendidikan di dunia satwa.

7. Pertunjukan Utama

Jakarta Bird Land tidak hanya menawarkan mini show di berbagai area, tetapi juga menghadirkan pertunjukan utama yang spektakuler di area tribun. Dengan dua jenis tribun, yakni besar dan kecil, pengunjung dapat merasakan kegembiraan dari main show hingga mini show, menyajikan pengalaman yang tak terlupakan.

Main show diadakan di tribun utama dengan kapasitas mencapai 850 penonton. Pertunjukan ini memiliki durasi 22 menit yang dipenuhi dengan atraksi menakjubkan dari 5 spesies burung yang berbeda. Pada hari kerja, main show diadakan sekali, sedangkan pada akhir pekan, pengunjung dapat menikmati pertunjukan ini dua kali.

Tribun yang lebih kecil, berkapasitas 150 orang, menjadi tempat bagi mini show yang diselenggarakan lebih sering. Pada hari kerja, mini show dijadwalkan sebanyak 3 kali sehari, sementara pada akhir pekan, penonton dapat menikmati mini show hingga 4 kali sehari. Meskipun lebih singkat dengan durasi 10 menit, mini show tetap memukau dengan atraksi dari 1-2 jenis burung yang menarik perhatian.

Lokasi yang Menarik dan Harga Tiket Terjangkau di Jakarta Bird Land

Jakarta Bird Land, destinasi yang menghadirkan keajaiban dunia burung, terletak di Jalan Pasir Putih Nomor 1 Ancol, Pademangan, Jakarta Utara. Dengan akses yang mudah di Taman Rekreasi Ancol, pengunjung dapat dengan cepat menemukan kekayaan satwa yang menanti untuk dijelajahi.

Untuk memastikan kenyamanan kunjungan, pengunjung disarankan untuk membeli tiket sebelumnya melalui laman resmi Ancol di www.ancol.com dan memilih opsi tiket Jakarta Bird Land. Pembelian tiket sebelumnya tidak hanya memastikan kelancaran masuk tetapi juga dapat memberikan akses kepada pengunjung untuk penawaran menarik yang mungkin tidak tersedia jika dibeli di tempat. Harga tiket pun sangat terjangkau, dengan tarif Rp 60.000 pada hari kerja (Senin-Jumat) dan Rp 95.000 pada akhir pekan. Jakarta Bird Land buka setiap hari dari pukul 09.00 hingga 16.30, memberikan waktu yang cukup bagi pengunjung untuk mengeksplorasi dan menikmati keindahan alam.

Jakarta Bird Land adalah destinasi yang sempurna untuk menghabiskan waktu berkualitas dengan keluarga sambil belajar dan bersenang-senang. Jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi keberagaman alam dan merasakan keajaiban burung-burung di wahana ini.

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Kontributor

Baca Lainnya

Punceling Pass Ciwidey, Bumi Perkemahan Dengan Kolam Air Panas yang Menyegarkan

10 December 2023 - 05:55 WIB

Nirvana Valley Resort, Tempat Wisata Yang Lagi Hits Di Bogor

10 December 2023 - 03:44 WIB

Mangli Sky View Magelang – Mau Camping Bisa, Mau Glamping Juga Bisa!

9 December 2023 - 10:03 WIB

Yuk, Rasakan Berbagai Aktivitas Seru Di Pantai Rajagwesi, Dari Snorkeling Hingga Berkemah

9 December 2023 - 05:05 WIB

Menghabiskan Malam Di Pantai Wedi Ireng yang Indah Dan Asri

9 December 2023 - 01:01 WIB

Green Gumuk Candi – Lokasi Untuk Berkemah Yang Indah, Unik Dan Mempesona

8 December 2023 - 14:14 WIB

Trending di Travel