Menu

Mode Gelap

Travel · 10 Oct 2023 14:54 WIB ·

Kuliner khas Bali yang disukai para wisatawan


 Kuliner khas Bali yang disukai para wisatawan Perbesar

Bali merupakan salah satu destinasi wisata paling populer di Indonesia yang juga dikenal dunia. Tidak hanya terkenal tidak hanya dengan keindahan alamnya yang menakjubkan, tetapi juga dengan kuliner khasnya yang lezat dan unik. Kuliner khas Bali mencerminkan keanekaragaman budaya dan tradisi pulau Bali, serta menawarkan pengalaman kuliner yang tak terlupakan bagi wisatawan yang berkunjung. kali ini, kita akan membahas beberapa makanan khas Bali yang wajib dicoba saat mengunjungi pulau ini.

Sate Lilit

Sumber Gambar: instagram @rollinggrace

Sate Lilit memiliki ciri khas yang membedakannya dari sate-sate lainnya. Perbedaan terbesar terletak pada tusuk sate yang digunakan. Biasanya, sate pada umumnya menggunakan tusuk sate dari bambu atau kayu. Namun, Sate Lilit menggunakan tusuk sate yang terbuat dari batang serai atau bambu yang lebih besar. Hal ini memberikan aroma khas serai yang menambah nikmatnya hidangan ini.

Proses pembuatan Sate Lilit juga berbeda. Daging yang digunakan bisa beragam, mulai dari daging ayam, daging babi, daging ikan, hingga daging sapi. Daging tersebut dicincang halus dan dicampur dengan rempah-rempah khas Bali seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, serai, lengkuas, daun jeruk, dan terasi. Bumbu-bumbu ini memberikan aroma harum dan cita rasa yang kaya pada daging cincang.

Nasi Campur Bali

Sumber Gambar: instagram @lyonel.h

Nasi Campur Bali terdiri dari nasi putih yang dihidangkan dengan sejumlah lauk-pauk dan sambal. Lauk-pauk yang digunakan dalam Nasi Campur Bali bervariasi dan biasanya mencakup daging, ayam, ikan, atau bahkan jenis makanan laut seperti cumi atau udang. Setiap jenis lauk memiliki proses pengolahan dan bumbu yang khas, memberikan variasi rasa yang menarik dalam satu hidangan.

Nasi Campur Bali juga sering disajikan dengan sate lilit, yang terbuat dari daging cincang yang dililitkan pada tusuk sate dari serai atau bambu. Sate lilit menambahkan cita rasa yang lezat dan aroma harum pada hidangan ini. Tidak hanya itu, beberapa variasi Nasi Campur Bali juga menyertakan telur, tempe goreng, atau tahu sebagai pelengkap yang memberikan kelezatan dan tekstur tambahan.

Ayam Betutu

Sumber Gambar: instagram @misshotrodqueen

Ayam Betutu adalah hidangan ayam yang dimasak dengan menggunakan rempah-rempah khas Bali dan bumbu tradisional. Proses persiapan hidangan ini dimulai dengan membersihkan ayam dan mengoleskannya dengan campuran bumbu yang terdiri dari berbagai rempah seperti bawang putih, bawang merah, cabai, kunyit, jahe, lengkuas, dan daun jeruk. Rempah-rempah ini memberikan cita rasa yang kaya dan aroma yang menggugah selera pada daging ayam.

Keunikan dari Ayam Betutu terletak pada kombinasi rasa yang harmonis antara rempah-rempah khas Bali dan daging ayam yang lezat. Rempah-rempah memberikan cita rasa yang kuat, sedangkan daging ayam yang dimasak dengan sempurna menjadi lembut dan empuk. Proses pengolahan yang memakan waktu yang cukup lama dan perlahan-lahan membuat bumbu meresap hingga ke dalam daging, menghasilkan hidangan yang sangat lezat dan nikmat.

Lawar

Sumber Gambar: website indonesia.travel

Lawar adalah hidangan tradisional Bali yang terdiri dari campuran sayuran, daging, atau makanan laut yang diolah dengan rempah-rempah dan bumbu khas Bali. Lawar seringkali digunakan dalam berbagai acara adat, upacara keagamaan, atau perayaan di Bali, sehingga memiliki makna yang mendalam dalam budaya Bali.

Ada berbagai jenis Lawar yang dapat ditemukan di Bali, seperti Lawar Ayam (daging ayam yang diolah dengan rempah-rempah dan sayuran), Lawar Bebek (daging bebek yang diolah dengan bumbu khas), Lawar Kacang Panjang (kacang panjang yang diolah dengan bumbu dan rempah-rempah), dan Lawar Laut (campuran makanan laut seperti cumi atau udang dengan bumbu tradisional Bali).

Selain hidangan-hidangan di atas, masih ada banyak lagi kuliner khas Bali lainnya yang patut dicoba. Jangan lupa juga untuk mencicipi minuman khas Bali seperti Es Kelapa Muda, Es Campur, dan Brem Bali yang terkenal. Ketika berkunjung ke Bali, mencoba kuliner khas Bali adalah pengalaman yang tak boleh terlewatkan. Makanan-makanan tersebut tidak hanya memberikan kenikmatan bagi lidah, tetapi juga memperkaya pengalaman budaya Anda di pulau ini. Jadi, pastikan untuk menyempatkan waktu untuk menjelajahi kelezatan kuliner khas Bali saat berlibur di pulau Dewata yang indah ini.

Selamat menikmati!

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Kontributor

Baca Lainnya

Punceling Pass Ciwidey, Bumi Perkemahan Dengan Kolam Air Panas yang Menyegarkan

10 December 2023 - 05:55 WIB

Nirvana Valley Resort, Tempat Wisata Yang Lagi Hits Di Bogor

10 December 2023 - 03:44 WIB

Mangli Sky View Magelang – Mau Camping Bisa, Mau Glamping Juga Bisa!

9 December 2023 - 10:03 WIB

Yuk, Rasakan Berbagai Aktivitas Seru Di Pantai Rajagwesi, Dari Snorkeling Hingga Berkemah

9 December 2023 - 05:05 WIB

Menghabiskan Malam Di Pantai Wedi Ireng yang Indah Dan Asri

9 December 2023 - 01:01 WIB

Green Gumuk Candi – Lokasi Untuk Berkemah Yang Indah, Unik Dan Mempesona

8 December 2023 - 14:14 WIB

Trending di Travel