Menu

Mode Gelap

Travel · 7 Nov 2023 06:28 WIB ·

Jenis – Jenis Berkemah yang Perlu Kalian Ketahui


 Jenis – Jenis Berkemah yang Perlu Kalian Ketahui Perbesar

Rasanya banyak dari kalian yang sudah tidak asing lagi dengan yang namanya berkemah bukan? Bahkan ada banyak dari kalian yang sudah pernah melakukannya selama masa sekolah, seperti berkemah pada kegiatan Pramuka. Akan tetapi dengan semakin berkembangnya zaman, semakin banyak jenis – jenis berkemah yang dapat kalian temukan.

Jenis – jenis berkemah tersebut tentu saja hadir dengan pesona dan daya tariknya masing – masing serta kelebihan dan kekurangannya juga. Nah, mungkin ada banyak dari kalian yang belum tahu. Oleh sebab itu di bawah ini kami akan memberikan kalian informasi mengenai jenis – jenis berkemah apa saja yang dapat kalian lakukan saat ini.

Penasaran? Kalau begitu, mari ikuti dan simak ulasan kami di bawah ini hingga tuntas untuk mendapatkan informasi lengkapnya.

Berkemah Konvensional

Sumber Gambar: freepik

Nah, yang pertama adalah berkemah konvensional yang mana merupakan aktivitas berkemah yang kita kenal selama ini. Kalian harus membawa perlengkapan berkemah seperti tenda, peralatan memasak, hingga perbekalan yang lengkap. Misalnya saja makanan, minuman hingga obat – obatan.

Untuk lokasinya sendiri cukup beragam, kalian dapat melakukannya di gunung, bukit, hutan, pantai, danau dan masih banyak lagi. Aktivitas berkemah yang satu ini sendiri begitu digemari karena membuat kalian lebih dekat dengan alam. Tentu saja untuk melakukan aktivitas ini kalian harus menyiapkan kondisi tubuh yang fit.

Karena biasanya jalur atau medan yang kalian lalui cukup sulit karena masih alami sehingga kalian memerlukan tenaga lebih untuk melakukannya. Akan tetapi saat ini sudah banyak area camping ground yang sudah dapat kalian gunakan untuk berkemah dengan lebih nyaman. Dan beberapa sudah menyediakan fasilitas yang lengkap seperti toilet, warung hingga wahana permainan.

Glamping atau Glamorous Camping

Sumber Gambar: forbis

Berikutnya adalah Glamping atau Glamorous Camping yang sering disebut sebagai berkemah mewah. Hal ini karena biasanya Glamping dibanderol dengan harga yang cukup tinggi atau mahal. Yang mana tidak mengherankan jika kalian melihat berbagai fasilitas mewah yang akan kalian gunakan nantinya.

Kalian juga tidak perlu repot – repot untuk membawa perlengkapan berkemah karena sudah disediakan semua oleh pihak pengelola. Kalian bisa merasakan menginap di alam terbuka yang dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas, seperti televisi, kasur empuk, kamar mandi, dan sebagainya. Yang mana cukup sulit untuk kalian temukan ketika kalian melakukan aktivitas berkemah konvensional.

Jadi dengan kata lain, walaupun kalian sedang berkemah akan tetapi kalian akan merasa menghabiskan malam kalian di dalam hotel berbintang atau villa. Glamping cocok bagi kalian yang ingin menghabiskan waktu berkemah bersama dengan anak – anak karena fasilitasnya yang lengkap.

Car Camping

Sumber Gambar: Freepik

Selanjutnya adalah Car Camping, yang sesuai dengan namanya adalah aktivitas berkemah yang dapat kalian gunakan menggunakan mobil pribadi kalian. Untuk tidur kalian dapat menggunakan tenda tambahan atau langsung tidur di dalam mobil kalian. Car Camping tentu saja memiliki kelebihan jika kalian bandingkan dengan berkemah secara konvensional.

Kalian tidak perlu mendirikan tenda, dan kalian dapat tidur dengan lebih nyaman karena lebih kedap suara serta terhindar dari air hujan. Kalian juga dapat membawa lebih banyak barang bawaan apalagi jika kalian menggunakan mobil dengan ukuran yang lebih besar. Hanya saja ada kekurangan dari Car Camping ini yang mana salah satunya adalah lokasi yang dapat kalian gunakan untuk Car Camping cukup terbatas.

Karena kalian harus mencari lokasi berkemah yang dapat dilalui oleh mobil dengan baik, sehingga lokasi seperti gunung yang terjal sudah pasti tidak bisa kalian gunakan untuk Car Camping.

Bike Camping

Sumber Gambar: FROZZAHOLIC

Yang terakhir adalah Bike Camping, yang mana sesuai dengan namanya kalian melakukan aktivitas berkemah dengan membawa sepeda kesayangan kalian. Bike Camping hampir sama dengan berkemah konvensional karena kalian memerlukan fisik yang fit untuk dapat melakukannya. Kalian perlu melakukan perjalanan yang cukup jauh sambil membawa muatan yang cukup berat bobotnya.

Barang – barang yang kalian bawa juga cukup terbatas karena kapasitas dari Pannier yang tidak terlalu besar. Bedanya dengan Car Camping, Bike Camping memiliki lokasi untuk berkemah yang lebih banyak. Bike Camping ini tentu saja memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas berkemah lainnya.

Nah, itulah beberapa jenis berkemah yang dapat kalian lakukan saat ini yang mana hadir dengan pesona dan daya tariknya masing – masing.

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Kontributor

Baca Lainnya

Punceling Pass Ciwidey, Bumi Perkemahan Dengan Kolam Air Panas yang Menyegarkan

10 December 2023 - 05:55 WIB

Nirvana Valley Resort, Tempat Wisata Yang Lagi Hits Di Bogor

10 December 2023 - 03:44 WIB

Mangli Sky View Magelang – Mau Camping Bisa, Mau Glamping Juga Bisa!

9 December 2023 - 10:03 WIB

Yuk, Rasakan Berbagai Aktivitas Seru Di Pantai Rajagwesi, Dari Snorkeling Hingga Berkemah

9 December 2023 - 05:05 WIB

Menghabiskan Malam Di Pantai Wedi Ireng yang Indah Dan Asri

9 December 2023 - 01:01 WIB

Green Gumuk Candi – Lokasi Untuk Berkemah Yang Indah, Unik Dan Mempesona

8 December 2023 - 14:14 WIB

Trending di Travel