Menu

Mode Gelap

Travel · 10 Nov 2023 09:25 WIB ·

Bermain Air, Berkemah Dan Petik Apel Di Coban Waru


 Bermain Air, Berkemah Dan Petik Apel Di Coban Waru Perbesar

Main air dan berkemah di sebuah Coba atau air terjun rasanya sudah biasa tapi gimana kalau sambil petik dan makan apel? Lho kok bisa? Nah, sebuah air terjun atau Coban yang berada di Kabupaten Pasuruan bernama Coban Waru. Coban ini sendiri merupakan Coban yang berada di lahan milik Perhutani dan digagas oleh para pemuda setempat yang bekerja sama dengan pihak LMDH.

Lokasinya yang berada di Desa Kayukebek membuat para pengunjung dapat menikmati apel yang mereka petik secara langsung. Maklum, Desa Kayukebek ini sendiri merupakan sebuah desa yang terkenal sebagai penghasil apel dan berhasil dikolaborasikan dengan sangat baik dengan Coban Waru.

Coban Waru ini sendiri memiliki ketinggian sekitar 25 meter dengan arus air yang cukup kuat dengan vegetasi indah yang mengelilinginya. Akses jalan sudah sangat baik, walaupun kalian harus melalui banyak jalan yang berkelok. Sepanjang perjalanan kalian akan disambut dengan pemandangan yang indah berupa pegunungan hingga perkebunan.

Di bawah ini kami akan memberikan kalian informasi menarik mengenai apa saja hal – hal menarik yang akan kalian temukan di Coban Waru. Dengan begitu, kalian akan tahu seberapa seru sih memangnya menghabiskan waktu liburan di Coban Waru ini. Yuk, simak!

Fasilitas Di Coban Waru

Coban Waru memang memiliki beberapa fasilitas yang sudah dapat kalian gunakan, akan tetapi tidak ada salahnya melakukan persiapan lebih. Fasilitas seperti area parkir yang aman dapat kalian gunakan untuk memarkir kendaraan dengan tenang. Akses jalan yang baik serta tempat untuk beristirahat seperti gazebo atau juga bangku juga dapat kalian temukan dengan mudah disini.

Berbeda jika kalian ingin berkemah di Coban Waru, walaupun sudah disediakan area yang dapat kalian gunakan untuk berkemah. Akan tetapi belum ada tempat penyewaan perlengkapan berkemah yang dapat kalian gunakan. Oleh sebab itu jika kalian ingin berkemah di Coban Waru, kalian harus membawa perlengkapan berkemah kalian sendiri.

Fasilitas kebersihan seperti toilet dan kamar mandi juga sudah dapat kalian temukan dan gunakan saat sedang berada disini.

Aktivitas Menarik Di Coban Waru

Salah satu alasan kenapa ada banyak sekali pengunjung yang berlibur ke Coban Waru adalah banyaknya aktivitas menarik yang ditawarkan. Kalian akan dimanjakan dengan berbagai aktivitas menarik dan menyenangkan untuk mengisi waktu luang kalian. Apa saja sih memangnya? Buat kalian yang penasaran, yuk simak!

Petik dan Makan Apel

Pic. Google @ Gotex Faruq

Seperti yang sudah kami singgung sedikit di atas jika Coban Waru berada di Desa Kayukebek yang terkenal sebagai penghasil apel. Pihak pengelola yang melihat adanya potensi yang besar kemudian mengkolaborasikan Coban Waru dengan perkebunan apel di Desa Kayukebek ini. Kolaborasi ini pun disambut positif oleh para pengunjung yang mana memang mencari aktivitas yang berbeda saat ke sebuah Coban.

Disaat Coban atau air terjun pada umumnya kalian hanya bisa bermain air dan aktivitas alam lainnya, di Coban Waru kalian dapat memetik apel dan langsung melahapnya. Tentu saja untuk melakukannya kalian harus membayar biaya tambahan dan biasanya dilakukan berkelompok. Tapi kalian gak perlu khawatir harga yang perlu kalian keluarkan tidak terlalu mahal kok, jadi masih aman lah di kantong.

Mengikuti Festival Buah

Pic. Google @ Asyila Syakila

Menariknya, Kecamatan Nongkojajar sering sekali mengadakan Festival Buah yang dapat diikuti dan dinikmati oleh para pengunjung. Ada tiga Festival Buah yang dilakukan pada waktu – waktu yang berbeda, yang pertama adalah Festival Fresh Green Season pada bulan Januari hingga April. Berikutnya adalah Festival Summer Sunrise yang dilakukan pada bulan Mei hingga akhir Agustus dan yang terakhir adalah Winter Fog Season pada bulan September hingga Desember.

Jadi buat kalian yang ingin menikmati buah selain apel boleh banget mengunjungi Coban Waru saat ada Festival yang diselenggarakan.

Berkemah Di Coban Waru

Pic. Google @ Dev Lord Mobile

Coban Waru juga menjadi salah satu lokasi berkemah yang cukup digemari oleh para camper. Hal ini dikarenakan area berkemahnya yang berada di samping air terjun dan sudah tertata dengan sangat baik. Hanya saja untuk berkemah di Coban Waru kalian harus membawa perlengkapan berkemah kalian sendiri ya.

Hal ini dikarenakan belum adanya tempat penyewaan yang disediakan oleh pihak pengelola, bagi kalian yang ingin datang berkemah.

Lokasi dan Alamat Coban Waru

Tertarik untuk menghabiskan waktu liburan di Coban Waru, datang saja langsung ke lokasinya. Yang mana dapat kalian temukan di antara Desa Wonosari dan Desa Kayukebek, Kecamatan Tutur Nongkojajar, Kabupaten Pasuruan, Provinsi Jawa Timur.

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Kontributor

Baca Lainnya

Punceling Pass Ciwidey, Bumi Perkemahan Dengan Kolam Air Panas yang Menyegarkan

10 December 2023 - 05:55 WIB

Nirvana Valley Resort, Tempat Wisata Yang Lagi Hits Di Bogor

10 December 2023 - 03:44 WIB

Mangli Sky View Magelang – Mau Camping Bisa, Mau Glamping Juga Bisa!

9 December 2023 - 10:03 WIB

Yuk, Rasakan Berbagai Aktivitas Seru Di Pantai Rajagwesi, Dari Snorkeling Hingga Berkemah

9 December 2023 - 05:05 WIB

Menghabiskan Malam Di Pantai Wedi Ireng yang Indah Dan Asri

9 December 2023 - 01:01 WIB

Green Gumuk Candi – Lokasi Untuk Berkemah Yang Indah, Unik Dan Mempesona

8 December 2023 - 14:14 WIB

Trending di Travel