Menu

Mode Gelap

Travel · 15 Oct 2023 15:40 WIB ·

Kawah Tengkurep: Mengungkap Jejak Kesultanan Palembang Darussalam


 Kawah Tengkurep: Mengungkap Jejak Kesultanan Palembang Darussalam Perbesar

Kawah Tengkurep, salah satu destinasi wisata ziarah di Kota Palembang, Sumatera Selatan, membawa kita dalam perjalanan sejarah ke masa kejayaan Kesultanan Palembang Darussalam. Dengan arsitektur yang memukau dan keindahan alamnya, kawasan ini tidak hanya menyajikan pengalaman rohaniah namun juga kenyamanan bagi para pengunjung.

Daya Tarik Kawah Tengkurep

Kawah Tengkurep_2b
Sumber Gambar: Dream.co.id

Kawah Tengkurep di Kota Palembang menawarkan pengalaman wisata yang memukau melalui keindahan arsitektur dan pesona sejarahnya. Nama “Kawah Tengkurep” menggambarkan atap makam berbentuk kubah seperti kuali terbalik berwarna hijau, menciptakan daya tarik visual yang memikat. Lebih dari sekadar bangunan, kawasan ini adalah perpaduan estetika budaya Melayu, India, dan China yang menciptakan suasana unik.

Setiap cungkup dalam kompleks pemakaman ini memiliki makna mendalam, menaungi makam para sultan, putra-putri Sultan Mahmud Badaruddin, para pejabat, dan ketua prajurit kesultanan. Jejak sejarah terlacak dalam detail arsitektur dan ornamen yang ada, membawa pengunjung dalam perjalanan spiritual dan historis yang mengesankan.

Sumber Gambar: swara.id

Tidak hanya sebagai destinasi wisata, Kawah Tengkurep memungkinkan pengunjung untuk merasakan kehadiran masa lalu. Melalui desain bangunan dan ornamen khas setiap budaya yang terwujud dalam arsitektur, pengunjung dapat memahami pengaruh budaya yang mempengaruhi struktur bangunan ini. Kawah Tengkurep adalah bukti hidup bahwa sejarah dapat diungkapkan melalui estetika dan arsitektur yang mempesona.

Melalui kunjungan ke Kawah Tengkurep, pengunjung bisa melihat dan memahami bagaimana kehidupan masyarakat di zaman kerajaan terwujud melalui arsitektur dan pemakaman. Kombinasi antara pengalaman spiritual dan estetika menjadikan Kawah Tengkurep sebagai destinasi yang memukau. Inilah tempat di mana jejak sejarah terjalin dalam harmoni antara keindahan arsitektur dan makna budaya.

Kegiatan Menarik di Kawah Tengkurep

Sumber Gambar: jejakpiknik.com

Kawah Tengkurep, selain menjadi tujuan berziarah, juga menjadi pusat pengetahuan sejarah dan budaya Kesultanan Palembang Darussalam. Setiap tahun menjelang bulan suci Ramadan, digelar haul dan ziarah kubra ulama Palembang Darussalam. Acara ziarah ini mengundang partisipasi masyarakat setempat dan wisatawan dari seluruh nusantara serta negara tetangga.

Anak-anak sekolah dan mahasiswa tak hanya datang untuk berziarah, tetapi juga untuk memperdalam pengetahuan mereka tentang sejarah dan budaya kesultanan di Kota Palembang. Kawah Tengkurep menjadi laboratorium sejarah yang hidup, di mana mereka dapat menggali fakta-fakta menarik tentang sejarah, eksplorasi makam para sultan, dan memahami peran penjaga makam beserta keluarganya.

Selain menawarkan pesona arsitektur yang memukau, kawasan ini adalah tempat di mana setiap sudut memiliki cerita yang mendalam, mendorong generasi muda untuk menjaga budaya Indonesia. Jadi, mereka tidak hanya menyaksikan sejarah yang terpahat dalam batu.

Fasilitas yang Tersedia

Meskipun memiliki nuansa sejarah yang kuat, Kawah Tengkurep juga menyediakan fasilitas yang memadai bagi pengunjung. Pintu masuk ke kompleks pemakaman ini memiliki gapura yang menghadap Sungai Musi di arah selatan, memberikan selubung spiritual sejak awal kunjungan.

Saat memasuki kawasan, pengunjung akan menemui empat cungkup indah yang menjaga makam para sultan dan keluarga, memberikan nuansa religius yang kental. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati keindahan arsitektur Melayu, India, dan China yang dipadukan secara harmonis dalam setiap detail bangunan.

Alamat dan Rute

Kawah Tengkurep terletak di Kelurahan 3 Ilir, Kecamatan Ilir Timur Palembang, Sumatera Selatan. Akses menuju lokasi ini cukup mudah. Pengunjung yang berasal dari pusat kota Palembang dapat mengambil rute darat untuk mencapai kawasan ini.

Dari sana, perjalanan sekitar 200-300 meter menuju kawasan pemakaman akan memperkaya perjalanan spiritual Anda.

Harga Tiket Masuk dan Tips Berkunjung

Sumber Gambar: jejakpiknik.com

Harga tiket masuk Kawah Tengkurep terjangkau, membuat pengalaman berziarah dan belajar sejarah menjadi lebih terjangkau bagi semua kalangan. Sebagai tips, disarankan untuk datang dengan pakaian sopan dan menghormati peraturan yang berlaku di kompleks pemakaman ini.

Dengan daya tarik sejarah dan keindahan arsitektur yang memukau, Kawah Tengkurep adalah destinasi wisata yang memadukan rohaniah dan estetika. Melalui kunjungan ke kawasan ini, kita dapat menelusuri dan menghargai warisan budaya yang telah melahirkan Kesultanan Palembang Darussalam.

Sebuah perjalanan yang mendalam dan bermakna bagi setiap pengunjung yang ingin menyelami sejarah Indonesia dimana cocok untuk dikunjungi bagi para wisatawannya dalam waktu liburannya.

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Kontributor

Baca Lainnya

Punceling Pass Ciwidey, Bumi Perkemahan Dengan Kolam Air Panas yang Menyegarkan

10 December 2023 - 05:55 WIB

Nirvana Valley Resort, Tempat Wisata Yang Lagi Hits Di Bogor

10 December 2023 - 03:44 WIB

Mangli Sky View Magelang – Mau Camping Bisa, Mau Glamping Juga Bisa!

9 December 2023 - 10:03 WIB

Yuk, Rasakan Berbagai Aktivitas Seru Di Pantai Rajagwesi, Dari Snorkeling Hingga Berkemah

9 December 2023 - 05:05 WIB

Menghabiskan Malam Di Pantai Wedi Ireng yang Indah Dan Asri

9 December 2023 - 01:01 WIB

Green Gumuk Candi – Lokasi Untuk Berkemah Yang Indah, Unik Dan Mempesona

8 December 2023 - 14:14 WIB

Trending di Travel