Menu

Mode Gelap

Travel · 8 Oct 2023 16:02 WIB ·

Gunung Tangkoko, Gunung Indah Rumahnya Flora Dan Fauna Unik Yang Mempesona


 Gunung Tangkoko, Gunung Indah Rumahnya Flora Dan Fauna Unik Yang Mempesona Perbesar

Gunung Tangkoko yang berada di Kota Bitung, Provinsi Sulawesi Utara adalah tempat yang dapat kalian kunjungi jika ingin melihat berbagai Flora dan juga Fauna unik yang mempesona. Maklum, Gunung Tangkoko memang merupakan habitat dari berbagai Flora dan Fauna menarik. Gunung Tangkoko ini sendiri berbatasan dengan Cagar Alam Gunung Duasudara dan memiliki luas hingga mencapai 3.195 Hektar.

Karena wilayahnya yang sangat luas membuat kalian yang baru pertama kali disarankan untuk menggunakan jasa pemandu agar kalian tidak tersasar dan dapat menikmati waktu liburan dengan maksimal. Akses jalan untuk menuju ke Gunung Tangkoko sudah cukup baik dan kalian dapat menggunakan kendaraan pribadi kalian untuk mengaksesnya.

Nah, untuk memberikan kalian gambaran mengenai seberapa seru dan menyenangkannya liburan di Gunung Tangkoko. Kami sudah merangkum beberapa informasi menarik yang rasanya dapat kalian gunakan sebagai bahan referensi. Kalian mau tahu apa sajakah itu?

Kalau begitu, mari ikuti dan simak ulasan kami di bawah ini hingga tuntas untuk mendapatkan gambarannya.

Fasilitas Di Gunung Tangkoko

Kalian akan menemukan cukup banyak fasilitas yang dapat kalian gunakan, hanya saja karena ukurannya yang cukup luas membuat fasilitas tersebut tersebar di beberapa titik. Buat kalian yang datang dengan kendaraan pribadi entah itu roda dua maupun roda empat dapat memarkir kendaraan tersebut di area parkir yang sudah disediakan. Tempat parkir ini sendiri sudah dijaga oleh petugas parkir sehingga kalian tidak perlu khawatir dengan keamanan kendaraan kalian.

Gunung Tangkoko juga menyediakan area yang dapat kalian gunakan untuk beristirahat, yang di dalamnya ada gazebo dan bangku – bangku yang dapat kalian gunakan. Di sekitar area tersebut kalian juga akan menemukan banyak warung – warung kecil. Yang mana menawarkan berbagai makanan dan juga minuman untuk mengisi perut yang mulai keroncongan atau sekedar untuk ngopi santai saja.

Biasanya kalian juga akan ditemani oleh pemandu agar kalian dapat menikmati liburan kalian dengan lebih maksimal, terutama bagi kalian yang baru pertama kali datang berkunjung. Kalian juga bisa menghabiskan malam dengan berkemah di Gunung Tangkoko, akan tetapi kalian harus meminta izin kepada petugas terlebih dahulu ya. Dan untuk bersih – bersih, kalian akan menemukan toilet dan kamar mandi yang dapat kalian gunakan dengan nyaman.

Aktivitas Menarik dan Menyenangkan Di Gunung Tangkoko

Kalian dapat melakukan cukup banyak aktivitas menarik dan menyenangkan untuk mengisi waktu luang kalian selama berada di Gunung Tangkoko. Yang mana beberapa aktivitas menarik dan menyenangkan yang bisa kalian lakukan adalah sebagai berikut :

Mendaki Gunung Tangkoko

Sumber Gambar: okezone.com

Namanya saja Gunung Tangkoko, tentu saja daya tarik utama yang bisa kalian lakukan di tempat ini adalah mendaki. Tapi perlu kalian ketahui jika Gunung Tangkoko tidak disarankan untuk didaki oleh kalian yang masih pemula. Hal ini dikarenakan medan yang akan dilalui cukup sulit dan menantang sehingga hanya cocok bagi kalian yang sudah berpengalaman.

Gunung Tangkoko ini sendiri cukup populer bagi kalangan pendaki terutama bagi mereka yang senang dengan medan – medan terjal yang menantang. Kalian tentunya harus menjaga kondisi agar optimal sebelum mendaki ke Gunung Tangkoko ini.

Melihat Flora dan Fauna

Sumber Gambar: Google Maps@ Supriyanto Pawiro

Gunung Tangkoko memang memiliki kondisi alam yang masih sangat alami dan menjadi habitat dari Flora serta Fauna unik. Untuk Flora kalian dapat melihat Kantong Semar dan juga bunga Edelweiss yang menjadi primadona dari Gunung Tangkoko. Tentu saja kalian juga dapat melihat Flora – Flora unik dan langka lainnya.

Sedangkan untuk Faunanya sendiri, kalian dapat melihat Tarsius, Kuskus, Maleo dan juga Yaki yaitu monyet hitam Sulawesi. Melihat dan bertemu dengan Flora dan Fauna unik dan langka ini tentu saja memberikan pengalaman yang tidak akan kalian lupakan.

Berkemah Di Gunung Tangkoko

Sumber Gambar: jejakruang.com

Kalian juga bisa menghabiskan malam kalian di Gunung Tangkoko dengan berkemah di alam terbuka. Akan tetapi kalian harus meminta izin kepada para petugas sebelum kalian mendirikan tenda di Gunung Tangkoko. Kalian juga harus menyediakan perlengkapan berkemah kalian sendiri karena tidak ada tempat penyewaan yang dapat kalian gunakan.

Memang terdengar merepotkan akan tetapi dengan keindahan alam Gunung Tangkoko dan suasana yang ditawarkan membuat semuanya terasa sangat layak.

Lokasi dan Alamat Gunung Tangkoko

Untuk alamatnya sendiri, Gunung Tangkoko berada di Kelurahan Pinangunian, Kecamatan Aertembaga, Kota Bitung, Provinsi Sulawesi Utara.

Artikel ini telah dibaca 5 kali

badge-check

Kontributor

Baca Lainnya

Punceling Pass Ciwidey, Bumi Perkemahan Dengan Kolam Air Panas yang Menyegarkan

10 December 2023 - 05:55 WIB

Nirvana Valley Resort, Tempat Wisata Yang Lagi Hits Di Bogor

10 December 2023 - 03:44 WIB

Mangli Sky View Magelang – Mau Camping Bisa, Mau Glamping Juga Bisa!

9 December 2023 - 10:03 WIB

Yuk, Rasakan Berbagai Aktivitas Seru Di Pantai Rajagwesi, Dari Snorkeling Hingga Berkemah

9 December 2023 - 05:05 WIB

Menghabiskan Malam Di Pantai Wedi Ireng yang Indah Dan Asri

9 December 2023 - 01:01 WIB

Green Gumuk Candi – Lokasi Untuk Berkemah Yang Indah, Unik Dan Mempesona

8 December 2023 - 14:14 WIB

Trending di Travel