Menu

Mode Gelap

Travel · 10 Oct 2023 15:00 WIB ·

Bersantai sejenak di Telaga Menjer, Wonosobo


 Bersantai sejenak di Telaga Menjer, Wonosobo Perbesar

Wonosobo sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Tengah, Indonesia, menyimpan banyak keajaiban alam dan budaya yang menarik untuk dijelajahi. Hal ini dapat dilihat dari kunjungan wisatawan mancanegara yang memiliki jumlah terbanyak keempat dari seluruh Kabupaten/Kota yang ada di Jawa Tengah. Dengan lanskap pegunungan yang menakjubkan, udara segar, dan kearifan lokal yang kaya, Wonosobo menawarkan pengalaman wisata yang tak terlupakan bagi pengunjung dari dalam dan luar negeri. Salah satu objek wisata yang akan kita bahas kali ini adalah Telaga Menjer yang ada di Wonosobo.

Telaga Menjer Wonosobo

Sumber Gambar: instagram @telagamenjer

Telaga Menjer ini adalah salah satu danau terluas yang terletak di kaki pegunungan Dieng. Telaga Menjer mempunyai kedalaman mencapai 45 meter dan berada di ketinggian 1.300 mdpl. Karena tempat nya yang lumayan tinggi, ketika kamu datang kesini kamu akan merasakan kesejukan di sekitar area Telaga Menjer.

Telaga Menjer terbentuk karena adanya letusan Gunung Pakuwaja yang dulunya merupakan gunung berapi aktif. Sebelum terjadinya letusan gunung tersebut, tempat ini hanya merupakan mata air kecil. Selain objek wisata, Telaga Menjer juga dimanfaatkan masyarakat sekitar sebagai pembangkit listrik tenaga air.

Sumber Gambar: Google Maps @Awenn

Salah satu daya tarik utama Telaga Menjer adalah panorama yang menawan. Saat matahari terbit atau terbenam, pemandangan di Telaga Menjer menjadi lebih dramatis dan indah. Cahaya matahari yang memancar menerobos celah-celah pepohonan menghasilkan pantulan warna-warni yang menakjubkan di permukaan air. Keindahan ini sering kali diabadikan dalam foto-foto yang memukau dan mengesankan.

Selain menikmati panorama alam yang menakjubkan, pengunjung juga dapat beraktivitas di sekitar Telaga Menjer. Wisatawan dapat menyewa perahu dan menjelajahi danau, menikmati pemandangan sambil merasakan sejuknya angin pegunungan yang meniup lembut. Aktivitas bersepeda juga sangat disukai di sekitar danau ini, dengan rute yang menawarkan pemandangan alam yang memikat.

Telaga Menjer juga dikelilingi oleh hutan pinus yang rindang, menambah keindahan dan kesegaran tempat ini. Wisatawan dapat berjalan-jalan di bawah pepohonan pinus yang tinggi sambil menikmati aroma segar yang ditawarkan oleh hutan ini. Banyak area piknik yang tersedia di sekitar danau, sehingga pengunjung dapat bersantai sambil menikmati suasana damai dan indah.

Rute Menuju Telaga Menjer

Rute menuju Telaga Menjer terbilang cukup mudah karena ada dua jalan yang bisa kamu lewati. Yang pertama kamu bisa melewati akses Alun-alun Kota Wonosobo dan menuju Pasar Garung melalui Jalan Dieng yang berada di sebelah barat alun-alun. Dari Pasar Garung nanti akan terdapat pertigaan di kiri jalan, setelah itu kamu bisa terus melanjutkan jalan menuju Telaga Menjer.

Rute lainnya bisa dilewati dari Jumprit, Temangung. Rute ini terbilang cukup berliku, namun rute ini menawarkan pemandangan alam yang menarik. Di sepanjang jalur ini kamu akan menemukan deretan hutan pinus, deretan perkebunan masyarakat, deretan perkebunan bunga dan kebun teh Tambi yang menyejukkan mata. Kamu dapat mengikuti jalan lurus hingga menemukan persimpangan antara Jalan Tambi dan Jalan Dieng. Kamu kemudian dapat memilih apakah akan belok kiri atau kanan. Namun jalur kiri arah Pasar Garung dinilai lebih mudah dilalui, hingga akhirnya nanti kamu akan menemukan Pasar Garung dan menempuh jalur yang sama dengan jalur sebelumnya.

Fasilitas Telaga Menjer

  • Area parkir yang cukup luas
  • Warung makan
  • Tempat duduk yang disediakan di sudut-sudut telaga
  • Area Bermain anak
  • Spot foto
  • Keliling telaga dengan Perahu
  • Toilet
  • Mushola
  • Spot Memancing

Telaga Menjer telah menjadi daya tarik utama bagi pariwisata di Wonosobo. Keindahannya yang memukau, alam yang asri, dan ketenangan yang ditawarkannya membuat Telaga Menjer menjadi tempat yang sempurna untuk melarikan diri dari hiruk-pikuk kehidupan sehari-hari dan menikmati kedamaian alam. Bagi pecinta alam dan fotografi, Telaga Menjer adalah surga yang tak boleh dilewatkan di Jawa Tengah. Jadi, jika kamu mencari destinasi wisata alam yang menakjubkan di Indonesia, jangan lewatkan Telaga Menjer di Wonosobo. Keindahan dan ketenangan yang ditawarkannya akan mengisi jiwa dan memanjakan mata kamu.

Bersiaplah untuk terpesona oleh keajaiban alam Telaga Menjer yang tak akan pernah terlupakan.

Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Kontributor

Baca Lainnya

Punceling Pass Ciwidey, Bumi Perkemahan Dengan Kolam Air Panas yang Menyegarkan

10 December 2023 - 05:55 WIB

Nirvana Valley Resort, Tempat Wisata Yang Lagi Hits Di Bogor

10 December 2023 - 03:44 WIB

Mangli Sky View Magelang – Mau Camping Bisa, Mau Glamping Juga Bisa!

9 December 2023 - 10:03 WIB

Yuk, Rasakan Berbagai Aktivitas Seru Di Pantai Rajagwesi, Dari Snorkeling Hingga Berkemah

9 December 2023 - 05:05 WIB

Menghabiskan Malam Di Pantai Wedi Ireng yang Indah Dan Asri

9 December 2023 - 01:01 WIB

Green Gumuk Candi – Lokasi Untuk Berkemah Yang Indah, Unik Dan Mempesona

8 December 2023 - 14:14 WIB

Trending di Travel