Menu

Mode Gelap

Travel · 22 Nov 2023 09:10 WIB ·

7 Destinasi Diving Terbaik: Menjelajah Kekayaan Bawah Laut Indonesia


 7 Destinasi Diving Terbaik: Menjelajah Kekayaan Bawah Laut Indonesia Perbesar

Dunia bawah laut Indonesia, sangat memikat para pencinta diving dengan destinasi-destinasi luar biasa. Dari keindahan terumbu karang Raja Ampat di Papua Barat hingga keanekaragaman hayati laut di Bunaken, Sulawesi Utara, Indonesia menawarkan surga bawah laut yang tak tertandingi. Pulau Komodo di Nusa Tenggara Timur, dengan kehadiran komodo dan panorama bawah lautnya yang menakjubkan, serta Wakatobi di Sulawesi Tenggara yang menjadi situs warisan dunia UNESCO, memberikan pengalaman diving yang tak terlupakan. Jelajahi kekayaan Derawan di Kalimantan Timur, misteri Alor di Nusa Tenggara Timur, dan keindahan bawah laut Bali. Bersiaplah untuk petualangan tak terlupakan di tujuh destinasi diving terbaik Indonesia.

Sumber Gambar: papuabarat.tribunnews.com

Raja Ampat, tersembunyi di perairan timur Indonesia, memegang gelar sebagai salah satu destinasi diving paling luar biasa di dunia. Dengan terumbu karang yang mempesona dan keanekaragaman hayati laut yang tak terlukiskan, Raja Ampat menjadi impian setiap penyelam. Kejernihan airnya menciptakan pengalaman menyelam yang spektakuler, di mana setiap gerakan ikan dan warna-warni karang terlihat jelas.

Sumber Gambar: nationalgeographic.grid.id

Spot diving yang paling direkomendasikan di Raja Ampat adalah “Manta Ridge.” Tempat ini menawarkan kesempatan langka untuk berenang bersama mantaray raksasa yang elegan. Selain itu, “The Passage” adalah spot unik dengan arus yang kuat, di mana penyelam dapat merasakan tantangan eksplorasi yang mendalam. Bagi pencinta fotografi bawah laut, “Melissa’s Garden” adalah surganya, dengan terumbu karang yang penuh warna dan kehidupan laut yang menakjubkan.

Selain diving, jangan lewatkan keindahan pemandangan di atas permukaan. Pulau-pulau yang berserakan di sekitar Raja Ampat menawarkan pantai pasir putih dan hutan-hutan tropis yang menakjubkan. Raja Ampat bukan hanya destinasi diving, melainkan perjalanan yang menghadirkan keajaiban alam yang tak terlupakan bagi setiap pengunjungnya.

Sumber Gambar: ksmtour.com

Terletak di perairan Sulawesi Utara, Bunaken telah lama menjadi magnet bagi para penyelam yang mencari keajaiban bawah laut Indonesia. Destinasi ini menawarkan dinding-dinding karang yang megah dan kehidupan laut yang melimpah. Air yang jernih dan suhu yang nyaman menjadikan Bunaken tempat yang ideal untuk menyelam sepanjang tahun. Pecinta diving dapat mengagumi keindahan terumbu karang yang memikat, dihiasi oleh aneka ragam ikan, kura-kura, dan makhluk laut lainnya.

Sumber Gambar: achimwetz.com

Salah satu spot diving paling menakjubkan di Bunaken adalah “Lekuan 3.” Di sini, penyelam dapat menyaksikan kehidupan laut yang kaya di antara terumbu karang yang indah. “Barracuda Point” juga menjadi destinasi favorit dengan arus yang menarik, memberikan pengalaman diving yang mendalam. Untuk penyelam pemula, “Mandolin” adalah spot yang ramah dengan kedalaman yang sesuai untuk belajar menyelam.

Selain aktivitas diving, Bunaken memiliki pesona alam yang menakjubkan di atas permukaan. Pulau ini menawarkan pantai-pantai yang menawan dan pemandangan matahari terbenam yang spektakuler. Dengan kekayaan bawah laut yang tak terlupakan dan keindahan alamnya, Bunaken di Sulawesi Utara merupakan destinasi yang harus dimasukkan dalam daftar perjalanan bagi setiap penyelam dan penggemar keindahan alam.

