Menu

Mode Gelap

Travel · 31 Oct 2023 14:49 WIB ·

Gua Buniayu, Gua Alam Yang Menarik Untuk Dikunjungi Wisatawan


 Gua Buniayu, Gua Alam Yang Menarik Untuk Dikunjungi Wisatawan Perbesar

Kota Sukabumi merupakan salah satu nama kota di daerah Jawa Barat. Salah satu dari sekian tempat wisata dikenal sebagai Goa Cipicung, yang dikarenakan lokasi Goa Buniayu terletak di wilayah Cipicug. Beberapa masyarakat di daerah tersebut mengenalnya dengan Goa Siluman. Akan tetapi setelah goa diserahkan kepada Perhutani, maka diganti nama menjadi Gua Buniayu.

Sekilas Tentang Gua Buniayu

Gua Bumiayu_2b
Sumber Gambar: Ray Adventure

Salah satu yang menarik diantara goa yang ada di Jawa Barat, Goa Buniayu lebih dipilih oleh para wisatawan karena keindahan goa dan kealamian ornamen – ornamen yang ada di goa tersebut.

Gua Buniayu terletak di Kota Sukabumi, Jawa Barat. Dengan menjelajahi goa tersebut, para pengunjung dapat menikmati suasana yang berbeda. Contohnya seperti menikmati stalaktit, stalakmit, drapery, gourdam dan ornamen goa lainnya. Hal ini akan memberikan kesan yang berbeda saat pengunjung menikmati keindahan alamnya.

Gua Buniayu yang ada di Pangandaran mempunyai arti kecantikan yang tersembunyi dan berasal dari kata “Buni” dengan arti tersembunyi dan “Ayu” memiliki arti cantik. Tidak hanya itu, Goa tersebut juga pernah di jadikan lokasi pengambilan film yang berjudul “Wiro Sableng” dan “Si Buta dari Goa Hantu”.

Fasilitas di Gua Buniayu

Seperti tempat wisata pada umumnya, di Gua Buniayu juga disediakan tempat penginapan seperti saung – saung kecil dan aula untuk menginap atau hanya sekedar beristirahat. Jadi, tidak perlu khawatir ketika beriwisata di Gua Buniayu, ya!

Untuk penginapan tersebut memiliki harga yang berbeda – beda, mulai dari harga Rp. 150.000,- hingga Rp. 600.000,- per malam dengan kapasitas yang disediakan sekitar 3-12 orang.

Apabila ingin mendapat kesan yang lebih alami, wisatawan juga dapat mendirikan tenda di sekitar Gua Buniayu, lho! Karena disekitar lokasi tersebut banyak terdapat warung – warung kecil dan fasilitas lain seperti toilet umum dan keran air bersih. Ada dua jenis perjalanan yang ditawarkan kepada para wisatawan, di antaranya:

  • Penelusuran minat umum, dalam penelusuran ini para wisatawan akan masuk ke dalam goa sedalam kurang lebih 500 meter. Jenis tawaran ini wisatawan tidak memerlukan peralatan khuss, cukup dengan menggunakan sepatu antislip serta pakaian yang nyaman digunakan.
  • Penelusuran gua, para wisatawan dalam penelusuran ini memerlukan perlengkapan khusus, seperti herm, sarung tangan, sepatu boot, wear pack anti air serta peralatan lainnya. Peralatan – peralatan ini juga akan dipersiapkanlangsung oleh operator Buniayu.

Sensasi Caving Goa Buniayu sebagai hal yang tidak mengatur waktu. Sehingga, para wisatawan yang berada di goa, mereka tidak akan dapat membedakan waktu antara siang dan malah hari. Namun, wisatawan juga boleh diperkenankan masuk ke goa tersebut di malam hari dan keluar pada pagi hari.

Sejarah Gua Buniayu

Goa Buniayu sebelumnya dikelola oleh Pengawas Perhutani. Akan tetapi sekarang sudah lengkap baik, operator swasta yang secara professional dalam mengelola wisata Goa Buniayu.

Penelusuran dan pemetaan Goa Siluman yang dilakukan pertama kali di tahun 1982 oleh seorang speleleogiwan Indonesia , yaitu Dr. R. K.T Kho serta bersama beberapa penelusuru kebangsaan Perancis.

Hingga saat ini, sudah ditemukan 7 goa yang sudah berhasil dipetakan wisata Bumiayu. Akan tetapi keindahan Goa Bumiayu menjadikan banyak yang digemari oleh para wisatawan karena tempat dan suasananya yang menarik dan menyenangkan dibandingkan dengan goa – goa lainnya.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Goa Buniayu

Gua Buniayu_3c
Sumber Gambar:Sumber: Viva

Untuk jam buka maka akan menyedikan beberapa. Harga tiket masuk kawasan Wana Wiasata Buniayu akan dikenakan biaya sebesar Rp. 5.000,- per orang. Sementara Gua Buniayu horizontal disebut sebagai peket minat umum, biaya yang dikeluarkan Rp. 20.000,- per orang.

Kemudian, untuk masuk dengan memilih paket Gua Buniayu vertical akan dikenakan biaya Rp. 150.000,- per orang serta mendapatrkan paket lengkap dari operator. Jam buka pada kawasan ini adalah 24 jam penuh, akan tetapi pengunjung juga disarankan mememsan tempat terlebih dahulu.

Apabila Anda berminat untuk menjelajahi Gua Buniayu yang unik ini, maka disarankan sebaiknya tidak membuang sampah sembarangan, yak arena goa Buniayu menjadi salah satu kekayaan Indonesia yang perlu dijaga dan dilestarikan.

Tidak hanya itu, pengunjung juga dapat menerapkan tipis – tipis yang sudah diterangkan. Semoga artikel ini dapat membantu liburan, kamu, ya!

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Kontributor

Baca Lainnya

Punceling Pass Ciwidey, Bumi Perkemahan Dengan Kolam Air Panas yang Menyegarkan

10 December 2023 - 05:55 WIB

Nirvana Valley Resort, Tempat Wisata Yang Lagi Hits Di Bogor

10 December 2023 - 03:44 WIB

Mangli Sky View Magelang – Mau Camping Bisa, Mau Glamping Juga Bisa!

9 December 2023 - 10:03 WIB

Yuk, Rasakan Berbagai Aktivitas Seru Di Pantai Rajagwesi, Dari Snorkeling Hingga Berkemah

9 December 2023 - 05:05 WIB

Menghabiskan Malam Di Pantai Wedi Ireng yang Indah Dan Asri

9 December 2023 - 01:01 WIB

Green Gumuk Candi – Lokasi Untuk Berkemah Yang Indah, Unik Dan Mempesona

8 December 2023 - 14:14 WIB

Trending di Travel