Menu

Mode Gelap

Travel · 17 Oct 2023 16:08 WIB ·

Menikmati Keindahan Pantai Bopong di Kebumen


 Menikmati Keindahan Pantai Bopong di Kebumen Perbesar

Kabupaten Kebumen mempunyai beberapa pantai yang mempesona sehingga membuat mata tidak ingin berpaling, salah satunya adalah pantai Bopong. Pantai bopong merupakan salah satu pantai di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Pantai ini cukup berbeda dengan pantai – pantai yang ada di Kebumen, karena kebanyakan pantai berisi karang dengan pasir berwarna hitam hingga keabu-abuan. Sedangkan untuk pantai bopong sendiri mempunyai pesona pantai pasir putih dengan hamparan yang luas serta ditambah dengan laguna cantik.

Harga Tiket Masuk di Pantai Bopong

Pantai Bopong_2b
Pantai Bopong. (Sumber: My Trip 123)

Secara umum hampir sama dengan pantai – pantai lain, dimana memiliki harga tiket yang cukup terjangkau. Bahkan untuk masuk ke pantai bopong, wisatawan hanya perlu membayar tiket parkir sejumlah Rp. 2.000 saja untuk kendaraan beroda dua dan Rp. 5.000 untuk kendaraan beroda empat. Sangat terjangkau, bukan?

Rute Menuju Lokasi Pantai Bopong

Pantai bopong sendiri terletak di desa Surorejan, Kecamatan Puring, Kabupaten Kebumen. Apabila Anda berada di kota Kebumen, maka akan menempuh jarak sekitar 24 kilometer ke arah barat daya, serta berjarak 20 kilometer dari kota Gombong. Namun, ada beberapa rute yang sering digunakan oleh para wisatawan untuk mencapai pantai bopong.

Apabila berangkat dari kota Kebumen, maka dapat melalui jalan Ronggowarsito menuju jalan Raya Petanahan. Kemudian ikuti jalur jalan tersebut menuju kecamatan Klirong hingga di kecamatan Petanahan. Dalam perjalanan akan menemukan jalan Daendels di pertigaan desa Langensari, ambil jalan kanan dari jalan tersebut hingga sampai di pertigaan Munggu.

Dari pertigaan Munggu tersebut masih lurus sampai memasuki kecamatan Puring dan desa Surorejan. Cukup mudah, bukan? Nah, pantai bopong terletak bersebelahan dengan pantai lembupurwo yang berada di balik perbukitan karst. Pemandangan yang ditampilkan unik dengan berbatasan antara wilayah bukit karst yang tinggi dengan pantai bopong yang landau.

Obyek Wisata di Pantai Bopong

Pantai Bopong_3c
Pantai Bopong. (Sumber: Pantainesia)

Meskipun masih tergolong wisata baru di Kebumen, namun pantai bopong juga tidak kalah keindahannya dengan pantai – pantai lain. Tempat menarik satu ini juga menyuguhkan spot terbaik, wahana menarik dan fasilitas yang lengkap. Lantas, apa saja obyek wisata di pantai bopong? Berikut ini obyek – obyek wisata di pantai bopong, diantaranya :

  1. Adanya lokasi perkembangbiakan penyu

Sebagai salah satu pantai yang menghadap ke arah lautan bebas dengan luas hamparan pasir yang cukup lebar, maka pantai bopong mempunyai daya tarik yaitu menjadi salah satu dari beberapa pantai yang dijadikan sebagai lokasi dari penyu untuk bertelur dan berkembangbiak secara alami. Maka, tidak heran dalam pantai ini banyak kegiatan berupa pelepasan anak penyu saat musim – musim tertentu.

  1. Dapat menikmati pesona ombak ganas pantai selatan

Pantai bopong termasuk salah satu pantai yang cukup baru untuk dijelajahi, meskipun di pantai ini mempunyai akses yang cukup mudah dan dekat dengan pusat kota. Karena tidak memiliki bebatuan karang di pantai bopong membuat ombak yang menerjang bibir pantai cenderung cukup ganas sesuai dengan ciri khas ombak laut selatan.

  1. Dapat menikmati laguna pantai bopong nan eksotik

Dari jarak 400 meter bibir pantai bopong terdapat sebuah laguna yang cukup unik serta mempunyai pemandangan yang indah. Laguna ini dihias dan diperbaiki semenarik mungkin oleh warga dan organisasi masyarakat setempat, sehingga dapat menjadi salah satu sumber pendapatan daerah. Untuk berfoto di lokasi ini tidak akan dipungut biaya sama sekali, jadi semuanya gratis. Cukup menyenangkan, bukan?

  1. Berwisata pantai sekaligus wisata kuliner

Di Daerah pantai bopong wisatawan dapat dengan mudah menemukan beberapa warung yang menjual makanan khas Kabupaten Kebumen, yaitu tempe mendoan, nasi penggel dan pecel. Sensasi menikmati pemandangan pantai dengan ditemani oleh makanan khas Kebumen satu ini dapat menjadikan wisata liburan menjadi wisata kuliner yang tidak terlupakan.

  1. Asyiknya bermain air di Laguna

Nah, apabila pantai bopong sangat berbahaya untuk dijadikan sebagai tempat bermain, maka wisatawan dapat menikmati permainan air di Laguna Pantai Bopong. Laguna yang tidak terlalu dalam dan jauh dari ombak samudra, akan membuat wisatawan tetap berada di zona aman saat bermain air. Permainan ini juga dapat dilakukan dengan membangun istana pasir.

Selain itu, lokasi pantai bopong yang terletak di bagian barat daya kota Kebumen juga mempunyai pemandangan yang eksotik saat matahari tenggelam. Sensasi perubahan warna lautan bebas yang berubah menghitam dibarengi dengan perpaduan warna langit dan matahari yang memerah akan membuat terkagum – kagum atas karunia Tuhan semesta alam.

Apakah Anda sudah merencanakan agenda liburan ke pantai bopong? Jangan lupa menikmati liburan akhir pekan disini, ya! dengan tiket masuk yang murah sudah dapat berwisata seharian penuh bersama orang – orang tersayang.

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Kontributor

Baca Lainnya

Punceling Pass Ciwidey, Bumi Perkemahan Dengan Kolam Air Panas yang Menyegarkan

10 December 2023 - 05:55 WIB

Nirvana Valley Resort, Tempat Wisata Yang Lagi Hits Di Bogor

10 December 2023 - 03:44 WIB

Mangli Sky View Magelang – Mau Camping Bisa, Mau Glamping Juga Bisa!

9 December 2023 - 10:03 WIB

Yuk, Rasakan Berbagai Aktivitas Seru Di Pantai Rajagwesi, Dari Snorkeling Hingga Berkemah

9 December 2023 - 05:05 WIB

Menghabiskan Malam Di Pantai Wedi Ireng yang Indah Dan Asri

9 December 2023 - 01:01 WIB

Green Gumuk Candi – Lokasi Untuk Berkemah Yang Indah, Unik Dan Mempesona

8 December 2023 - 14:14 WIB

Trending di Travel