3. Komodo Island, Nusa Tenggara Timur

Sumber Gambar: komodoresort.com

Komodo Island di Nusa Tenggara Timur tidak hanya dikenal sebagai rumah bagi komodo, tetapi juga sebagai surga bagi para pecinta diving. Destinasi ini menawarkan pengalaman menyelam yang luar biasa dengan kombinasi terumbu karang yang spektakuler dan kehadiran makhluk laut yang unik. Airnya yang jernih dan cuaca yang hangat sepanjang tahun menjadikan Komodo Island sebagai tempat ideal untuk menjelajahi keindahan bawah laut.

Sumber Gambar: diveplanit.com

Salah satu spot diving paling menarik adalah “Crystal Rock,” di mana penyelam dapat menyaksikan kehidupan laut yang luar biasa, termasuk ikan pelagis dan kura-kura. “Manta Alley” juga merupakan tempat yang sangat direkomendasikan, dengan kemungkinan melihat mantaray sepanjang tahun. Selain itu, “Castle Rock” menawarkan arus yang kuat, menciptakan pengalaman diving yang penuh tantangan.

Komodo Island tidak hanya menyuguhkan keajaiban bawah laut. Pulau ini memiliki pemandangan alam yang mengagumkan dengan bukit-bukit hijau yang mempesona dan pantai-pantai eksotis. Jangan lupa untuk menyempatkan waktu untuk bertemu langsung dengan komodo di Taman Nasional Komodo. Dengan keunikan alam dan petualangan bawah lautnya, Komodo Island memikat hati para penyelam dan petualang yang mencari pengalaman tak terlupakan di timur Indonesia.

Sumber Gambar: travel.tribunnews.com

Terletak di Sulawesi Tenggara, Wakatobi (singkatan dari empat pulau: Wangi-Wangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko) adalah destinasi diving yang menakjubkan di Indonesia. Dikenal sebagai salah satu situs warisan dunia UNESCO, Wakatobi menawarkan terumbu karang yang masih sangat terjaga dan kekayaan hayati laut yang luar biasa. Air yang jernih dan suhu yang stabil sepanjang tahun menjadikan Wakatobi sebagai surga bagi penyelam dari seluruh dunia.

Sumber Gambar: jelajahsultra.com

Spot diving yang paling direkomendasikan di Wakatobi adalah “The Zoo” di pulau Tomia. Spot ini menampilkan keanekaragaman hayati laut yang mengagumkan, termasuk kuda laut dan nudibranch yang langka. “Table Coral City” di pulau Kaledupa juga menawarkan pemandangan luar biasa dengan terumbu karang meja yang indah dan ikan-ikan yang beraneka ragam. Bagi yang mencari pengalaman malam yang magis, “Roma” di pulau Binongko adalah tempat yang tepat dengan pemandangan terumbu karang yang bercahaya.

Selain diving, Wakatobi memiliki keindahan alam yang memukau di atas permukaan laut. Pulau-pulau ini diliputi hutan-hutan tropis yang eksotis dan pantai pasir putih yang menyejukkan. Jika Anda mencari pengalaman diving yang tak terlupakan di tengah keindahan alam yang masih alami, Wakatobi adalah destinasi yang tidak boleh dilewatkan.

5. Bali

Sumber Gambar: smansasingaraja.sch.id

Bali, pulau surgawi Indonesia, tidak hanya terkenal dengan keindahan budayanya, tetapi juga dengan kekayaan bawah laut yang menakjubkan. Bagi para penyelam, Bali menawarkan pengalaman diving yang tak terlupakan dengan visibilitas yang luar biasa dan kehidupan laut yang beragam. Spot diving di Tulamben, terkenal dengan kapal karam USS Liberty, memberikan pengalaman menyelam yang unik di antara hamparan terumbu karang yang indah.

Sumber Gambar: diveconcepts.com

Amed, sebuah desa nelayan di Bali, juga menjadi destinasi diving yang populer. Dikenal dengan panorama bawah lautnya yang menakjubkan, Amed menyajikan dinding-dinding karang, taman terumbu karang, dan peluang untuk menyelam bersama ikan pari manta di Crystal Bay, Nusa Penida. Selain itu, Blue Lagoon di Padang Bai adalah surga bagi penyelam pemula, dengan air yang tenang dan terumbu karang yang penuh warna.

Tidak hanya sebagai destinasi diving, Bali juga menawarkan keindahan alam yang memukau di atas permukaan laut. Dari sawah terasering di Ubud hingga pantai-pantai eksotis di Uluwatu, Bali memiliki pesona yang memikat hati. Jadi, bersiaplah untuk menjelajahi keindahan bawah laut dan keajaiban alam pulau ini yang tak terhingga.

