Menu

Mode Gelap

Travel · 10 Oct 2023 14:47 WIB ·

Kuliner Khas Aceh Yang Wajib Dicoba Oleh Wisatawan


 Kuliner Khas Aceh Yang Wajib Dicoba Oleh Wisatawan Perbesar

Aceh sebuah provinsi di ujung barat Indonesia, yang terkenal akan keindahan alamnya yang menakjubkan dan budaya yang kaya. Namun, tak hanya itu, Aceh juga memiliki warisan kuliner yang lezat dan unik. Kuliner khas Aceh menawarkan cita rasa yang khas, campuran rempah-rempah yang melimpah, serta pengaruh dari berbagai budaya yang pernah berinteraksi dengan Aceh. Berikut beberapa kuliner khas Aceh yang patut kalian coba saat berkunjung kesana:

Mie Aceh

Sumber Gambar: instagram @widyhartono

Salah satu ciri khas Mie Aceh adalah kepedasannya. Hidangan ini memiliki tingkat kepedasan yang cukup tinggi, tetapi kepedasan ini memberikan kelezatan dan sensasi yang tak tertandingi. Cabai merah, cabai rawit, dan rempah-rempah lainnya digunakan dalam jumlah yang besar untuk memberikan rasa pedas yang kuat pada mie ini. Bagi pecinta makanan pedas, Mie Aceh merupakan pilihan yang sempurna untuk memanjakan lidah.

Mie Aceh umumnya terbuat dari mie kuning tebal yang dikenal sebagai “mie telor”. Mie ini biasanya digunakan dalam berbagai hidangan mie, termasuk Mie Aceh. Mie kuning tersebut direbus hingga matang dan kemudian disajikan dengan berbagai bahan tambahan. Selain itu, Mie Aceh juga biasanya dilengkapi dengan sayuran seperti sawi, wortel, dan tauge. Sayuran ini memberikan rasa segar dan krispi pada hidangan mie ini. Mie Aceh biasanya disajikan dengan kuah gurih yang terbuat dari kaldu tulang sapi yang kaya rasa. Kuah tersebut memberikan kelembutan dan kelezatan ekstra pada hidangan mie yang sudah sedap ini.

Kuah Pliek U

Sumber Gambar: instagram @rahmi_mol

Kuah Pliek U adalah salah satu hidangan tradisional yang berasal dari provinsi Aceh, Indonesia. Kuah Pliek U adalah hidangan berkuah yang terkenal dengan rasa yang kaya, aroma rempah yang kuat, dan kelezatan yang memanjakan lidah. Kuah Pliek U memiliki berbagai bahan utama, seperti daging sapi, sayuran, dan rempah-rempah khas Aceh. Hidangan ini sering kali menggunakan potongan daging sapi yang empuk, dengan kombinasi sayuran seperti daun singkong, rebung, kacang panjang, dan daun kemangi. Bumbu-bumbu khas Aceh seperti serai, lengkuas, jahe, bawang merah, bawang putih, cabai, dan daun jeruk juga digunakan untuk menciptakan citarasa yang khas.

Kelezatan Kuah Pliek U terletak pada perpaduan rempah-rempah yang kompleks dan rasa gurih dari kaldu daging sapi yang melimpah. Rasa pedas yang kuat dan sedikit asam dari campuran rempah-rempah memberikan sensasi yang menggugah selera. Kuah ini sangat cocok dinikmati dengan nasi putih hangat, sehingga kamu bisa menikmati setiap tetes kuah yang lezat.

Sate Matang

Sumber Gambar: instagram @ceritarasa_kompastv

Sate Matang adalah hidangan sate khas Aceh yang telah menjadi favorit di kalangan pecinta kuliner di seluruh Indonesia. Dalam hidangan ini, potongan daging sapi, ayam, atau kambing ditusuk pada tusukan bambu, dipanggang dengan sempurna, dan disajikan dengan saus kacang yang lezat.

Salah satu ciri khas utama dari Sate Matang adalah bumbu marinasi yang digunakan pada daging sebelum dipanggang. Bumbu marinasi ini terdiri dari campuran rempah-rempah seperti bawang merah, bawang putih, ketumbar, kunyit, jahe, dan serai. Proses perendaman dalam bumbu ini memberikan rasa yang kaya dan memastikan bahwa daging empuk serta meresap dengan baik.

Sate Matang sering kali disajikan dengan cara yang unik, yaitu dengan memanggang sate menggunakan batu yang dipanaskan di atas bara api. Proses pemanggangan ini memberikan kelezatan dan keunikan tersendiri pada hidangan ini.

Nasi Gurih Aceh

Sumber Gambar: instagram @dapue_mamaadek

Nasi Gurih Aceh memiliki citarasa yang khas, dengan perpaduan rempah-rempah yang melimpah, membuatnya menjadi hidangan yang menggugah selera. Salah satu ciri khas utama dari Nasi Gurih Aceh adalah penggunaan rempah-rempah yang melimpah, seperti bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, serai, dan cabai. Rempah-rempah ini memberikan aroma yang kuat dan rasa yang kaya pada hidangan. Proses memasak Nasi Gurih Aceh juga melibatkan pemanggangan rempah-rempah kering untuk memperkaya rasa dan aroma sebelum ditambahkan ke dalam nasi.

Nasi Gurih Aceh biasanya disajikan dengan berbagai hidangan lauk-pauk khas Aceh, seperti gulai daging sapi, ayam tangkap, atau ikan panggang. Lauk-pauk ini juga dipersiapkan dengan menggunakan rempah-rempah khas Aceh, sehingga menambahkan kompleksitas rasa pada hidangan ini.

Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Kontributor

Baca Lainnya

Punceling Pass Ciwidey, Bumi Perkemahan Dengan Kolam Air Panas yang Menyegarkan

10 December 2023 - 05:55 WIB

Nirvana Valley Resort, Tempat Wisata Yang Lagi Hits Di Bogor

10 December 2023 - 03:44 WIB

Mangli Sky View Magelang – Mau Camping Bisa, Mau Glamping Juga Bisa!

9 December 2023 - 10:03 WIB

Yuk, Rasakan Berbagai Aktivitas Seru Di Pantai Rajagwesi, Dari Snorkeling Hingga Berkemah

9 December 2023 - 05:05 WIB

Menghabiskan Malam Di Pantai Wedi Ireng yang Indah Dan Asri

9 December 2023 - 01:01 WIB

Green Gumuk Candi – Lokasi Untuk Berkemah Yang Indah, Unik Dan Mempesona

8 December 2023 - 14:14 WIB

Trending di Travel