Menu

Mode Gelap

Travel · 31 Oct 2023 15:09 WIB ·

Curug Sawer, Wisata Air Yang Seru di Sukabumi!


 Curug Sawer, Wisata Air Yang Seru di Sukabumi! Perbesar

Kota Sukabumi memiliki berbagai keindahan alamnya yang menarik dan juga mempesona. Sejalan akan hal tersebut, salah satu spot wisatanya bernama Curug Sawer adalah salah satu tempat wisata yang selalu ramai untuk dikunjungi bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan alamnya.

Sejarah Asal Mula Curug Sawer

Curug Sawer_2b
Sumber Gambar: Native Indonesia

Banyak cerita yang berkembang dimasyarakat mengenai penamaan Curug Sawer, sejauh ini belum dapat dibuktikan dengan benar. Cerita yang berkembang tersebut, sebagai berikut:

  • Sebagai tempat pernikahan

Zaman dahulu ada seorang sesepuh yang bernama Mbah Rangkung, beliau melakukan pernikahan anaknya di Curug Sawer tersebut dengan menggunakan adat sunda, dimana didalam adat sunda terdapat sebuah ritual yang diberi nama “Saweran atau Nyawer”.
Nyawer atau saweran sebagai salah satu sebuah tradisi sunda yang dilakukan oleh sepasang pengantin yang baru selesai melakukan ijab qabul.

Dari pengantin tersebut akan melemparkan koin, uang maupun beras sebagai simbol berbagi rezeki dari kedua mempelai kepada para tamu undangan yang hadir. Dari upacara pernikahan anak dari Mbah Rangkung tersebut, maka curug ini disebut warga sekitar sebagai Curug Sawer.

  • Tempat bertemunya muda mudi

Cerita kedua yaitu tempat ini sering dijadikan sebagai tempat bertemunya sepasang muda mudi yang sedang menjalin kasih. Mereka yang bertemu disini selalu berkahir dengan pernikahan. Maka dari situ, curug tersebut diberi nama Curug Sawer.

Namun, dari mana cerita yang sebenarnya melatarbelakangi penamaan Curug Sawer, yang pasti curug ini menghadirkan keindahan alam yang sayang untuk dilewatkan.

Berbagai Macam Wisata Curug Sawer di Sukabumi

Curug Sawer_3c
Sumber Gambar: KSM Tour

Banyak hal yang dapat dilakukan oleh wisatawan ketika berada di Curug Sawer, diantaranya yaitu:

Wisata air ini mempunyai ketinggian yang tidak terlalu tinggi. Katanya Curug Sawer mempunyai tinggi sekitar 73 kilometer, akan tetapi setelah terjadi longsor di wilayah tersebut ketinggiannya berkurang menjadi lebih kecil.

Apabila dimusim hujan Curug Sawer mempunyai aliran air yang cukup deras, hal ini berneda dengan cuaca yang sudah tidak lama turun hujan maka debit airnya akan berkurang.

Air yang berada di Curug Sawer akan keluar melewati himpitan batuan yang cukup besar, dibawahnya terdapat kolam yang menampung tumpahan air tersebut. Sehingga dikolam tersebut para pengunjung akan mandi atau hanya merendamkan kakinya saja.

Selain menikmati kesejukan air Curug Sawer juga dapat melihat pemandangan sekitar yang alami dan asri, sehingga membuat jiwa dan raga dapat beristirahat dari hirup pikuknya kesibukan.

Tidak hanya mandi di Curug Sawer, namun wisatawan juga dapat mengelilingi Curug Sawer dengan berkuda, lho! Dengan memiliki area yang sangat luas sehingga dapat digunakan kegiatan berkuda yang sudah disediakan oleh tim pengelola.

Apabila wisatawan sudah sampai di Curug Sawer maka kegiatan yang satu ini tidak boleh kamu lewati begitu saja, ya. Untuk pengunjung yang ingin mencoba terbang atau berjalan di atas jembatan gantung melintasi pepohonan pinus yang berderat, maka kamu wajib untuk mencoba kegiatan yang satu ini.

Curug Sawer terletak di kawasan hutan pinus, maka sayang untuk wisatawan lewatkan kegiatan berpiknik ditempat ini. Sebelum melanjutkan perjalanan menuju Curug Sawer, alangkah baiknya melakukan kegiatan piknik dibawah rimbunnya pohon pinus.

Tidak hanya itu, namun pengunjung juga dapat bersantai di atas Hammock yang sudah disediakan oleh tim pengelola.

Alam selalu menyediakan spot foto yang menarik dan tiada duanya. Pengunjung dapat berfoto dengan latar belakang pohon pinus dan pastinya juga pengunjung harus berfoto dengan latar Curug Sawer itu sendiri.

Jam Operasional dan Lokasi Curug Sawer

Jam operasional Curug Sawer dibuka mulai pukul 08.00 hingga pukul 17.00, dari hari Senin sampai dengan hari Minggu. Sementara untuk lokasinya sendiri terletak di Cililin Gabus Girang, Desa Karangtanjung, Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat, Kode Pos 40562.

Nah itulah tentang sejarah dan kegiatan yang dapat pengunjung nikmati di Curug Sawer. Dari kejadian alam sendiri memang penuh dengan misteri, dimulai dari proses terbentuknya, letak keberadaan tempatnya hingga sejarah dibalik penamaannya. Kemampuan kita juga tidak akan pernah sanggup mengolahnya.

Maka, tugas kita harus menjaga serta melestarikan keindahan alam yang sudah diberikan Tuhan melalui Curug Sawer ini. Nikmati liburan akhir pekan di Curug Sawer, ya!

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Kontributor

Baca Lainnya

Punceling Pass Ciwidey, Bumi Perkemahan Dengan Kolam Air Panas yang Menyegarkan

10 December 2023 - 05:55 WIB

Nirvana Valley Resort, Tempat Wisata Yang Lagi Hits Di Bogor

10 December 2023 - 03:44 WIB

Mangli Sky View Magelang – Mau Camping Bisa, Mau Glamping Juga Bisa!

9 December 2023 - 10:03 WIB

Yuk, Rasakan Berbagai Aktivitas Seru Di Pantai Rajagwesi, Dari Snorkeling Hingga Berkemah

9 December 2023 - 05:05 WIB

Menghabiskan Malam Di Pantai Wedi Ireng yang Indah Dan Asri

9 December 2023 - 01:01 WIB

Green Gumuk Candi – Lokasi Untuk Berkemah Yang Indah, Unik Dan Mempesona

8 December 2023 - 14:14 WIB

Trending di Travel