Menu

Mode Gelap

Travel · 17 Oct 2023 15:49 WIB ·

Goa Petruk, Destinasi Wisata Yang Cukup Menarik Wisatawannya


 Goa Petruk, Destinasi Wisata Yang Cukup Menarik Wisatawannya Perbesar

Ketika mendengar nama Petruk, tentu banyak orang akan langsung teringat dengan salah satu tokoh pewayangan punokawan yang banyak akal. Memiliki hidung yang mancung dan sifat humoris selalu berhasil membuat banyak penikmat wayang tertawa dengan cerita – cerita dagelan di petruk.

Harga Tiket Masuk Goa Petruk

Goa Petruk_2b
Goa Petruk. (Sumber: TempatWisata.com)

Harga tiket masuk ke Goa Petruk per orang dewasa cukup membayar sebesar Rp. 7.500 dan untuk anak – anak dibawah 5 tahun hanya membayar Rp. 4.000. Namun ini hanya untuk biaya masuk saja, ya, untuk biaya lain yang perlu disiapkan adalah biaya menyewa perlengkapan telusur goa dengan berbagai macam perlengkapannya.

Perlengkapan tersebut mulai dari helm pelindung, senter, baju tahan air, sepatu boot dan masih banyak jenis lain yang dapat disewa. Dapat disewa dengan harga sewa yang sangat terjangkau bagi kalangan wisatawan yang datang ke Goa Petruk. Akan tetapi, untuk menjaga kelestarian Goa Petruk Kebumen, area tersebut tidak diperkenankan menggunakan listrik untuk menerangi kawasannya. Maka, cukup gelap dan diperlukan anak penerangan tambahan apabila ingin menelusuri Goa ini.

Wisatawan juga dapat membawa perlengkapan sendiri. Sebelum berkunjung disarankan untuk memperhatikan jam operasional Goa Petruk lebih dulu, ya yaitu buka setiap hari dari pukul 07.30 – 16.00 WIB.

Rute Lokasi dan Alamat

Meskipun letaknya tidak terlalu strategis, namun lokasi Goa Petruk cukup mudah untuk ditemukan. Goa dengan panjang mencapai 2 km ini mempunyai area jelajah 100-600 m, dengan tinggi rata – rata 32 m dan lebar kurang lebih 14 m.

Untuk alamat tepatnya Goa Petruk berada di dusun Mandayana, Desa Candirenggo, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah. Apabila wisatawan dari alun – alun Kebumen maka menuju wisata goa ini akan menempuh perjalanan sekitar jarak 38 km.

Hal ini akan berbeda dengan perjalanan dari alun – alun kota Gombong yang jaraknya hanya sekitar 25 km dengan waktu tempuh 39 menit berkendara. Akses jalan yang harus dilalui juga sudah cukup baik dengan aspal yang layak dilalui oleh berbagai jenis kendaraan wisatawan.

Apabila wisatawan mengalami kendala atau kesulitan dalam perjalanan menuju Goa Petruk maka tidak perlu khawatir, silahkan menggunakan maps untuk melihat petunjuk akurat yang akan memudahkan jalan – jalan bersama keluarga di Goa Petruk.

Fasilitas yang disediakan Goa Petruk

Goa Petruk_3c
Goa Petruk. (Sumber: Native Indonesia)

Dengan berkunjung bersama keluarga maupun orang tercinta maka akan membuat momen liburan semakin bahagia dan tidak akan terlupa. Berbagai fasilitas dan sarana pendukung yang cukup memadai dapat wisatawan temukan di dalam rekreasi Goa Petruk. Berikut ini beberapa fasilitas yang disediakan, diantaranya :

  • Memiliki tempat parkir kendaraan yang memadai.
  • Adanya pusat informasi wisata Goa.
  • Kamar mandi dan Mushola.
  • Persewaan alat telusur Goa.
  • Tempat duduk atau kursi
  • Warung wisata sederhana.
  • Jasa pemandu wisata.
  • Wisata panjat tebing Goa Petruk.
  • Spot foto yang menarik.

Adanya fasilitas – fasilitas tersebut tentu akan menunjang berbagai aktivitas dan kegiatan dar dari para pengunjung selama liburan di Goa Petruk. Dapatkan liburan yang bermakna sekaligus berkualitas dengan eksplorasi Goa Petruk yang menakjubkan.

Spot Terbaik di Goa Petruk

Sumber Gambar: perizinan.kebumenkab.go.id

Sebenarnya wisata ini dibagi ke dalam 3 bagian yang dapat wisatawan temukan di dalamnya. Bagian pertama atau lebih tepatnya di lantai 1 hanya ada kelelawar dan aroma yang kurang sedap di sekitarnya.

Sementara dibagian ke kedua diberi nama Gua Semar, yang disajikan berupa pemandangan dari bebatuan yang cukup indah dan mempesona. Untuk di bagian akhir namanya Goa Petruk, dari sini terdapat batu dengan wujud hidung milik toko punakawan jenaka ini.

Apabila wisatawan sudah pernah berkunjung kesini maka akan  menemukan stalaktit dan stalagmit yang dapat disaksikan di setiap sudut kawasan wisata Goa Petruk. Ada berbagai macam bentuk unik dan stalaktit dan stalagmit yang masih asli seperti menyerupai tugu pancoran, semar dan baju putih.

Tips Berkunjung di Goa Petruk

Tidak hanya melihat keindahan dari Goa Petruk, agar tidak terlalu ramai maka disarankan untuk berkunjung di pagi hari. Berikut ini tips dalam berkunjung di Goa Petruk, yaitu :

  • Menggunakan alas kaki yang tidak licin.
  • Persiapkan fisik dengan baik sebelum memutuskan untuk masuk Goa.
  • Goa Petruk tidak disarankan bagi para wisatawan yang memiliki phobia tempat gelap.
  • Sedia senter sendiri untuk penerangan ketika di susur Goa.
  • Membawa baju ganti untuk wisatawan kenakan setelah menjelajahi Goa Petruk.

Nah, itulah ulasan yang cukup singkat seputar Goa Petruk, ya. Wisata ini dapat dijadikan sebagai Salah satu tempat untuk mengisi waktu libur selanjutnya. Bagi wisatawan yang sedang mencari wisata anti mainstream di  Kebumen, maka Goa Petruk adalah jawabannya.

Artikel ini telah dibaca 17 kali

badge-check

Kontributor

Baca Lainnya

Punceling Pass Ciwidey, Bumi Perkemahan Dengan Kolam Air Panas yang Menyegarkan

10 December 2023 - 05:55 WIB

Nirvana Valley Resort, Tempat Wisata Yang Lagi Hits Di Bogor

10 December 2023 - 03:44 WIB

Mangli Sky View Magelang – Mau Camping Bisa, Mau Glamping Juga Bisa!

9 December 2023 - 10:03 WIB

Yuk, Rasakan Berbagai Aktivitas Seru Di Pantai Rajagwesi, Dari Snorkeling Hingga Berkemah

9 December 2023 - 05:05 WIB

Menghabiskan Malam Di Pantai Wedi Ireng yang Indah Dan Asri

9 December 2023 - 01:01 WIB

Green Gumuk Candi – Lokasi Untuk Berkemah Yang Indah, Unik Dan Mempesona

8 December 2023 - 14:14 WIB

Trending di Travel