Sumber Gambar: jadesta.kemenparekraf.go.id

Derawan, terletak di Kalimantan Timur, mempesona para penyelam dengan kecantikan bawah lautnya yang masih alami. Destinasi ini terkenal dengan laguna biru yang memukau dan terumbu karang yang kaya akan kehidupan laut. Derawan menawarkan pengalaman diving yang istimewa dengan air yang hangat dan visibilitas yang luar biasa sepanjang tahun.

Sumber Gambar: scubajunkiesangalaki.com

Spot diving paling direkomendasikan di Derawan adalah “Sangalaki Island.” Pulau ini dikenal sebagai surga untuk menyelam bersama penyu-penyu hijau yang langka. Selain itu, “Derawan Island” menawarkan keanekaragaman terumbu karang yang menakjubkan dan peluang untuk bertemu dengan ikan hiu wobbegong yang unik. Bagi yang menyukai pengalaman malam, “Nabucco Island” menampilkan kehidupan laut yang berbeda di bawah cahaya bulan.

Derawan bukan hanya tentang diving, tapi juga tentang keindahan pulau-pulau yang indah. Pulau-pulau ini diliputi oleh hutan mangrove yang menawan dan pantai pasir putih yang memikat. Dengan keunikan bawah lautnya dan pesona alam yang tak tertandingi, Derawan di Kalimantan Timur adalah destinasi yang ideal bagi pencinta keindahan bawah laut dan petualang alam.

7. Alor, Nusa Tenggara Timur

Sumber Gambar: senangrekreasi.com

Tersembunyi di Nusa Tenggara Timur, Alor menyuguhkan keindahan bawah laut yang jarang terjamah. Destinasi ini menawarkan pengalaman diving yang unik dengan terumbu karang yang spektakuler dan arus laut yang menantang. Alor dikenal karena pemandangan bawah lautnya yang masih asli, dengan keberagaman hayati laut yang memukau.

Sumber Gambar: tripadvisor.co.id

Spot diving yang paling direkomendasikan di Alor adalah “Pura Island.” Di sini, penyelam dapat menikmati pertunjukan hiu-hiu pelagis dan melihat terumbu karang yang luar biasa. “The Cathedral” juga menjadi spot yang menarik dengan dinding karang vertikal yang memikat dan keanekaragaman ikan. Bagi yang mencari pengalaman eksklusif, “Kal’s Dream” di Pantar Strait menyuguhkan arus deras dan pertemuan dengan ikan-ikan pelagis.

Selain diving, kecantikan Alor juga terpancar di atas permukaan laut. Pulau ini menawarkan pegunungan hijau yang menawan dan pantai-pantai terpencil yang memikat. Dengan suasana yang masih alami dan kehidupan laut yang kaya, Alor adalah destinasi yang cocok bagi penyelam yang mencari petualangan tak terlupakan di perairan timur Indonesia.

Tips Menyenangkan:

  • Pastikan untuk membawa peralatan diving yang berkualitas dan melakukan pemeriksaan rutin sebelum menyelam.
  • Ikuti aturan konservasi laut dan jangan merusak lingkungan bawah laut.
  • Gunakan jasa instruktur diving lokal untuk pengalaman yang lebih aman dan menyenangkan.

Dengan kekayaan bawah laut yang tiada tara, Indonesia adalah destinasi impian bagi para pecinta diving. Jelajahi keindahan alam bawah laut yang menakjubkan ini dan buatlah kenangan tak terlupakan di tujuh destinasi diving terbaik Indonesia. Selamat menyelam!

Artikel ini telah dibaca 11 kali

badge-check

Kontributor

Baca Lainnya

Punceling Pass Ciwidey, Bumi Perkemahan Dengan Kolam Air Panas yang Menyegarkan

10 December 2023 - 05:55 WIB

Nirvana Valley Resort, Tempat Wisata Yang Lagi Hits Di Bogor

10 December 2023 - 03:44 WIB

Mangli Sky View Magelang – Mau Camping Bisa, Mau Glamping Juga Bisa!

9 December 2023 - 10:03 WIB

Yuk, Rasakan Berbagai Aktivitas Seru Di Pantai Rajagwesi, Dari Snorkeling Hingga Berkemah

9 December 2023 - 05:05 WIB

Menghabiskan Malam Di Pantai Wedi Ireng yang Indah Dan Asri

9 December 2023 - 01:01 WIB

Green Gumuk Candi – Lokasi Untuk Berkemah Yang Indah, Unik Dan Mempesona

8 December 2023 - 14:14 WIB

Trending di Travel